Sabtu, 01 Oktober 2016

Bilangan dan Pengolahan Data (Buku Guru - Kurikulum 2013)

PENDIDIKAN MATEMATIKA 2
“MEMBEDAH BILANGAN DAN PENGOLAHAN DATA
KELAS I SEMESTER 1 TEMA 1”








Dosen Pengajar : Delia Indrawati M. Pd
Anggota Kelompok 1
Kelas B-2014
  1. Nisful Laila (14010644045)
  2. Rima Anggraini (14010644052)
  3. Dwi Mangesti P. R (14010644065)
  4. Deviana Putri A (14010644068)

PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA
2016




KD
INDIKATOR
TEMA
SUBTEMA
PEM.
MEDIA
LANGKAH PEMBELAJARAN
3.1 Menjelaskan makna bilangan cacah sampai dengan 99 sebagai banyak anggota suatu kumpulan obyek.

4.1 Menyajikan bilangan cacah sampai dengan 99 yang bersesuaian dengan banyak anggota kumpulan objek yang disajikan.


3.1.1  Membilang secara urut bilangan 1 sampai dengan  10 dengan bantuan benda konkret.

4.1.1 Mengelompokkan benda sesuai dengan bilangan  yang diberikan (1 sampai dengan 10).

1
1, 2
3,3






Kartu bilangan yang menunjukkan banyak benda mulai angka 1 sampai dengan 10.
1.   Guru mengenalkan konsep bilangan 1 sampai dengan 10.
2.   Guru meminta siswa bersama – sama menghitung banyaknya benda yang ada di gambar dari bilangan 1 sampai dengan 10 secara berurutan.
3.   Guru meminta siswa secara bergiliran membilang banyaknya benda yang ada di kelas tersebut.
4.      Untuk penguatan konsep bilangan 1 sampai dengan 10, minta siswa berlatih di buku siswa halaman 16. Siswa membilang banyaknya benda yang ada di gambar lalu memasangkan dengan gambar lain dengan banyak benda yang sama.
5.      Guru menyampaikan aturan permainan lalu siswa berkumpul bersama teman yang banyaknya sesuai dengan bilangan yang akan disebutkan oleh teman.
6.      Guru memberikan intruksi agar siswa berkumpul sesuai dengan aba-aba yang di ucapkan guru. Seperti contoh “berkelompok tiga – tiga “ dan begitu seterusnya sampai dengan 10 diberikan.
7.   Guru mengingatkan siswa agar mengulangi instruksi permainan setelah berkelompok.
3.2 Menjelaskan bilangan sampai dua angka dan nilai tempat penyusun lambang bilangan menggunakan kumpulan benda konkret serta cara membacanya.

4.2  Menuliskan lambang bilangan sampai dua angka yang menyatakan banyak anggota suatu kumpulan objek dengan ide nilai tempat.
3.2.1  Mengidentifikasi lambang bilangan 1 sampai dengan 10.

3.2.5  Membaca nama bilangan 1 sampai dengan 10.

4.2.1  Menulis lambang bilangan 1 sampai dengan 10 secara lengkap.
1


1




1
1


2




1
5


5




6
Kartu lambang bilangan dari 1 sampai dengan 10 sebanyak 2 set.
1.   Guru meminta siswa mengamat
benda-benda di sekitar kelas, lalu minta siswa menghitungnya. Berapa banyak meja guru? Berapa banyak meja dan bangku siswa? Berapa banyak penghapus papan tulis? Dan seterusnya. Apakah kalian sudah bisa menghitung banyaknya benda di kelas?
2.   Siswa lalu mengamati gambar pada soal yang ada di buku siswa,
3.   Guru menyampaikan bahwa siswa akan belajar konsep bilangan 1 sampai dengan 10 dan mengenal lambang bilangan sambil bermain kartu bilangan.
4.   Guru membagi siswa dalam beberapa kelompok. Setiap kelompok mendapatkan satu set kartu lambang bilangan dari 1 sampai dengan 10.
5.   Setiap kelompok duduk membentuk lingkaran.
6.   Guru menjelaskan aturan bermain lalu Guru akan mengundi kelompok mana yang memberi soal dan yang menjawab soal. Apabila kelompok yang mendapat kesempatan untuk menjawab soal tidak bisa, maka kelompok lain akan berlomba untuk menjawab soal tersebut (rebutan).
7.   Setiap kelompok mendapat giliran untuk memberi dan menjawab soal. Oleh karena itu setiap kelompok diminta untuk menyiapkan/membuat/merancang soal.
8.   Soal yang dimaksud adalah setiap kelompok menyediakan/ menunjuk/ membawa beberapa jenis benda yang tertentu banyaknya.
9.   Begitu seterusnya sampai semua kelompok mendapat giliran untuk memberi dan menjawab soal.

4.2.5  Menuliskann bilangan (1 sampai dengan 10) sesuai dengan banyak anggota kumpulan objek yang diberikan.
1
2
6
Kertas karton
1.   Guru menuliskan kertas/karton kata dengan kartu bilangan beserta namanya.
2.   Kembali guru dan siswa membaca bersama-sama nama bilangan sesuai
dengan lambangnya.
3.   Siswa lalu berlatih menuliskan lambang bilangan sesuai dengan namanya. Jika siswa mengalami kesulitan untuk membaca nama bilangan, bisa melihat kartu lambang bilangan dan namanya yang ditempel di papan tulis.
4.   Siswa juga berlatih menuliskan lambang bilangan sesaui dengan banyaknya anggota tubuh.
5.    

