PENDIDIKAN MATEMATIKA 2
“MEMBEDAH BILANGAN DAN PENGOLAHAN DATA
KELAS I SEMESTER 1 TEMA 1”
Dosen Pengajar : Delia Indrawati M. Pd
Anggota Kelompok 1
Kelas B-2014
- Nisful Laila (14010644045)
- Rima Anggraini (14010644052)
- Dwi Mangesti P. R (14010644065)
- Deviana Putri A (14010644068)
PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA
2016
KD
|
INDIKATOR
|
TEMA
|
SUBTEMA
|
PEM.
|
MEDIA
|
LANGKAH PEMBELAJARAN
|
3.1
Menjelaskan makna bilangan cacah sampai dengan 99 sebagai banyak anggota
suatu kumpulan obyek.
4.1
Menyajikan bilangan cacah sampai dengan 99 yang bersesuaian dengan banyak
anggota kumpulan objek yang disajikan.
|
3.1.1 Membilang secara urut bilangan 1 sampai
dengan 10 dengan bantuan benda
konkret.
4.1.1
Mengelompokkan benda sesuai dengan bilangan
yang diberikan (1 sampai dengan 10).
|
1
|
1, 2
|
3,3
|
Kartu
bilangan yang menunjukkan banyak benda mulai angka 1 sampai dengan 10.
|
1.
Guru mengenalkan konsep bilangan 1 sampai dengan
10.
2.
Guru meminta siswa bersama – sama menghitung
banyaknya benda yang ada di gambar dari bilangan 1 sampai dengan 10 secara berurutan.
3.
Guru meminta siswa secara bergiliran membilang
banyaknya benda yang ada di kelas tersebut.
4.
Untuk penguatan konsep bilangan 1 sampai dengan
10, minta siswa berlatih di buku siswa halaman 16. Siswa membilang banyaknya
benda yang ada di gambar lalu memasangkan dengan gambar lain dengan banyak
benda yang sama.
5.
Guru menyampaikan aturan permainan lalu siswa
berkumpul bersama teman yang banyaknya sesuai dengan bilangan yang akan
disebutkan oleh teman.
6.
Guru memberikan intruksi agar siswa berkumpul
sesuai dengan aba-aba yang di ucapkan guru. Seperti contoh “berkelompok tiga
– tiga “ dan begitu seterusnya sampai dengan 10 diberikan.
7.
Guru mengingatkan siswa agar mengulangi instruksi
permainan setelah berkelompok.
|
3.2
Menjelaskan bilangan sampai dua angka dan nilai tempat penyusun lambang
bilangan menggunakan kumpulan benda konkret serta cara membacanya.
4.2 Menuliskan lambang bilangan sampai dua
angka yang menyatakan banyak anggota suatu kumpulan objek dengan ide nilai
tempat.
|
3.2.1 Mengidentifikasi lambang bilangan 1 sampai
dengan 10.
3.2.5 Membaca nama bilangan 1 sampai dengan 10.
4.2.1 Menulis lambang bilangan 1 sampai dengan 10
secara lengkap.
|
1
1
1
|
1
2
1
|
5
5
6
|
Kartu
lambang bilangan dari 1 sampai dengan 10 sebanyak 2 set.
|
1.
Guru meminta siswa mengamat
benda-benda
di sekitar kelas, lalu minta siswa menghitungnya. Berapa banyak meja guru?
Berapa banyak meja dan bangku siswa? Berapa banyak penghapus papan tulis? Dan
seterusnya. Apakah kalian sudah bisa menghitung banyaknya benda di kelas?
2.
Siswa lalu mengamati gambar pada soal yang ada di
buku siswa,
3.
Guru menyampaikan bahwa siswa akan belajar konsep
bilangan 1 sampai dengan 10 dan mengenal lambang bilangan sambil bermain
kartu bilangan.
4.
Guru membagi siswa dalam beberapa kelompok. Setiap
kelompok mendapatkan satu set kartu lambang bilangan dari 1 sampai dengan 10.
5.
Setiap kelompok duduk membentuk lingkaran.
6.
Guru menjelaskan aturan bermain lalu Guru akan
mengundi kelompok mana yang memberi soal dan yang menjawab soal. Apabila
kelompok yang mendapat kesempatan untuk menjawab soal tidak bisa, maka
kelompok lain akan berlomba untuk menjawab soal tersebut (rebutan).
7.
Setiap kelompok mendapat giliran untuk memberi dan
menjawab soal. Oleh karena itu setiap kelompok diminta untuk menyiapkan/membuat/merancang
soal.
8.
Soal yang dimaksud adalah setiap kelompok
menyediakan/ menunjuk/ membawa beberapa jenis benda yang tertentu banyaknya.
9.
Begitu seterusnya sampai semua kelompok mendapat
giliran untuk memberi dan menjawab soal.
|
|
4.2.5 Menuliskann bilangan (1 sampai dengan 10)
sesuai dengan banyak anggota kumpulan objek yang diberikan.
|
1
|
2
|
6
|
Kertas
karton
|
1.
Guru menuliskan kertas/karton kata dengan kartu
bilangan beserta namanya.
2.
Kembali guru dan siswa membaca bersama-sama nama
bilangan sesuai
dengan lambangnya.
3.
