RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN CONNECTED
Disusun
untuk memenuhi tugas mata kuliah: Pembelajaran Terpadu
Dosen
pengampu:
Drs. Asri Susetyo Rukmi, M.Pd
Drs.
Heru Subrata, M.Si
Drs.
Suprayitno, M.Si
Disusun
oleh :
Julaika (14010644043)
Ucha
Ayu Junia (14010644044)
Nisful
Laila (14010644045)
Kelas B-2014
JURUSAN
PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS
ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS
NEGERI SURABAYA
2017
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan
Pendidikan : SDN Ngadiboyo 1
Kelas/ Semester : I (Satu)/ 1
Tema :
1 Diriku
Subtema :
1 Aku dan Teman Baru
Pembelajaran : 3
Alokasi
Waktu : 3 x 35 Menit
A. KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1 : Menerima dan menjalankan ajaran
agama yang dianutnya
KI 2 : Memiliki perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi
dengan keluarga, teman, dan guru
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual
dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan
rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan
benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual
dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak
beriman dan berakhlak mulia
B. KOMPETENSI DASAR (KD) & INDIKATOR
Bahasa Indonesia
Kompetensi
Dasar (KD) :
3.3 Mengenal lambang bunyi vokal dan konsonan
dalam kata bahasa Indonesia atau bahasa daerah
Indikator:
3.3.1 Menunjukkan huruf vokal dalam suatu kata yang
terkait dengan aku dan teman baru
3.3.2
Menyebutkan dan menulis huruf-huruf
vokal
3.2.3
Menulis 3 nama panggilan teman baru
Kompetensi Dasar (KD) :
4.3 Melafalkan bunyi vokal dan konsonan dalam
kata bahasa Indonesia atau bahasa daerah
Indikator:
4.3.1 Melafalkan huruf vokal suatu kata yang
terkait dengan aku dan teman baru
1.
Setelah berlatih dan bermain menyusun huruf menjadi nama, siswa dapat menunjukkan huruf
vokal dalam nama teman dengan tepat.
2.
Dengan permainan kartu huruf,
siswa dapat menyebutkan huruf vokal (a, i, u, e, o) dengan benar.
3.
Dengan bermain menyusun nama,
siswa dapat menyebutkan dan menulis 3 nama panggilan teman baru dengan benar.
4.
Dengan mendengarkan contoh dari
guru dan menyanyikan lagu a-b-c, siswa
dapat melafalkan huruf vokal dengan tepat.
D. MATERI PEMBELAJARAN
1. Huruf vokal
2. Mengenal nama panggilan teman baru
E. METODE PEMBELAJARAN
Ø
Pendekatan : Saintifik
Ø
Model : Model Pembelajaran Langsung
Ø
Teknik : Bermain
menyusun nama
panggilan teman
Ø
Metode : Abjad, Ceramah,
Tanya Jawab, Penugasan, Diskusi
F. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Guru memberikan salam.
2.
Guru menanyakan kabar siswa.
3.
Guru mengecek kesiapan diri siswa dengan mengisi lembar kehadiran (presensi)
dan memeriksa kerapihan
pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.(fase
1)
4.
Guru dan siswa berdoa bersama.
(fase 1)
5.
Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran. (fase 1)
6.
Guru menyampaikan manfaat
mempelajari materi/ penegetahuan yang akan dipelajari. (fase 1)
7.
Guru mengingatkan siswa
tentang pelajaran sebelumnya dan mengaitkan dengan pelajaran yang akan
disampaikan. (fase 1)
|
15 Menit
|
Inti
|
1.
Guru memajang selembar karton
lebar berisi huruf a-z pada papan tulis, kemudian guru mengajak siswa
menyanyi lagu a-b-c sambil menunjuk huruf yang disebut.
2.
Guru mencontohkan cara
pelafalan huruf abjad a-z dengan
benar. (fase 2)
3.
Siswa diminta untuk
menirukannya. Kemudian guru dan siswa bersama-sama melafalkan huruf a-z.
4.
Guru menunjuk siswa untuk
melafalkan huruf yang ditunjuk guru
secara bergantian. Guru mengamati cara pelafalan siswa dengan teliti.
5.
Guru menulis nama-nama tokoh
pada buku siswa di papan tulis. Nama tokoh tersebut adalah: siti, beni, danu,
edo. (fase 2)
6.
Siswa diminta untuk membaca
dan mengidentifikasi huruf-huruf pada nama yang ditulis guru.
7.
Guru menunjuk huruf vokal
pada nama-nama tokoh yang ditulis, kemudian siswa diminta untuk
melafalkannya.
8.
Guru menjelaskan bahwa
huruf-huruf yang ditunjuk tersebut adalah huruf vokal. (fase 2)
9.
Guru bertanya kepada siswa:
“jadi apa saja yang termasuk huruf vokal?”, diharapkan siswa dapat menjawab
dengan benar: “a,i,u,e dan o”. (fase 2)
10.