3.2.5  Membaca nama bilangan 1 sampai dengan 10.

2
5
Kartu bilangan sebanyak 2 set.
1.   Guru membuat kartu lambang bilangan 1 sampai 10.
2.   Guru mengambil satu kartu lambang bilangan dan menempelnya di papan tulis. Minta siswa untuk menyebutkan lambang bilangan apa yang dimaksud.
3.   Guru mengambil kartu lambang bilangan yang lain dan mengulangi kegiatan seperti di no 11 sampai semua kartu bilangan ditempel.
4.   Guru meminta siswa untuk mengurutkan kartu lambang bilangan tersebut dari 1 sampai dengan 10.
5.   Satu per satu guru menempel kartu nama untuk setiap lambang bilangan. Sambil menempel kartu nama, guru membacanya dan meminta siswa menirukannya. Misal, “Lambang bilangan ini, dibaca satu.” Begitu seterusnya sampai semua kartu nama bilangan selesai ditempel. (lihat buku siswa halaman 64).
6.   Guru mengulangi lagi membaca kartu nama bilangan dan ditirukan oleh siswa.
7.   Guru menunjuk kartu-kartu lambang bilangan secara acak dan minta beberapa siswa untuk membaca lambang bilangan tersebut.
8.   Setelah itu siswa kembali dibagi dalam beberapa kelompok. Setiap kelompok mendapatkan satu set kartu lambang bilangan. Setiap kelompok akan bermain tebak lambang bilangan dan namanya. (lihat buku siswa halaman 65).
9.   Guru menyampaikan aturan permainan. Setiap kelompok akan mendapatkan giliran untuk memberi soal tentang lambang dan nama bilangan serta menjawab soal. Setiap kelompok akan maju secara bergiliran dengan cara diundi.
10.              Kelompok yang mendapat giliran untuk memberi soal maju ke depan kelas sedangkan yang giliran menjawab tetap di tempatnya. Kelompok yang maju memberikan soal tentang lambang bilangan dan namanya.
11.              Kegiatan ini dilakukan sampai semua kelompok mendapat giliran untuk memberi dan menjawab soal. Guru memastikan semua lambang bilangan dari 1 sampai dengan 10 dapat dimainkan.
3.3  Membandingkan dua bilangan sampai dua angka dengan menggunakan kumpulan benda-benda.


4.3  Mengurutkan bilangan-bilangan sampai dua angka dari bilangan terkecil ke bilangan terbesar atau sebaliknya dengan menggunakan kumpulan benda-benda konkret.
3.3.1  Membandingkan banyak dua kumpulan benda dengan istilah lebih banyak, lebih sedikit atau sama banyak. (1 sampai dengan 10).
4.3.1  Mengurutkan bilangan berdasarkan banyak objek (1 sampai dengan 10).
1
3
3, 5, 6
Berbagai alat perawatan tubuh seperti sabun, sampo, dan pasta gigi.
1.   Setelah membilang benda yang terdapat pada suatu kumpulan, siswa dapat membandingkannya dengan menggunakan istilah lebih banyak, lebih sedikit, atau sama banyak dengan tepat.
2.   Setelah membilang kumpulan suatu benda, siswa dapat mengurutkan bilangan berdasarkan banyaknya objek dengan benar.
3.   Setelah mendengarkan syair sebuah lagu, siswa dapat menunjukkan informasi mengenai cara merawat tubuh dengan tepat.
3.4  Menjelaskan dan melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan yang melibatkan bilangan cacah sampai dengan 99 dalam kehidupan sehari-hari serta mengaitkan penjumlahan dan pengurangan.
4.4  Menyelesaikan masalah kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan bilangan yang melibatkan bilangan cacah sampai dengan 99
3.4.1  Mengidentifikasi masalah sehari-hari yang melibatkan penjumlahan (bilangan 1 sampai dengan 10)





4.4.1  Menyelesaikan masalah
dalam kehidupan seharihari yang berkaitan dengan
penjumlahan
1








1
2, 6








4, 6
3, 5








2, 5
Anggota Tubuh (jari).







Sekumpulan benda yang dapat digunakan sebagai media penjumlahan
1.   Guru mengajak siswa untuk membilang 1 sampai dengan 10 dengan menggunakan jari. Kegiatan ini diulang beberapa kali.
2.   Guru lalu menunjuk beberapa siswa secara acak. Guru menyebutkan bilangannya, siswa menunjukkan dengan jari sesuai dengan bilangan yang dimaksud. Sebaliknya, guru menunjukkan jari, siswa menyebut bilangan yang sesuai dengan jari tersebut.
3.   Untuk menguatkan, guru meminta siswa mengamati gambar di halaman
52. Siswa diminta menjawab pertanyaan yang ada di teks bacaan di halaman 52 menggunakan jari.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

RPPH Kelompok Bermain Tema Diriku Sub Tema Anggota Tubuhku Minggu Ke-4 Hari Ke-4

Tidak ada "RPPH Kelompok Bermain Tema Diriku Sub Tema Anggota Tubuhku Minggu Ke-4 Hari Ke-4" dikarenakan KB tempat saya mengajar l...