Perangkat Pembelajaran PKn
di Sekolah Dasar
Dosen Pengampu : Drs. Jandut Gergorious, M.Pd
Disusun Oleh :Nisful Laila
(14010644045)
UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
2015
Silabus PKn Kelas II SD
SILABUS
Nama Sekolah : Sekolah
Dasar (SD)
Mata Pelajaran :
Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas
: II
Semester
: I
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
|
Materi
Pokok
|
Pembelajaran
|
Waktu
|
Sumber
|
Membiasakan hidup bergotong royong
|
Mengenal pentingnya hidup rukun, saling berbagi dan tolong menolong
|
1. Menjelaskan pentingnya saling
tolong menolong antarmanusia
2. Menceritakan bahwa manusia
adalah makhluk sosial
3. Mengidentifikasi tata cara
saling tolong menolong antarmanusia
|
Ayo Bergotong Royong :
Manusia adalah makhluk sosial
Saling
mengunjungi tetangga
|
Mengamati gambar tentang keluarga Dina dengan
tetangganya (Keluarga Ibu Zaenab)
Menjelaskan dengan siapa saja kita hidup saling membutuhkan (Keluarga
inti: ayah memerlukan Ibu, anak perlu ada Ibu dan ayah, kita juga perlu
Bibi yang membantu pekerjaan di rumah dsb)
|
2X35
|
Kurikulum
|
|
|
4. Menceritakan bahwa antarmanusia saling membutuhkan
|
Saling
membutuhkan
Hidup
rukun
|
Berdiskusi kelas membahas bahwa Manusia tidak
dapat hidup sendiri
|
3X5
|
Kurikulum
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah
: SD
Mata Pelajaran
: Pendidikan
Kewarganegaraan
Kelas
: II
Semester
: I
Standar Kompetensi
Membiasakan hidup bergotong royong
Kompetensi dasar
Mengenal
pentingnya hidup rukun, saling berbagi dan tolong menolong
Indikator
1. Menjelaskan
pentingnya saling tolong menolong antarmanusia
2. Menceritakan bahwa
manusia adalah makhluk sosial
3. Mengidentifikasi
tata cara saling tolong menolong antarmanusia
4. Menceritakan
bahwa antarmanusia saling membutuhkan
A. Tujuan
Pembelajaran
1. Siswa dapat menjelaskan
pentingnya saling tolong menolong antarmanusia
2. Siswa dapat menceritakan
bahwa manusia adalah makhluk sosial
3. Siswa dapat
mengidentifikasi tata cara saling tolong menolong antarmanusia
4. Siswa
dapat menceritakan bahwa antarmanusia saling membutuhkan
B. Materi Pokok
1. Manusia adalah
makhluk sosial
2. Antarmanusia saling membutuhkan
3. Hidup rukun antarmanusia
4. Membantu teman
C. Langkah - langkah Kegiatan
1. kegiatan awal
a. Mengajak semua
siswa berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing untuk memulai
pelajaran.
b. Bertanya jawab
tentang tentang tetangga. Bagaimana hubungan siswa dan keluarga siswa dengan
tetangganya?
c. Diteruskan dengan
bertanya jawab tentang tolong menolong antartetangga di lingkungan tempat
tinggal siswa.
d. Memberikan kesimpulan
dari tanya jawab tersebut dan mengaitkannya dengan materi yang akan di
sampaikan.
2. kegiatan inti
a. Guru menunjuk salah
satu siswa untuk membaca bacaan tentang mengunjungi tetangga. Sedangkan murid
yang lain diminta untuk menyimak bacaan yang sedang dibacakan oleh temannya.
b. Guru memberikan
kesimpukan dan penjelasan tentang materi bahwa manusia adalah makhluk sosial
yang tidak dapat hidup sendiri dan pasti membutuhkan bantuan orang lain.
c. Melakukan tanya
jawab tentang bacaan yang di baca dan di simak oleh siswa di kelas.
d. Guru menceritakan tentang
sebagai manusia pasti saling membutuhkan. Siswa di minta untuk memperhatikan
dan menyimak.
e. Melakukan tanya
jawab tentang apa yang sudah di jelaskan oleh guru tentang manusia pasti saling
membutuhkan dan bagaimana siswa meminta bantuan di rumah.
Misalnya,
Apakah siswa di rumah masih di bantu dalam melakukan
sesuatu?
Siapa yang membantu siswa melakukannya?
Apakah orang tua siswa masih membutuhkan orang lain untuk
menyelesaikan tugasnya?
Bagaimana caranya jika hendak meminta tolong atau
bantuan?
3. kegiatan penutup
a. Bersama seluruh
siswa membuat kesimpulan tentang materi yang telah dipelajari.
b. Melakukan tanya
jawab ulang tentang materi yang telah di ajarkan
c. Mengakhiri dengan
mengajak siswa untuk berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaannya
masing-masing.
D. Pendekatan
Dan Metode Pembelajaran
1.
Pendekatan kontekstual
2.
Pendekatan Cooperatif Learning
3.
Diskusi dengan teman sebangku
4.
Tanya jawab
5.
Ceramah
6.
Penugasan
E. Sumber
Bahan Ajar
a. Gambar tentang anak
yang menolong nenek menyeberang jalan
b. Gambar tentang dua
anak yang sedang membantu Ibu dan Ayahnya
c. Gambar tentang
kegiatan gotong royong, saling membantu saat piket kelas
d. Orang tua
e. Lingkungan
f. Teman
F. Evaluasi
Teknik :
Tugas Individu
Bentuk Instrumen :
Penilaian tulis, penilaian sikap (pengamatan perilaku).
Contoh Instrumen :
Apa itu saling tolong menolong?
Mengapa kita harus saling tolong menolong?
Apa keuntungan dari tolong menolong?
........, .......................................
Mengetahui
Guru Mata Pelajaran Pkn
...........................
............................................
NIP
NIP
Tidak ada komentar:
Posting Komentar