Guru
menuliskan huruf vokal pada papan tulis, dan siswa diminta untuk
memperhatikan. Setelah itu siswa diminta untuk melafalkannya. (fase 2)
11.
Setelah selesai berlatih, guru mengorganisasikan siswa menjadi berkelompok.
Kelompok ditentukan oleh guru dengan 4 anggota setiap kelompok. Kelompok
yang dibentuk diberi nama kelompok 1,2,3, dan seterusnya.
12.
Guru membagikan LKPD tentang
menyusun nama panggilan dan menempelkannya pada papan nama berkalung. Setiap
kelompok diberi kartu-kartu huruf sesuai nama-nama anggota kelompok, dan
papan nama berkalung sesuai jumlah anggota kelompok. (fase 3)
13.
Guru memberi contoh cara
mengerjakan LKPD dengan menyusun nama panggilan guru dan menempelknnya pada
papan nama berkalung. Setelah selesai disusun dan ditempel, papan nama
berkalung dipakai oleh guru. (fase 3)
14.
Guru memberikan kesempatan
kepada siswa untuk bertanya apabila belum paham.
15.
Siswa diminta untuk
berdiskusi menyusun nama-nama panggilan anggota dan menempelkannya pada papan
nama berkalung. Setelah selesai, papan tersebut dipakai oleh setiap anggota
sesuai namanya. (fase 4).
16.
Setelah semua kelompok
selesai, guru meminta kelompok 1 maju ke depan kelas untuk memperlihatkan kartu huruf yang disusun dan
membacanya dengan keras.
17.
Guru meminta kelompok lain
yang tidak maju untuk memperhatikan dan mengecek kebenaran urutan huruf yang
disusun. (fase 4)
18.
Guru
menunjuk satu siswa dalam kelompok yang maju, kemudian guru meminta kelompok
yang tidak maju untuk menulis nama siswa yang ditunjuk dan memperhatikan
huruf vokalnya.
19.
Guru
menghilangkan huruf vokal pada nama siswa yang ditunjuk dalam kelompok,
kemudian kelompok yang tidak maju untuk menulis huruf vokal yang hilang.
20.
Guru mengulangi
langkah nomor 16 sampai 19 hingga semua kelompok maju ke depan kelas.
|
70 Menit
|
Penutup
|
1. Guru memberikan lembar soal
penilaian kepada siswa dan siswa diminta untuk mengerjakannya dengan jujur
dan benar. (fase 5)
2. Guru bersama siswa membuat
kesimpulan tentang pembelajaran hari ini.
3.
Guru melakukan refleksi
pembelajaran yang telah dilakukan. Guru bertanya kepada siswa apakah
pembelajaran hari ini menyenangkan dan adakah kesulitan saat mengikuti proses
pembelajaran.
4.
Guru memberi tugas di rumah untuk siswa
5.
Guru menginformasikan kegiatan pertemuan berikutnya.
6.
Guru menyampaikan pesan/moral bahwa kalian harus mengenal teman baru,
harus hidup rukun dan tidak boleh bertengkar.
7.
Guru meminta salah satu siswa untuk memimpin berdoa.
8.
Guru memberikan salam penutup.
|
20 Menit
|
g. media
pembelajaran
1. Selembar karton lebar berisi huruf
a-z
2. Papan nama berkalung
3. Kartu huruf sesuai nama panggilan
seluruh siswa
h. sumber
belajar
1.
Kurikulum 2013
2.
Buku Pedoman Guru Tema 1 Diriku
Kelas 1 Semester 1 dan Buku Siswa Tema 1 Diriku Kelas 1 Semester 1
3.
Lingkungan (sekolah, keluarga, masyarakat/
tempat tinggal siswa)
4.
Internet
I. PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN
a. Penilaian Sikap (Afektif)
Penilaian sikap
dilakukan selama proses pembelajaran berlangsung dengan teknik pengamatan (non
tes) menggunakan instrumen lembar pengamatan sikap (terlampir). Aspek sikap
yang diamati meliputi; aspek spritual (bersyukur, tidak mengeluh) dan aspek
sosial (jujur, santun, peduli, tanggung jawab, kerja sama dan percaya diri).
b. Penilaian Pengetahuan
(Kognitif)
Penilaian
pengetahuan dilakukan menggunakan teknik tes dengan instrumen penilaian lembar
evaluasi berupa tes tertulis uraian singkat (terlampir)
c. Penilaian Keterampilan
(Psikomotor)
Penilaian
keterampilan dilakukan dengan teknik unjuk kerja menggunakan lembar pengamatan
keterampilan (terlampir). Unjuk kerja yang dinilai: menceritakan isi teks perckapan
dengan lisan, dan melakukaan percakapan tentang sumber energi.
......, ........................ 20 .....
Guru Kelas 1
( _________________ )
NIP
...............................
|
Mengetahui
Kepala Sekolah,
( _________________ )
NIP................................
|
Ntappp
BalasHapus