Sabtu, 27 Mei 2017

RPP Connected Kelas 1 Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 3



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN CONNECTED
Disusun untuk memenuhi tugas mata kuliah: Pembelajaran Terpadu
Dosen pengampu:
 Drs. Asri Susetyo Rukmi, M.Pd
Drs. Heru Subrata, M.Si
Drs. Suprayitno, M.Si




Disusun oleh :
Julaika                         (14010644043)
Ucha Ayu Junia          (14010644044)
Nisful Laila                 (14010644045)

Kelas B-2014

JURUSAN PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA
2017


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan    : SDN Ngadiboyo 1
Kelas/ Semester         : I (Satu)/ 1
Tema                          : 1 Diriku
Subtema                     : 1 Aku dan Teman Baru
Pembelajaran                        : 3
Alokasi Waktu           : 3 x 35 Menit

A. KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1  : Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
KI 2  : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru
KI 3  : Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
KI 4  : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

B. KOMPETENSI DASAR (KD) & INDIKATOR     
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar (KD) :
3.3  Mengenal lambang bunyi vokal dan konsonan dalam kata bahasa Indonesia atau bahasa daerah
Indikator:
3.3.1  Menunjukkan huruf vokal dalam suatu kata yang terkait dengan aku dan teman baru
3.3.2 Menyebutkan dan menulis  huruf-huruf vokal
3.2.3 Menulis 3 nama panggilan teman baru
Kompetensi Dasar (KD) :
4.3  Melafalkan bunyi vokal dan konsonan dalam kata bahasa Indonesia atau bahasa daerah
Indikator:
4.3.1  Melafalkan huruf vokal suatu kata yang terkait dengan aku dan teman baru

1.    Setelah berlatih dan bermain menyusun huruf menjadi nama,  siswa dapat menunjukkan huruf vokal dalam nama teman dengan tepat.
2.    Dengan permainan kartu huruf, siswa dapat menyebutkan huruf vokal (a, i, u, e, o) dengan benar.
3.    Dengan bermain menyusun nama, siswa dapat menyebutkan dan menulis 3 nama panggilan teman baru dengan benar.
4.    Dengan mendengarkan contoh dari guru dan menyanyikan lagu  a-b-c, siswa dapat melafalkan huruf vokal dengan tepat.

D. MATERI PEMBELAJARAN
1.    Huruf vokal
2.    Mengenal nama panggilan teman baru

E. METODE PEMBELAJARAN
Ø Pendekatan        : Saintifik
Ø Model                : Model Pembelajaran Langsung
Ø Teknik                : Bermain menyusun nama panggilan teman
Ø Metode              : Abjad, Ceramah, Tanya Jawab, Penugasan, Diskusi
F. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1.    Guru memberikan salam.
2.    Guru menanyakan kabar siswa.
3.    Guru mengecek kesiapan diri  siswa dengan mengisi lembar kehadiran (presensi) dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.(fase 1)
4.    Guru dan siswa berdoa bersama. (fase 1)
5.    Guru menyampaikan tujuan pembelajaran. (fase 1)
6.    Guru menyampaikan manfaat mempelajari materi/ penegetahuan yang akan dipelajari. (fase 1)
7.    Guru mengingatkan siswa tentang pelajaran sebelumnya dan mengaitkan dengan pelajaran yang akan disampaikan. (fase 1)
15 Menit
Inti
1.        Guru memajang selembar karton lebar berisi huruf a-z pada papan tulis, kemudian guru mengajak siswa menyanyi lagu a-b-c sambil menunjuk huruf yang disebut.
2.        Guru mencontohkan cara pelafalan huruf abjad a-z  dengan benar. (fase 2)
3.        Siswa diminta untuk menirukannya. Kemudian guru dan siswa bersama-sama melafalkan huruf a-z.
4.        Guru menunjuk siswa untuk melafalkan huruf  yang ditunjuk guru secara bergantian. Guru mengamati cara pelafalan siswa dengan teliti.
5.        Guru menulis nama-nama tokoh pada buku siswa di papan tulis. Nama tokoh tersebut adalah: siti, beni, danu, edo. (fase 2)
6.        Siswa diminta untuk membaca dan mengidentifikasi huruf-huruf pada nama yang ditulis guru.
7.        Guru menunjuk huruf vokal pada nama-nama tokoh yang ditulis, kemudian siswa diminta untuk melafalkannya.
8.        Guru menjelaskan bahwa huruf-huruf yang ditunjuk tersebut adalah huruf vokal. (fase 2)
9.        Guru bertanya kepada siswa: “jadi apa saja yang termasuk huruf vokal?”, diharapkan siswa dapat menjawab dengan benar: “a,i,u,e dan o”. (fase 2)
10.    Guru menuliskan huruf vokal pada papan tulis, dan siswa diminta untuk memperhatikan. Setelah itu siswa diminta untuk melafalkannya. (fase 2)
11.    Setelah selesai berlatih, guru mengorganisasikan siswa menjadi berkelompok. Kelompok ditentukan oleh guru dengan 4 anggota setiap kelompok. Kelompok yang dibentuk diberi nama kelompok 1,2,3, dan seterusnya.
12.    Guru membagikan LKPD tentang menyusun nama panggilan dan menempelkannya pada papan nama berkalung. Setiap kelompok diberi kartu-kartu huruf sesuai nama-nama anggota kelompok, dan papan nama berkalung sesuai jumlah anggota kelompok. (fase 3)
13.    Guru memberi contoh cara mengerjakan LKPD dengan menyusun nama panggilan guru dan menempelknnya pada papan nama berkalung. Setelah selesai disusun dan ditempel, papan nama berkalung dipakai oleh guru. (fase 3)
14.    Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya apabila belum paham.
15.    Siswa diminta untuk berdiskusi menyusun nama-nama panggilan anggota dan menempelkannya pada papan nama berkalung. Setelah selesai, papan tersebut dipakai oleh setiap anggota sesuai namanya. (fase 4).
16.    Setelah semua kelompok selesai, guru meminta kelompok 1 maju ke depan kelas untuk  memperlihatkan kartu huruf yang disusun dan membacanya dengan keras.
17.    Guru meminta kelompok lain yang tidak maju untuk memperhatikan dan mengecek kebenaran urutan huruf yang disusun. (fase 4)
18.    Guru menunjuk satu siswa dalam kelompok yang maju, kemudian guru meminta kelompok yang tidak maju untuk menulis nama siswa yang ditunjuk dan memperhatikan huruf vokalnya.
19.    Guru menghilangkan huruf vokal pada nama siswa yang ditunjuk dalam kelompok, kemudian kelompok yang tidak maju untuk menulis huruf vokal yang hilang.
20.    Guru mengulangi langkah nomor 16 sampai 19 hingga semua kelompok maju ke depan kelas.
70 Menit
Penutup
1.    Guru memberikan lembar soal penilaian kepada siswa dan siswa diminta untuk mengerjakannya dengan jujur dan benar. (fase 5)
2.    Guru bersama siswa membuat kesimpulan tentang pembelajaran hari ini.
3.    Guru melakukan refleksi pembelajaran yang telah dilakukan. Guru bertanya kepada siswa apakah pembelajaran hari ini menyenangkan dan adakah kesulitan saat mengikuti proses pembelajaran.
4.    Guru memberi tugas di rumah untuk siswa
5.    Guru menginformasikan kegiatan pertemuan berikutnya.
6.    Guru menyampaikan pesan/moral bahwa kalian harus mengenal teman baru, harus hidup rukun dan tidak boleh bertengkar.
7.    Guru meminta salah satu siswa untuk memimpin berdoa.
8.    Guru memberikan salam penutup.
20  Menit

g. media pembelajaran
1.    Selembar karton lebar berisi huruf a-z
2.    Papan nama berkalung
3.    Kartu huruf sesuai nama panggilan seluruh siswa

h. sumber belajar
1.      Kurikulum 2013
2.      Buku Pedoman Guru Tema 1 Diriku Kelas 1 Semester 1 dan Buku Siswa Tema 1 Diriku Kelas 1 Semester 1
3.       Lingkungan (sekolah, keluarga, masyarakat/ tempat tinggal siswa)
4.      Internet

I. PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN
a.    Penilaian Sikap (Afektif)
Penilaian sikap dilakukan selama proses pembelajaran berlangsung dengan teknik pengamatan (non tes) menggunakan instrumen lembar pengamatan sikap (terlampir). Aspek sikap yang diamati meliputi; aspek spritual (bersyukur, tidak mengeluh) dan aspek sosial (jujur, santun, peduli, tanggung jawab, kerja sama dan percaya diri).
b.   Penilaian Pengetahuan (Kognitif)
Penilaian pengetahuan dilakukan menggunakan teknik tes dengan instrumen penilaian lembar evaluasi berupa tes tertulis uraian singkat (terlampir)
c.    Penilaian Keterampilan (Psikomotor)
Penilaian keterampilan dilakukan dengan teknik unjuk kerja menggunakan lembar pengamatan keterampilan (terlampir). Unjuk kerja yang dinilai: menceritakan isi teks perckapan dengan lisan, dan melakukaan percakapan tentang sumber energi.

......, ........................ 20 .....
Guru Kelas 1



( _________________ )
NIP ...............................
Mengetahui
Kepala Sekolah,



( _________________ )
NIP................................









1 komentar:

RPPH Kelompok Bermain Tema Diriku Sub Tema Anggota Tubuhku Minggu Ke-4 Hari Ke-4

Tidak ada "RPPH Kelompok Bermain Tema Diriku Sub Tema Anggota Tubuhku Minggu Ke-4 Hari Ke-4" dikarenakan KB tempat saya mengajar l...