Siswa lalu berlatih menuliskan lambang bilangan
sesuai dengan namanya. Jika siswa mengalami kesulitan untuk membaca nama
bilangan, bisa melihat kartu lambang bilangan dan namanya yang ditempel di
papan tulis.
4.
Siswa juga berlatih menuliskan lambang bilangan
sesaui dengan banyaknya anggota tubuh.
5.
|
|
3.2.5 Membaca nama bilangan 1 sampai dengan 10.
|
|
2
|
5
|
Kartu
bilangan sebanyak 2 set.
|
1.
Guru membuat kartu lambang bilangan 1 sampai 10.
2.
Guru mengambil satu kartu lambang bilangan dan
menempelnya di papan tulis. Minta siswa untuk menyebutkan lambang bilangan
apa yang dimaksud.
3.
Guru mengambil kartu lambang bilangan yang lain
dan mengulangi kegiatan seperti di no 11 sampai semua kartu bilangan
ditempel.
4.
Guru meminta siswa untuk mengurutkan kartu lambang
bilangan tersebut dari 1 sampai dengan 10.
5.
Satu per satu guru menempel kartu nama untuk
setiap lambang bilangan. Sambil menempel kartu nama, guru membacanya dan
meminta siswa menirukannya. Misal, “Lambang bilangan ini, dibaca satu.”
Begitu seterusnya sampai semua kartu nama bilangan selesai ditempel. (lihat
buku siswa halaman 64).
6.
Guru mengulangi lagi membaca kartu nama bilangan
dan ditirukan oleh siswa.
7.
Guru menunjuk kartu-kartu lambang bilangan secara
acak dan minta beberapa siswa untuk membaca lambang bilangan tersebut.
8.
Setelah itu siswa kembali dibagi dalam beberapa
kelompok. Setiap kelompok mendapatkan satu set kartu lambang bilangan. Setiap
kelompok akan bermain tebak lambang bilangan dan namanya. (lihat buku siswa
halaman 65).
9.
Guru menyampaikan aturan permainan. Setiap
kelompok akan mendapatkan giliran untuk memberi soal tentang lambang dan nama
bilangan serta menjawab soal. Setiap kelompok akan maju secara bergiliran
dengan cara diundi.
10.
Kelompok yang mendapat giliran untuk memberi soal
maju ke depan kelas sedangkan yang giliran menjawab tetap di tempatnya.
Kelompok yang maju memberikan soal tentang lambang bilangan dan namanya.
11.
Kegiatan ini dilakukan sampai semua kelompok mendapat
giliran untuk memberi dan menjawab soal. Guru memastikan semua lambang
bilangan dari 1 sampai dengan 10 dapat dimainkan.
|
3.3 Membandingkan dua bilangan sampai dua angka
dengan menggunakan kumpulan benda-benda.
4.3 Mengurutkan bilangan-bilangan sampai dua
angka dari bilangan terkecil ke bilangan terbesar atau sebaliknya dengan menggunakan
kumpulan benda-benda konkret.
|
3.3.1 Membandingkan banyak dua kumpulan benda
dengan istilah lebih banyak, lebih sedikit atau sama banyak. (1 sampai dengan
10).
4.3.1 Mengurutkan bilangan berdasarkan banyak
objek (1 sampai dengan 10).
|
1
|
3
|
3, 5, 6
|
Berbagai
alat perawatan tubuh seperti sabun, sampo, dan pasta gigi.
|
1.
Setelah membilang benda yang terdapat pada suatu
kumpulan, siswa dapat membandingkannya dengan menggunakan istilah lebih
banyak, lebih sedikit, atau sama banyak dengan tepat.
2.
Setelah membilang kumpulan suatu benda, siswa
dapat mengurutkan bilangan berdasarkan banyaknya objek dengan benar.
3.
Setelah mendengarkan syair sebuah lagu, siswa
dapat menunjukkan informasi mengenai cara merawat tubuh dengan tepat.
|
3.4 Menjelaskan dan melakukan penjumlahan dan pengurangan
bilangan yang melibatkan bilangan cacah sampai dengan 99 dalam kehidupan
sehari-hari serta mengaitkan penjumlahan dan pengurangan.
4.4 Menyelesaikan masalah kehidupan sehari-hari
yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan bilangan yang melibatkan
bilangan cacah sampai dengan 99
|
3.4.1 Mengidentifikasi masalah sehari-hari yang
melibatkan penjumlahan (bilangan 1 sampai dengan 10)
4.4.1 Menyelesaikan masalah
dalam
kehidupan seharihari yang berkaitan dengan
penjumlahan
|
1
1
|
2, 6
4, 6
|
3, 5
2, 5
|
Anggota
Tubuh (jari).
Sekumpulan
benda yang dapat digunakan sebagai media penjumlahan
|
1.
Guru mengajak siswa untuk membilang 1 sampai
dengan 10 dengan menggunakan jari. Kegiatan ini diulang beberapa kali.
2.
Guru lalu menunjuk beberapa siswa secara acak.
Guru menyebutkan bilangannya, siswa menunjukkan dengan jari sesuai dengan
bilangan yang dimaksud. Sebaliknya, guru menunjukkan jari, siswa menyebut
bilangan yang sesuai dengan jari tersebut.
3.
Untuk menguatkan, guru meminta siswa mengamati
gambar di halaman
52. Siswa diminta menjawab pertanyaan
yang ada di teks bacaan di halaman 52 menggunakan jari.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar