RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN( RPP )Satuan Pendidikan :Kelas / Semester : 3 (tiga) / 1 (satu)Tema : 1 Perkembangbiakan Hewan dan TumbuhanSub tema : 1 Perkembangbiakan dan Daur Hidup HewaPembelajaran : 1
A. Kompetensi Inti1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangga.3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.B. Kompetensi DasarBahasa Indonesia3.2 Menguraikan teks arahan/petunjuk tentang perawatan hewan dan tumbuhan, serta daur hidup hewan dan pengembangbiakan tanaman dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.4.2 Menerangkan dan mempraktikkan teks arahan/petunjuk tentang perawatan hewan dan tumbuhan serta daur hidup hewan dan pengembangbiakan tanaman secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.Matematika3.1 Memahami sifat-sifat operasi hitung bilangan asli melalui pengamatan pola penjumlahan dan perkalian.4.2. Merumuskan dengan kalimat sendiri, membuat model matematika, dan memilih strategi yang efektif dalam memecahkan masalah nyata sehari-hari yang berkaitan dengan penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian bilangan bulat, waktu, panjang, berat benda, dan uang, serta memeriksa kebenaran jawabnya.SBdP3.1 Mengenal karya seni gaya dekoratif.4.1 Menggambar dekoratif dengan mengolah perpaduan garis, warna, bentuk, dan tekstur berdasarkan hasil pengamatan di lingkungan sekitar.C. IndikatorBahasa Indonesia3.2.1 Membaca teks mengenai cara perkembangbiakan hewan.3.2.2 Menjelaskan cara perkembangbiakan sesuai teks yang dibaca melalui kegiatan menjawab pertanyaan.3.2.3 Mengamati gambar tahapan perkembangbiakan hewan.4.2.1 Menuliskan tahapan perkembangbiakan hewan.4.2.1 Menceritakan hasil diskusi tentang cara perkembangbiakan hewan.Matematika3.1.1 Membaca bilangan 1.000-10.000 secara panjang (ribuan, ratusan, puluhan, dan satuan).3.1.2 Menulis bilangan .000-10.000 secara panjang (ribuan, ratusan, puluhan, dan satuan).4.2.1 Merumuskan cara membaca lambang bilangan 1.000-10.000 dengan kalimat sendiri secara tulis.4.2.2 Merumuskan cara membaca lambang bilangan 1.000-10.000 dengan kalimat sendiri secara lisan.SBdP3.1.1 Mengidentifikasi karya seni gaya dekoratif.3.1.2 Mengamati berbagai jenis gambar dekoratif dengan motif hewan.4.1.1 Menjiplak untuk membuat pola gambar dekoratif buatan sendiri di atas media kertas.4.1.2 Mewarnai pola gambar dekoratif buatan sendiri.D. Tujuan Pembelajaran1. Dengan membaca teks tentang cara perkembangbiakan hewan, siswa dapat mengidentifikasi cara perkembangbiakan hewan dengan benar.2. Dengan kegiatan ekplorasi alam sekitar, siswa dapat mengelompokkan cara hewan berkembang biak dengan benar.3. Setelah mengamati gambar tahapan perkembangbiakan ayam, siswa dapat menuliskan tahapan perkembangbiakan dengan benar.4. Dengan mengamati gambar tahapan perkembangbiakan ayam, siswa dapat menuliskan perbedaan di setiap tahapan perkembangbiakan dengan benar.5. Dengan berdiskusi, siswa dapat mengidentifikasi perbedaan bentuk dan rupa antara induk dan anak hewan dengan benar.6. Dengan berlatih menentukan nilai dan tempat bilangan, siswa dapat membaca lambang bilangan 1.000 sampai dengan 10.000 dengan benar.7. Dengan berlatih menentukan nilai dan tempat bilangan, siswa dapat menulis lambang bilangan 1.000 sampai dengan 10.000 dengan benar.8. Dengan mengamati contoh, siswa dapat merumuskan cara membaca lambang bilangan dengan benar.9. Dengan mengamati gambar dan penjelasan tentang gambar dekoratif, siswa dapat mengidentifikasi karya seni gaya dekoratif dengan benar.10. Dengan mengamati contoh, siswa dapat menjiplak untuk membuat pola gambar dekoratif dengan benar.11. Dengan mengamati contoh, siswa dapat mewarnai pola gambar dekoratif dengan rapi.E. Materi Ajar- Tahapan perkembangbiakan ayam.- Lambang bilangan.- Gambar dekoratif berbentuk hewan.F. Pendekatan, Model, dan Metode PembelajaranPendekatan : CTLModel : Model pembelajaran langsungMetode : Ceramah, Penugasan, DiskusiG. Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Deskripsi Kegiatan Alokasi Waktu Pendahuluan Kegiatan Awal1. Kegiatan pembelajaran diawali dengan salam dan menanyakan kabar siswa2. Mengajak siswa berdoa menurut agama dan keyakinan masing-masing untuk mengawali kegiatan pembelajaran3. Presensi kehadiran siswa4. Guru menginformasikan materi yang akan dibelajarkan yaitu tentang menjelaskan cara perkembangbiakan hewan, cara menyebutkan lambang bilangan, dan berlatih menggambar dekoratif.5. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran Inti Kegiatan Inti1) Siswa membaca teks yang menjelaskan berbagai cara perkembangbiakan hewan.2) Siswa menjawab pertanyaan sesuai teks yang dibacanya.3) Siswa mengamati hewan yang ada di sekitar sekolah.4) Siswa menuliskan nama-nama hewan yang ditemui di sekitar sekolah.5) Siswa berdiskusi untuk mengelompokkan hewan berdasarkan cara berkembang biak. Hasil diskusi dituliskan pada buku masing-masing.6) Siswa mengamati gambar tahapan perkembangbiakan ayam.7) Siswa berdiskusi tentang tahapan apa saja yang ada pada perkembangbiakan ayam.8) Siswa mengamati perubahan pada setiap tahapan.9) Perubahan yang diamati meliputi perubahan bentuk, warna, ukuran, pertambahan bulu ayam, dan hal lainnya yang bisa diamati.10) Siswa menuliskan tahapan dan ciri-ciri di setiap tahapan perkembangbiakan ayam pada tempat yang sudah disediakan.11) Siswa diarahkan untuk berlatih menulis dengan urutan yang tepat, menggunakan huruf besar dan tanda baca yang benar.12) Guru melakukan kegiatan tanya jawab mengenai manfaat dan pentingnya keberadaan hewan, salah satunya ayam.13) Siswa mengenal jumlah ternak atau telur yang dihasilkan pada sebuah peternakan ayam yang melibatkan bilangan ribuan, sebagai contoh sebuah peternakan yang dapat menghasilkan telur sebanyak 1.250 butir perminggu.14) Guru menjelaskan cara menyebut lambang bilangan 1.250 menggunakan teknik nilai tempat bilangan.15) Siswa berlatih menuliskan nama dan lambang bilangan sesuai contoh.16) Siswa mengamati berbagai jenis gambar dekoratif dengan motif hewan.17) Siswa berlatih menggambar dekoratif. Untuk mempermudah, siswa mencari bentuk hewan yang ingin digambar dari majalah bekas atau surat kabar. Siswa menggunting gambar hewan tersebut, lalu menjiplak dan mengguntingnya kembali sehingga menjadi sebuah pola. Gunakan pola tersebut untuk alat bantu menggambar hewan.18) Siswa memberi hiasan sesuai imajinasinya.19) Siswa juga bisa menggambar langsung bentuk hewan tanpa kegiatan menjiplak.20) Siswa menceritakan hasil karya melalui kegiatan menulis. Cerita berisi gambaran tentang gambar yang dibuat, alasan memilih gambar tersebut, dan hal lainnya yang ingin diceritakan.21) Siswa bercerita secara bergantian. Penutup Kegiatan Penutup1. Siswa bersama guru menyimpulkan materi yang telah dipelajari.2. Siswa mengerjakan LKPD secara kelompok.3. Pembelajaran selesai diakhiri dengan berdo’a. H. Penilaian Proses dan Hasil Belajar1. Prosedur Penilaiana. Penilaian ProsesMenggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhirb. Penilaian Hasil BelajarMenggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis (terlampir)I. Media, Alat/ bahan, dan Sumber Belajar1. Mediaa. Teks perkembangbiakan hewan.b. Gambar tahapan perkembangbiakan ayam.c. Gambar dekoratif berbentuk hewan.2. Alat/ Bahana. Alat tulisb. Papan tulis3. Sumber Belajara. Buku gurub. Buku siswac. Lingkungan sekolah
Rabu, 24 Mei 2017
RPP Kelas 3 Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 1
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
RPPH Kelompok Bermain Tema Diriku Sub Tema Anggota Tubuhku Minggu Ke-4 Hari Ke-4
Tidak ada "RPPH Kelompok Bermain Tema Diriku Sub Tema Anggota Tubuhku Minggu Ke-4 Hari Ke-4" dikarenakan KB tempat saya mengajar l...
-
Parafrase Drama Menjadi Bentuk Prosa *DRAMA* BERLIBUR KE TAMAN SAFARI Karya : Nisful Laila* Ririn baru sampai di kelas. D...
-
LAPORAN STUDY WISATA Ke Jawa Timur Park1 Disusun oleh : 1. Setyaji Laksono (29) 2. Sofi Mauli...
-
Lampiran 2 Lembar Kerja Peserta Didik 01 “Nama Anggota Tubuh” Tujuan Siswa mampu membaca nama-nama anggota tubuh. Siswa ma...
Tidak ada komentar:
Posting Komentar