Rabu, 10 Februari 2016

Karakteristik IPA

IPA disiplin ilmu memiliki ciri-ciri sebagaimana disiplin ilmu lainnya. Setiap disiplin ilmu
selain mempunyai ciri umum, juga mempunyai ciri khusus/karakteristik.

Adapun ciri umum dari suatu ilmu pengetahuan adalah merupakan himpunan fakta serta aturan yang yang menyatakan hubungan antara satu dengan lainnya. Fakta-fakta tersebut disusun secara sistematis serta dinyatakan dengan bahasa yang tepat dan pasti sehingga mudah dicari kembali dan dimengerti untuk komunikasi (Prawirohartono, 1989: 93).

Ciri-ciri khusus tersebut dipaparkan berikut ini:

aIPA mempunyai nilai ilmiah 
artinya kebenaran dalam IPA dapat dibuktikan lagi oleh semua orang dengan menggunakan
metode ilmiah  dan prosedur seperti yang dilakukan terdahulu oleh penemunya.

Contoh : nilai ilmiah ”perubahan kimia” pada lilin yang dibakar. Artinya benda yang mengalami perubahan kimia, mengakibatkan benda hasil perubahan sudah tidak dapat dikembalikan ke sifat benda sebelum mengalami perubahan atau tidak dapat dikembalikan ke sifat semula. Perubahan kimia: lilin yang dibakar.

bIPA merupakan suatu kumpulan pengetahuan yang tersusun secara sistematis
dan dalam penggunaannya secara umum terbatas pada gejala-gejala alam.

c. IPA merupakan pengetahuan teoritis. 
Teori IPA diperoleh atau disusun dengan cara yang khas atau khusus, yaitu dengan
melakukan observasi, eksperimentasi, penyimpulan, penyusunan teori, dan demikian 
seterusnya kait mengkait antara carayang satu dengan cara yang lain

d. IPA merupakan suatu rangkaian konsep yang saling berkaitan.
Dengan bagan-bagan konsep yang telah berkembang sebagai suatu hasil eksperimen dan
Observasi yang bermanfaat untuk eksperimentasi dan observasi lebih lanjut (Depdiknas,
2006).

e. IPA meliputi empat unsur, yaitu produk, proses, aplikasi dan sikap

Produk, merujuk pada sekumpulan pengetahuan berupa fakta, konsep, dan prinsip.
Contoh fakta : air mengalir dari tempat tinggi ke tempat rendah
Contoh Konsep : energi, air, tumbuhan, massa, gaya. Adanya juga konsep yang terdefinisikan seperti: Energi dapat diiubah bentuknya. Atau materi dapat diubah bentuk dan wujudnya.
Contoh prinsip : Kutub-kutub magnet yang tidak sama akan saling tarik menarik. Ion positif dan ion negatif akan saling tarik menarik.

Proses, proses sains merujuk pada proses-proses pencarian sains yang dilakukan para ahli serong disebut science as the process of inquiry IPA memiliki sesuatu metode, yang dikenal denga scientifik method atau metode ilmiah, yang meliputi kegiatan-kegiatan seperti:
            a.    Mengenal dan merumuskan masalah.
            b.    Mengumpulkan data.
            c.    Melakukan percobaan atau penelitian.
            d.    Melakukan pengamatan.
            e.    Melakukan pengukuran.
            f.     Menyimpulkan.
            g.    Mengkomunikasikan pegetahuan atau melaporkan hasil penemuan. 

Untuk melakukan metode ilmiah diperlukan sejumlah keterampilan sains yang sering disebut science processes skills. Proses sains meliputi mengemati, mengkalsifikasi, menginfer, memprediksi, mencari hubungan, mrngukur, mengkomunkasikan, mermuskan hipotesis, melakukan eksperimen, mengontrol variabel, menginterpretasikan data, menyimpulkan.

Sikap

Selain menggunakan metode ilmiah, para ilmuwan IPA perlu pula memiliki sifat ilmiah (scientific attittudes), agar hasil yang dicapainya itu sesuai dengan harapannya. Sikap-sikap tersebut antara lain:
      a.    Obyektif terhadap fakta aau kenyataan, artinya bila sebuah benda menurut kenyataan berbentukbulat telur, maka dia secara jujur akan melaporkan bahwa bentuk benda itu bulat telur. Dia berusaha untuk tidak dipengaruhi oleh perasaannya.
      b.    Tidak tergesa-gesa di dalam mengambil kesimpulan atau keputusan. Bila belum cukup data yang dikumpulkan untuk menunjang kesimpulan atau keputusan. Seorang ilmuwan IPA tidak akan tergesa-gesa menarik kesimpulan. Ia akan mengulangi lagi pengamatan-pengamatan dan percobaan-percobaannya, sehingga datany cukup dan kesimpulannya mantap, karena didukung oleh data-data yang cukup dan akurat.
      c.    Berhati terbuka, artinya bersedia mempertimbangkan pendapat atau penemuan orang lain, sekalipun pendapat atau penemuan orang lain itu bertentangan dengan pendapatnya sendiri.
      d.    Dapat membedakan antara fakta dan pendapat. Fakta dan pendapat adalah hal yang berbeda. Fakta adalah sesuatu yang ada, terjadi dan dapat dilihat atau diamati. Sedangkan pendapat adalah hasil proses berfikir yang tidak didukung fakta.
      e.    Bersikap tidak memihak suatu pendapat tertentu tanpa alasan yang didasarkan atas fakta.
      f.     Tidak mendasarkan kesimpulan atas prasangka.
      g.    Tidak percaya akan takhayul
      h.    Tekun dan sabar dalam memecahkan masalah.
      i.      Bersedia mengkomunikasikan dan mengumumkan hasil penemuannya untuk diselidiki, dikritik dan disempurnakan.
      j.      Dapat bekerjasama dengan orang lain.
      k.    Selalu ingin tahu tentang apa, mengapa, dan bagaimana dari suatu masalah atau gejala yang dijumpainya.

Aplikasi

Aspek aplikasi merujuk pada dimensi aksiologis IPA sebagai suatu ilmu, yaitu penerapannya pengetahuan tentang IPA dalam kehidupan. Untuk menerapkan pengetahuan IPA dalam kehidupan diperlukan kemampuan untuk :

          a)        Mengidentifikasi hubungan konsep ipa dalam penggunaannya dengan kehidupan sehari-hari
            b)        Mengaplikasikan pemahaman konsep ipa dan keterampilan ipa pada masalah riil
           c)        Memahami prinsip-prinsip ilmiah dan teknologi yang bekerja pada alat-alat rumah tangga
           d)       Memahami dan menilai laporan-laporan  perkembangan ilmiah yang ditulis pada mass media



Sumber :
             
Lutfiana, Eka. 2014. Hakikat IPA dan Pembelajaran IPA, (online), http://ekalutfiana3.blogspot.co.id/2014/12/hakikat-ipa-dan-pembelajaran-ipa-sd.html,  (Diakses 10 Februari 2016)

Lucia, Agata. 2014. Hakikat IPA (Karakteristik IPA, Karakteristik Belajar IPA), (online), http://agathaluciamaharani.blogspot.co.id/2014/12/hakikat-ipa-karakteristik-ipa.html, (Diakses 10 Februari 2016)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

RPPH Kelompok Bermain Tema Diriku Sub Tema Anggota Tubuhku Minggu Ke-4 Hari Ke-4

Tidak ada "RPPH Kelompok Bermain Tema Diriku Sub Tema Anggota Tubuhku Minggu Ke-4 Hari Ke-4" dikarenakan KB tempat saya mengajar l...