Rabu, 24 Mei 2017

RPP Kelas 3 Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 2



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Satuan Pendidikan                :
Kelas / Semester                   : 3 (tiga) / 1 (satu)
Tema                                      : 1 Perkembangbiakan Hewan dan Tumbuhan
Sub tema                                : 1 Perkembangbiakan dan Daur Hidup Hewa
Pembelajaran                        : 2

 

A.      Kompetensi Inti
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangga.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.       Kompetensi Dasar

Bahasa Indonesia
3.2 Menguraikan teks arahan/petunjuk tentang perawatan hewan dan tumbuhan, serta daur hidup hewan dan pengembangbiakan tanaman dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.2 Menerangkan dan mempraktikkan teks arahan/petunjuk tentang perawatan hewan dan tumbuhan serta daur hidup hewan dan pengembangbiakan tanaman secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.

PJOK
3. 5 Mengetahui konsep kombinasi berbagai pola gerak dasar dominan statis (bertumpu dengan tangan dan lengan depan/belakang/samping, bergantung, sikap kapal terbang, dan berdiri.
4. 5 Mempraktikkan pola gerak dasar dominan statis (bertumpu dengan tangan dan lengan depan/belakang/ samping, bergantung, sikap kapal terbang, dan berdiri dengan salah satu kaki), serta pola gerak dominan dinamis (menolak, mengayun, melayang di udara, berputar, dan mendarat).

PPKn
3.2 Mengetahui hak dan kewajiban sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan di sekolah.
4.2 Melaksanakan kewajiban sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah.

C.      Indikator
Bahasa Indonesia
3.2.1 Mengidentifikasi isi teks bacaan berjudul “Memelihara Kucing”
3.2.2 Mengidentifikasi isi teks bacaan berjudul “Perawatan Kucing”
3.2.3 Menuliskan tata cara merawat hewan peliharaan kucing.
4.2.1 Menyampaikan tata cara merawat hewan peliharaan kucing secara lisan menggunakan bahasa sendiri.

PJOK
3.5.1 Mengidentifikasi gerak nonlokomotor yang ada pada permainan menirukan gerak hewan
4.5.1 Mempraktikkan gerak nonlokomotor dalam sebuah permainan menirukan gerak hewan.

PPKn
3.2.1 Mengidentifikasi hak anggota keluarga.
3.2.2 Mengidentifikasi kewajiban anggota keluarga.
4.2.1 Mengelompokkan hak-hak yang telah telah diperoleh di rumah.
4.2.2 Mengelompokkan kewajiban yang telah dilaksanakan di rumah.

D.      Tujuan Pembelajaran
1. Dengan membaca teks tentang perawatan hewan, siswa dapat mengidentifikasi cara merawat hewan yang baik melalui kegiatan menjawab pertanyaan dengan benar.
2. Dengan mengamati kebiasaan yang dilakukan sehari-hari, siswa dapat menuliskan tata cara merawat hewan yang pernah dilakukan dengan benar.
3. Dengan mengamati gambar, siswa dapat mengidentifikasi gerak nonlokomotor yang ada pada permainan menirukan gerak hewan dengan benar.
4. Dengan mengamati contoh, siswa dapat mempraktikkan gerak nonlokomotor dalam sebuah permainan menirukan gerak hewan dengan benar.
5. Dengan kegiatan membaca teks tentang saling menghargai, siswa dapat mengidentifikasi hak setiap anggota keluarga dengan benar.
6. Dengan membaca teks tentang saling menghargai, siswa dapat mengidentifikasi kewajiban setiap anggota keluarga dengan benar.
7. Dengan mengamati kejadian sehari-hari, siswa dapat mengelompokkan hak-hak yang telah diperoleh di rumah dengan benar.
8. Dengan mengamati kejadian sehari-hari, siswa dapat mengelompokkan kewajiban yang telah dilaksanakan di rumah dengan benar.

E.       Materi Ajar
-          Perkembangbiakan dan perawatan kucing
-          Menirukan gerakan kucing
-          Hak dan kewajiban dalam keluarga

F.       Pendekatan, Model, dan Metode Pembelajaran
Pendekatan   :
Model           :
Metode         :


G.      Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan

Kegiatan Awal
1.    Kegiatan pembelajaran diawali dengan salam dan menanyakan kabar siswa
2.    Mengajak siswa berdoa menurut agama dan keyakinan masing-masing untuk mengawali kegiatan pembelajaran
3.    Presensi kehadiran siswa
4.    Guru menginformasikan materi yang akan dibelajarkan yaitu tentang menjelaskan cara perkembangbiakan hewan, cara menyebutkan lambang bilangan, dan berlatih menggambar dekoratif.
5.    Guru menyampaikan tujuan pembelajaran



Inti

Kegiatan Inti
1)      Siswa membaca dan mengamati isi teks bacaan berjudul “Memelihara Kucing”.
2)      Kegiatan dilanjutkan dengan mendiskusikan kembali isi teks yang sudah dibaca. Teks berisi tentang petunjuk perawatan hewan peliharaan dan proses perkembangbiakan.
3)      Siswa menjawab pertanyaan sesuai teks.
4)      Siswa berlatih menuliskan petunjuk perawatan hewan peliharaan. Siswa dapat menuliskan petunjuk perawatan secara umum atau khusus, misalnya tahapan memandikan hewan dimulai dari membasahi badan, menambahkan sabun, dan mengeringkan badan atau menjelaskan kegiatan merawat hewan secara garis besar.
5)      Siswa menulis pada tempat yang tersedia.
6)      Siswa membaca petunjuk perawatan hewan peliharaan yang sudah ditulis di depan kelas.
7)      Siswa menuliskan pertanyaan tentang hal lainnya yang ingin diketahui tentang hewan peliharaan untuk meningkatkan kemampuan bertanya.
8)      Siswa menuliskan pertanyaan pada tempat yang tersedia.
9)      Siswa melakukan pemanasan sebelum melakukan aktivitas.
10)  Siswa mengamati gambar dan mengidentifikasi gerakan kucing.
11)  Perwakilan siswa memperagakan gerak yang akan di pelajari.
12)  Seluruh siswa mencoba melakukan gerakan tersebut secara berkelompok.
13)  Siswa saling mengamati dan membandingkan kemampuan dalam melakukan kegiatan tersebut.
14)  Setelah selesai, siswa diminta untuk melakukan pendinginan, dapat dengan cara duduk sambil
meluruskan kaki atau mengatur pernafasan sampai badan kembali terasa rileks.
     15) Kegiatan diakhiri dengan berdiskusi tentang          
           pengalaman melakukan aktivitas fisik tersebut.
     16) Guru menjelaskan tentang makna hak dan kewajiban  
           dalam keluarga.
     17) Siswa membaca teks dan mengamati isi teks berjudul
          “Saling Menghargai” berisi tentang hak dan kewajiban          
            masing-masing anggota keluarga di rumah.
18)  Guru membagi siswa ke dalam kelompok berisi sebanyak 5 orang.
19)  Siswa berdiskusi tentang hak dan kewajiban dalam Keluarga berdasarkan teks bacaan.
20)  Masing-masing anggota siswa menuliskan hasil diskusi pada buku masing-masing.
21)  Kegiatan dilanjutkan dengan mengidentifikasi hak dan kewajiban yang sudah mereka terima atau lakukan di rumah.
22)  Siswa menilai diri sendiri dengan cara menjawab pertanyaan yang ada pada buku.







Penutup

Kegiatan Penutup
1.       Siswa bersama guru menyimpulkan materi yang telah dipelajari.
2.       Siswa mengerjakan LKPD secara kelompok.
3.       Pembelajaran selesai diakhiri dengan berdo’a.









   




































































        H.    Penilaian Proses dan Hasil Belajar

1.         Prosedur Penilaian
a.    Penilaian Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir
b.   Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis (terlampir)

I.       Media, Alat/ bahan, dan Sumber Belajar
1.         Media
a.       Teks bacaan “Memelihara Kucing”
b.      Teks bacaan “Perawatan Kucing”
c.       Gambar gerakan kucing
d.      Teks “Saling Menghargai”
2.         Alat/ Bahan
a.                   Alat tulis
b.                  Papan tulis



3.         Sumber Belajar
a.       Buku guru
b.      Buku siswa
c.       Teks Bacaan
d.      Gambar                                                          
                                                 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

RPPH Kelompok Bermain Tema Diriku Sub Tema Anggota Tubuhku Minggu Ke-4 Hari Ke-4

Tidak ada "RPPH Kelompok Bermain Tema Diriku Sub Tema Anggota Tubuhku Minggu Ke-4 Hari Ke-4" dikarenakan KB tempat saya mengajar l...