Sabtu, 27 Mei 2017

RPP Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 Kelas 1 Tema 3 Subtema 1 Pembelajaran 1



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Satuan Pendidikan                : SDN Dukuhsari 1 Jabon - Sidoarjo
Kelas / Semester                     : I (Satu) / I (Satu)
Tema                                      : 3
Sub tema                                : 1 Kegiatan Pagi Hari
Pembelajaran                        : 1

 

A.      Kompetensi Inti
KI 1    : Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2  :    Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangga.
KI 3  :   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan  kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
KI 4 :    Menyajikan pengetahuan faktual dalam  bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam  gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.       Kompetensi Dasar
Bahasa Indonesia
3.7 Mengenal kosakata yang berkaitan dengan peristiwa siang dan malam melalui teks pendek (berupa gambar, slogan sederhana, tulisan, dan atau syair lagu)
4.7 Menjelaskan kosa kata Bahasa Indonesia dan ejaan yang tepat terkait peristiwa siang dan malam dalam teks tulis dan gambar

C.   Indikator

Bahasa Indonesia
3.7.1 Menyebutkan kosakata tentang kegiatan pagi hari di rumah dan di sekolah
3.7.2 Membaca kosakata tentang kegiatan pagi hari
4.7.1 Menuliskan kosa kata terkait kegiatan pagi hari sebagai bagian dari peristiwa alam
4.7.2 Mengkategorikan antara kosakata kegiatan pagi hari di rumah dan di sekolah

D.    Tujuan Pembelajaran
1.      Melalui kegiatan tanya jawab, siswa dapat menyebutkan kosakata terkait kegiatan pagi hari.
2.      Dengan mengikuti contoh guru, siswa dapat membaca kosakata terkait kegiatan pagi hari.
3.      Melalui kegiatan tanya jawab, siswa dapat mengkategorikan antara kosakata kegiatan pagi hari di rumah dan di sekolah.

E.    Materi Ajar
Bahasa Indonesia
Kosakata kegiatan pagi hari di rumah dan di sekolah

F.     Model dan Metode Pembelajaran
Model Pembelajaran               : CTL (Contekstual Teaching Learning)
Metode Pembelajaran             : Ceramah, Tanya jawab, Penugasan, Diskusi

G.   Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan

Kegiatan Awal
1.    Kegiatan pembelajaran diawali dengan salam dan menanyakan kabar siswa
2.    Mengajak siswa berdoa menurut agama dan keyakinan masing-masing untuk mengawali kegiatan pembelajaran
3.    Presensi kehadiran siswa
4.    Guru menginformasikan materi yang akan dibelajarkan yaitu tentang kosakata kegiatan pagi hari di rumah dan di sekolah, bunyi sila-sila Pancasila, dan lagu “Bangun Tidur”
5.    Guru menyampaikan tujuan pembelajaran



Inti

6.      Guru menanyakan kegiatan pagi hari yang biasa dilakukan siswa. (keterampilan menyimak)
7.   Siswa menjawab pertanyaan guru hingga salah satu jawaban siswa adalah bangun tidur.
( keterampilan berbicara)
8.      Siswa diminta menyanyikan lagu “Bangun Tidur” secara bergantian dengan teman sebangku.
9.    Siswa mengamati kegiatan pagi hari yang ada dalam lagu “Bangun Tidur” dengan teman sebangku.
10.Siswa menyebutkan kegiatan pagi hari dalam lagu “Bangun Tidur” dan menuliskan di papan tulis. (keterampilan berbicara dan keterampilan menulis)
11.Guru memberikan kesempatan bertanya kepada siswa sebelum melanjutkan kegiatan pembelajaran berikutnya.
12.Guru membagi siswa ke dalam kelompok belajar.
13.Siswa mengamati kegiatan pagi hari di rumah dan di sekolah yang ada dalam gambar.
14.Siswa menyebutkan kegiatan pagi hari di rumah dan di sekolah berdasarkan gambar.
15.Siswa menuliskan  kegiatan pagi hari di rumah dan di sekolah berdasarkan gambar. (keterampilan menulis)
16.Siswa membaca daftar kegiatan pagi hari di rumah dan di sekolah yang ada secara bersama-sama. (keterampilan membaca)



17.Siswa membedakan antara kegiatan pagi hari di rumah dan kegiatan pagi hari di sekolah.

18.Siswa menyimpulkan manfaat mempelajari “kegiatan pagi hari di rumah dan di sekolah” dalam kehidupan sehari-hari.







Penutup

Kegiatan Penutup
1.       Siswa mengerjakan LKPD secara kelompok.
2.       Siswa mengerjakan Lembar Evaluasi secara individu.
3.       Pembelajaran selesai diakhiri dengan berdo’a.





H.    Penilaian Proses dan Hasil Belajar

1.         Prosedur Penilaian
a.    Penilaian Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir
b.   Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis (terlampir)

I.       Media, Alat/ bahan, dan Sumber Belajar
1.         Media
a.    Gambar-gambar kegiatan pagi hari di rumah dan di sekolah
b.   Poster teks Pancasila
c.    Teks lagu “Bangun Tidur”
2.         Alat/ Bahan
a.                   Alat tulis
b.                  Papan tulis

3.         Sumber Belajar
a.       Buku guru
b.      Buku siswa
c.       Internet                                                              



                                                                         

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

RPPH Kelompok Bermain Tema Diriku Sub Tema Anggota Tubuhku Minggu Ke-4 Hari Ke-4

Tidak ada "RPPH Kelompok Bermain Tema Diriku Sub Tema Anggota Tubuhku Minggu Ke-4 Hari Ke-4" dikarenakan KB tempat saya mengajar l...