RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN( RPP )Satuan Pendidikan : SDN Dukuhsari 1 Jabon - SidoarjoKelas / Semester : I (Satu) / I (Satu)Tema : 3Sub tema : 1 Kegiatan Pagi HariPembelajaran : 1
A. Kompetensi IntiKI 1 : Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.KI 2 : Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangga.KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.B. Kompetensi DasarBahasa Indonesia3.7 Mengenal kosakata yang berkaitan dengan peristiwa siang dan malam melalui teks pendek (berupa gambar, slogan sederhana, tulisan, dan atau syair lagu)4.7 Menjelaskan kosa kata Bahasa Indonesia dan ejaan yang tepat terkait peristiwa siang dan malam dalam teks tulis dan gambarC. IndikatorBahasa Indonesia3.7.1 Menyebutkan kosakata tentang kegiatan pagi hari di rumah dan di sekolah3.7.2 Membaca kosakata tentang kegiatan pagi hari4.7.1 Menuliskan kosa kata terkait kegiatan pagi hari sebagai bagian dari peristiwa alam4.7.2 Mengkategorikan antara kosakata kegiatan pagi hari di rumah dan di sekolahD. Tujuan Pembelajaran1. Melalui kegiatan tanya jawab, siswa dapat menyebutkan kosakata terkait kegiatan pagi hari.2. Dengan mengikuti contoh guru, siswa dapat membaca kosakata terkait kegiatan pagi hari.3. Melalui kegiatan tanya jawab, siswa dapat mengkategorikan antara kosakata kegiatan pagi hari di rumah dan di sekolah.E. Materi AjarBahasa IndonesiaKosakata kegiatan pagi hari di rumah dan di sekolahF. Model dan Metode PembelajaranModel Pembelajaran : CTL (Contekstual Teaching Learning)Metode Pembelajaran : Ceramah, Tanya jawab, Penugasan, DiskusiG. Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Deskripsi Kegiatan Alokasi Waktu Pendahuluan Kegiatan Awal1. Kegiatan pembelajaran diawali dengan salam dan menanyakan kabar siswa2. Mengajak siswa berdoa menurut agama dan keyakinan masing-masing untuk mengawali kegiatan pembelajaran3. Presensi kehadiran siswa4. Guru menginformasikan materi yang akan dibelajarkan yaitu tentang kosakata kegiatan pagi hari di rumah dan di sekolah, bunyi sila-sila Pancasila, dan lagu “Bangun Tidur”5. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran Inti 6. Guru menanyakan kegiatan pagi hari yang biasa dilakukan siswa. (keterampilan menyimak)7. Siswa menjawab pertanyaan guru hingga salah satu jawaban siswa adalah bangun tidur.( keterampilan berbicara)8. Siswa diminta menyanyikan lagu “Bangun Tidur” secara bergantian dengan teman sebangku.9. Siswa mengamati kegiatan pagi hari yang ada dalam lagu “Bangun Tidur” dengan teman sebangku.10.Siswa menyebutkan kegiatan pagi hari dalam lagu “Bangun Tidur” dan menuliskan di papan tulis. (keterampilan berbicara dan keterampilan menulis)11.Guru memberikan kesempatan bertanya kepada siswa sebelum melanjutkan kegiatan pembelajaran berikutnya.12.Guru membagi siswa ke dalam kelompok belajar.13.Siswa mengamati kegiatan pagi hari di rumah dan di sekolah yang ada dalam gambar.14.Siswa menyebutkan kegiatan pagi hari di rumah dan di sekolah berdasarkan gambar.15.Siswa menuliskan kegiatan pagi hari di rumah dan di sekolah berdasarkan gambar. (keterampilan menulis)16.Siswa membaca daftar kegiatan pagi hari di rumah dan di sekolah yang ada secara bersama-sama. (keterampilan membaca)17.Siswa membedakan antara kegiatan pagi hari di rumah dan kegiatan pagi hari di sekolah.18.Siswa menyimpulkan manfaat mempelajari “kegiatan pagi hari di rumah dan di sekolah” dalam kehidupan sehari-hari. Penutup Kegiatan Penutup1. Siswa mengerjakan LKPD secara kelompok.2. Siswa mengerjakan Lembar Evaluasi secara individu.3. Pembelajaran selesai diakhiri dengan berdo’a. H. Penilaian Proses dan Hasil Belajar1. Prosedur Penilaiana. Penilaian ProsesMenggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhirb. Penilaian Hasil BelajarMenggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis (terlampir)I. Media, Alat/ bahan, dan Sumber Belajar1. Mediaa. Gambar-gambar kegiatan pagi hari di rumah dan di sekolahb. Poster teks Pancasilac. Teks lagu “Bangun Tidur”2. Alat/ Bahana. Alat tulisb. Papan tulis3. Sumber Belajara. Buku gurub. Buku siswac. Internet
Sabtu, 27 Mei 2017
RPP Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 Kelas 1 Tema 3 Subtema 1 Pembelajaran 1
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
RPPH Kelompok Bermain Tema Diriku Sub Tema Anggota Tubuhku Minggu Ke-4 Hari Ke-4
Tidak ada "RPPH Kelompok Bermain Tema Diriku Sub Tema Anggota Tubuhku Minggu Ke-4 Hari Ke-4" dikarenakan KB tempat saya mengajar l...
-
Parafrase Drama Menjadi Bentuk Prosa *DRAMA* BERLIBUR KE TAMAN SAFARI Karya : Nisful Laila* Ririn baru sampai di kelas. D...
-
LAPORAN STUDY WISATA Ke Jawa Timur Park1 Disusun oleh : 1. Setyaji Laksono (29) 2. Sofi Mauli...
-
Lampiran 2 Lembar Kerja Peserta Didik 01 “Nama Anggota Tubuh” Tujuan Siswa mampu membaca nama-nama anggota tubuh. Siswa ma...
Tidak ada komentar:
Posting Komentar