Rabu, 24 Mei 2017

Penerapan Model Pembelajaran OMEAKE di Kelas Rendah



Model Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar
Langkah-langkah Pembelajaran Model OMEAKE di Kelas Rendah”

Dosen Pengajar : Maryam Isnaini Damayanti S.Pd M.Pd










Disusun Oleh : Nisful Laila (14010644045 / B-2014)



UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
2017





Langkah-langkah Pembelajaran berdasarkan Model OMEAKE

Kelas / Semester          : I / I
Tema                           : 3 Kegiatanku
Subtema                      : 1 Kegiatan Pagi Hari
Pembelajaran               : 2
Materi                          : Kegiatan Pagi Hari di Rumah

Kompetensi Dasar :
3.4 Mengenal teks cerita diri/personal tentang keberadaan keluarga dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.4 Menyampaikan teks cerita diri atau personal tentang keluarga secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.

Indikator :
3.4.1 Mengamati teks bergambar kegiatan pagi hari.
4.4.1 Menceritakan kegiatan pagi hari secara runtut berdasarkan gambar.

Fase 1              : Orientasi pembelajaran.
Komponen      : Pengaitan atau hubungan materi sebelumnya dengan materi baru.
1.      Guru mengucapkan salam.
2.      Guru menanyakan kabar pada peserta didik.
3.      Guru melakukan presensi.
4.      Guru membimbing peserta didik untuk berdoa sebelum memulai pelajaran.
5.      Guru membimbing siswa untuk melakukan ice breaking agar pembelajaran diawali dengan penuh semangat.
6.      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
7.      Guru mengajak siswa mengaitkan hubungan materi yang sebelumnya yaitu suasana dan kegiatan pagi hari di sekolah dengan materi baru yaitu kegiatan pagi hari di rumah. Kaitannya yaitu sebelum ke sekolah, siswa biasanya melakukan berbagai kegiatan pagi hari di rumah.

Fase 2              : Pemodelan.
Komponen      : Pendemonstrasian atau penyampaian materi.
8.      Guru menjelaskan mengenai kegiatan pagi hari sebelum berangkat ke sekolah berdasarkan gambar di buku siswa.
9.      Guru memberitahu siswa bahwa kegiatan pagi hari siswa di rumah itu bisa berbeda-beda antara satu siswa dengan siswa lainnya.
                    
Fase 3              : Eksplorasi topik.
Komponen      : Pengidentifikasian topik.
10.  Guru membagi siswa ke dalam beberapa kelompok (misalkan : 1 kelompok terdiri dari 1-4 siswa) atau sesuai dengan jumlah siswa di kelas.
11.  Masing-masing kelompok diberikan satu set gambar yang menunjukkan kegiatan pada pagi hari yang berbeda-beda sebelum berangkat ke sekolah.
12.  Guru memberikan tugas yaitu mengamati, mengurutkan, dan menuliskan kegiatan pagi hari di rumah berdasarkan gambar.

Fase 4              : Analisis dan pemecahan masalah topik.
Komponen      : Pembuatan laporan.
13.  Setiap kelompok melakukan diskusi untuk menyelesaikan tugas yang sudah diberikan.
14.  Guru memberikan bimbingan selama diskusi.
Bentuk bimbingan :
-          Mengarahkan siswa untuk fokus berdiskusi dengan kelompoknya.
-          Membantu siswa membagi hasil diskusi untuk dipresentasikan. Misalkan siswa 1 mempresentasikan gambar pada urutan pertama dan kedua, dan seterusnya.

Fase 5              : Pengomunikasian hasil.
Komponen      : Pemaparan hasil secara lisan.
15.  Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi secara bergantian dengan anggota kelompoknya sesuai pembagian sebelumnya di depan kelas. Kelompok yang belum mendapat giliran presentasi bertugas menyimak kelompok yang sedang melakukan presentasi.
16.  Guru mengarahkan kelompok penyimak untuk memberikan komentar. Misalkan komentar berupa koreksi hasil diskusi kelompok yang melakukan presentasi (mungkin ada urutan gambar yang kurang tepat).

Fase 6              : Evaluasi atau refleksi.
Komponen      : Penyimpulan materi pembelajaran.                  
17.  Setelah semua kelompok melakukan presentasi, guru mengajak siswa menyimpulkan materi yang sudah dipelajari serta hasil dari diskusi kelompok.
18.  Guru menutup pembelajaran dengan kegiatan berdoa bersama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

RPPH Kelompok Bermain Tema Diriku Sub Tema Anggota Tubuhku Minggu Ke-4 Hari Ke-4

Tidak ada "RPPH Kelompok Bermain Tema Diriku Sub Tema Anggota Tubuhku Minggu Ke-4 Hari Ke-4" dikarenakan KB tempat saya mengajar l...