Model
Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar
“Langkah-langkah Pembelajaran
Model OMEAKE di Kelas Rendah”
Dosen Pengajar : Maryam Isnaini Damayanti
S.Pd M.Pd
Disusun Oleh : Nisful Laila (14010644045 /
B-2014)
UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
2017
Langkah-langkah Pembelajaran berdasarkan Model OMEAKE
Kelas / Semester : I / I
Tema :
3 Kegiatanku
Subtema : 1 Kegiatan Pagi Hari
Pembelajaran : 2
Materi : Kegiatan Pagi Hari di Rumah
Kompetensi Dasar :
3.4 Mengenal
teks cerita diri/personal tentang keberadaan keluarga dengan bantuan guru atau
teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata
bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.4
Menyampaikan teks cerita diri atau personal tentang keluarga secara mandiri
dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa
daerah untuk membantu penyajian.
Indikator
:
3.4.1 Mengamati
teks bergambar kegiatan pagi hari.
4.4.1
Menceritakan kegiatan pagi hari secara runtut berdasarkan gambar.
Fase 1 :
Orientasi pembelajaran.
Komponen : Pengaitan atau
hubungan materi sebelumnya dengan materi baru.
1.
Guru
mengucapkan salam.
2.
Guru
menanyakan kabar pada peserta didik.
3.
Guru
melakukan presensi.
4.
Guru
membimbing peserta didik untuk berdoa sebelum memulai pelajaran.
5.
Guru
membimbing siswa untuk melakukan ice breaking agar pembelajaran diawali dengan
penuh semangat.
6.
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran.
7.
Guru
mengajak siswa mengaitkan hubungan materi yang sebelumnya yaitu suasana dan
kegiatan pagi hari di sekolah dengan materi baru yaitu kegiatan pagi hari di
rumah. Kaitannya yaitu sebelum ke sekolah, siswa biasanya melakukan berbagai
kegiatan pagi hari di rumah.
Fase 2 : Pemodelan.
Komponen : Pendemonstrasian
atau penyampaian materi.
8.
Guru
menjelaskan mengenai kegiatan pagi hari sebelum berangkat ke sekolah
berdasarkan gambar di buku siswa.
9.
Guru
memberitahu siswa bahwa kegiatan pagi hari siswa di rumah itu bisa berbeda-beda
antara satu siswa dengan siswa lainnya.
Fase 3 : Eksplorasi
topik.
Komponen : Pengidentifikasian
topik.
10.
Guru
membagi siswa ke dalam beberapa kelompok (misalkan : 1 kelompok terdiri dari 1-4
siswa) atau sesuai dengan jumlah siswa di kelas.
11.
Masing-masing
kelompok diberikan satu set gambar yang menunjukkan kegiatan pada pagi hari
yang berbeda-beda sebelum berangkat ke sekolah.
12.
Guru
memberikan tugas yaitu mengamati, mengurutkan, dan menuliskan kegiatan pagi
hari di rumah berdasarkan gambar.
Fase 4 : Analisis
dan pemecahan masalah topik.
Komponen : Pembuatan
laporan.
13.
Setiap
kelompok melakukan diskusi untuk menyelesaikan tugas yang sudah diberikan.
14.
Guru
memberikan bimbingan selama diskusi.
Bentuk bimbingan :
-
Mengarahkan
siswa untuk fokus berdiskusi dengan kelompoknya.
-
Membantu
siswa membagi hasil diskusi untuk dipresentasikan. Misalkan siswa 1
mempresentasikan gambar pada urutan pertama dan kedua, dan seterusnya.
Fase 5 : Pengomunikasian
hasil.
Komponen : Pemaparan
hasil secara lisan.
15.
Setiap
kelompok mempresentasikan hasil diskusi secara bergantian dengan anggota
kelompoknya sesuai pembagian sebelumnya di depan kelas. Kelompok yang belum
mendapat giliran presentasi bertugas menyimak kelompok yang sedang melakukan
presentasi.
16.
Guru
mengarahkan kelompok penyimak untuk memberikan komentar. Misalkan komentar
berupa koreksi hasil diskusi kelompok yang melakukan presentasi (mungkin ada
urutan gambar yang kurang tepat).
Fase 6 : Evaluasi
atau refleksi.
Komponen : Penyimpulan
materi pembelajaran.
17.
Setelah
semua kelompok melakukan presentasi, guru mengajak siswa menyimpulkan materi
yang sudah dipelajari serta hasil dari diskusi kelompok.
18.
Guru menutup pembelajaran dengan kegiatan
berdoa bersama.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar