Sabtu, 01 Oktober 2016

Bilangan dan Pengolahan Data (Buku Guru - Kurikulum 2013)

PENDIDIKAN MATEMATIKA 2
“MEMBEDAH BILANGAN DAN PENGOLAHAN DATA
KELAS I SEMESTER 1 TEMA 3”








Dosen Pengajar : Delia Indrawati M. Pd
Anggota Kelompok 1
Kelas B-2014
  1. Nisful Laila (14010644045)
  2. Rima Anggraini (14010644052)
  3. Dwi Mangesti P. R (14010644065)
  4. Deviana Putri A (14010644068)

PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA
2016




KD
INDIKATOR
TEMA
SUB TEMA
PEMBELAJARAN
MEDIA
CARA PEMBELAJARAN

3.1 Menjelaskan makna bilangan cacah sampai dengan 99 sebagai banyak anggota suatu kumpulan obyek.

3.2 Menjelaskan lambang bilangan sampai dua angka dan nilai tempat penyusun lambang bilangan menggunakan kumpulan benda konkret serta cara membacanya.


4.1 Menyajikan bilangan cacah sampai dengan 99 yang bersesuaian dengan banyak anggota kumpulan obyek yang disajikan

4.2 Menuliskan lambang bilangan sampai dua angka yang menyatakan banyak anggota suatu kumpulan obyek dengan ide nilai tempat


3.1.2 Membilang secara urut, bilangan 11 sampai dengan 20 dengan bantuan benda konkret




3.2.1 Mengenal lambang bilangan 11 sampai dengan 20 dengan tepat










4.1.2 Mengelompokkan benda sesuai dengan bilangan yang ditentukan (11 sampai dengan 20)


4.2.2 Menuliskan lambang bilangan 11 sampai dengan 20 dengan tepat


3
Kegiatanku
1
Kegiatan Pagi Hari
3
-     Kartu-kartu bilangan 11 sampai dengan 20
-     Kartu-kartu gambar benda yang menunjukkan bilangan 11 sampai dengan 20

-   Kali ini siswa diminta mengamati banyaknya benda-benda yang ada pada gambar.
-   Dengan bantuan gambar tersebut siswa belajar membilang benda berjumlah 20-11.
-   Untuk memperkuat pemahaman siswa guru dapat melakukan permainan menghitung benda menggunakan biji-bijian, manik-manik, batang kayu, kelereng, dan lain-lain.
-   Untuk memperkuat konsep guru melakukan permainan membentuk kelompok.
-   Caranya adalah guru menentukan suatu bilangan antara -11 20, lalu siswa berlomba membentuk kelompok dengan jumlah yang ditentukan guru.
-   Kelompok yang berhasil bisa diberikan reward oleh guru.
-   Selanjutnya siswa berlatih berhitung secara mandiri dengan mengerjakan lembar kerja.

             
3.1 Menjelaskan makna bilangan cacah sampai dengan 99 sebagai banyak anggota suatu kumpulan obyek.

3.2 Menjelaskan lambang bilangan sampai dua angka dan nilai tempat penyusun lambang bilangan menggunakan kumpulan benda konkret serta cara membacanya.

4.1 Menyajikan bilangan cacah sampai dengan 99 yang bersesuaian dengan banyak anggota kumpulan obyek yang disajikan

4.2 Menuliskan lambang bilangan sampai dua angka yang menyatakan banyak anggota suatu kumpulan obyek dengan ide nilai tempat

3.1.2 Membilang secara urut, bilangan 11 sampai dengan 20 dengan bantuan benda konkret




3.2.1 Mengenal lambang bilangan 11 sampai dengan 20 dengan tepat









4.1.2 Mengelompokkan benda sesuai dengan bilangan yang ditentukan (11 sampai dengan 20)





4.2.2 Menuliskan lambang bilangan 11 sampai dengan 20 dengan tepat


3
Kegiatanku
1
Kegiatan Pagi Hari
5
-   Buku teks
-   Media berhitung berupa benda konkret (block dine, lidi, biji2an, dll)
-   Kardus bekas
-   Kartu-kartu bilangan 11 sampai dengan 20

-   Setelah itu guru mengingatkan kembali tentang bilangan 11 sampai dengan 20 lewat permainan mengelompokkan benda-benda.
-   Guru menyiapkan 4 buah kardus (kardus kemasan bekas). Di dalam kardus itu guru sudah memasukkan 21 sendok plastik, 21 garpu plastik, 21 piring kertas, dan 21 gelas plastik. (Jumlah kelompok dan jumlah kardus dapat disesuaikan dengan kondisi kelas)
-   Siswa dibagi menjadi 4 kelompok. Masing-masing kelompok diberikan 1 kardus. Siswa duduk melingkari kardus masing-masing kelompok.
-   Guru menjelaskan prosedur permainannya, yaitu guru akan menginstruksikan kepada masing-masing kelompok untuk mengambil benda yang ada di dalam kardus sesuai dengan bilangan yang ditentukan guru.
-   Dalam hitungan 3 (atau dengan ditandai bunyi peluit) setiap kelompok akan memulai menghitung benda-benda sesuai permintaan guru. Kelompok yang benar akan mendapat 1 poin. Guru juga mencatat kelompok mana yang paling cepat selesai. Setelah itu guru melanjutkan dengan bilangan berikutnya (jika memungkinkan waktunya guru dapat memberikan soal dari semua bilangan 11 sampai dengan 20).
-   Selesai permainan siswa menyelesaikan lembar kerja tentang bilangan 11 sampai dengan 20 lambang dan urutannya.


3.1 Menjelaskan makna bilangan cacah sampai dengan 99 sebagai banyak anggota suatu kumpulan obyek.

3.2 Menjelaskan lambang bilangan sampai dua angka dan nilai tempat penyusun lambang bilangan menggunakan kumpulan benda konkret serta cara membacanya.

4.1 Menyajikan bilangan cacah sampai dengan 99 yang bersesuaian dengan banyak anggota kumpulan obyek yang disajikan

4.2 Menuliskan lambang bilangan sampai dua angka yang menyatakan banyak anggota suatu kumpulan obyek dengan ide nilai tempat


3.1.2 Membilang secara urut, bilangan 11 sampai dengan 20 dengan bantuan benda konkret




3.2.1 Mengenal lambang bilangan 11 sampai dengan 20 dengan tepat








4.1.2 Mengelompokkan benda sesuai dengan bilangan yang ditentukan (11 sampai dengan 20)





4.2.2 Menuliskan lambang bilangan 11 sampai dengan 20 dengan tepat


3
Kegiatanku
1
Kegiatan Pagi Hari
6
-   Media berhitung
-   Kartu-kartu bilangan 11 sampai dengan 20

-   Setelah diskusi siswa diminta berdiri. Guru meminta siswa membentuk kelompok sejumlah bilangan yang guru sebutkan.
-   Kelompok yang tidak berhasil membuat kelompok sejumlah yang ditentukan harus menyebutkan satu contoh perilaku yang sesuai dengan Pancasila.
-   Guru mengulang dengan bilangan yang berbeda. Kembali yang tidak berhasil membentuk kelompok sesuai jumlah yang ditentukan harus menyebutkan contoh perilaku yang sesuai dengan Pancasila.
-   Selanjutnya guru mengingatkan kembali tentang urutan bilangan dan cara menulis lambang bilangan 11 sampai dengan 20.
-   Beberapa siswa diminta maju ke depan untuk berlatih menuliskan lambang bilangan yang disebutkan oleh guru.
-   Kemudian guru membentuk kelompok.
-   Masing-masing kelompok diberikan beberapa kartu bilangan yang sama.
-   Guru mengadakan lomba adu cepat menyusun urutan bilangan (bisa urutan dari kecil ke besar atau sebaliknya)
-   Guru memberi aba-aba hitungan sebagai tanda untuk lomba dimulai.
-   Setiap kelompok menyusun kartu-kartu bilangan sesuai urutan yang ditentukan guru
-   Setelah siswa mengerti, guru meminta siswa menyelesaikan soal latihan yang ada di buku teks.
3.2 Menjelaskan lambang bilangan sampai dua angka dan nilai tempat penyusun lambang bilangan menggunakan kumpulan benda konkret serta cara membacanya.



4.2 Menuliskan lambang bilangan sampai dua angka yang menyatakan banyak anggota suatu kumpulan obyek dengan ide nilai tempat
3.2.6 Membaca nama bilangan 11 sampai 20










4.2.6 Menuliskan nama bilangan 11 sampai 20
3
Kegiatanku
2
Kegiatan Siang Hari
3
-   Kartu-kartu lambang bilangan 11 sampai dengan 20
-   Kartu-kartu nama bilangan 11 sampai dengan 20

-   Setelah siswa selesai berdiskusi guru melanjutkan pelajaran dengan menjelaskan tentang nama bilangan dan lambangnya.
-   Memantik ingatan siswa tentang bilangan 11 sampai dengan 20. Beberapa siswa diminta mengurutkan bilangan 11 sampai dengan 20, baik urutan dari yang paling kecil ke yang paling besar dan sebaliknya.
-   Setelah itu secara bergantian siswa diminta maju untuk menuliskan bilangan 11 sampai dengan 20 yang sudah mereka tahu. Di usahakan berurutan dari yang terkecil.
-   Lalu guru menuliskan nama bilangan dari bilangan-bilangan yang sudah dituliskan tersebut.
-   Guru meminta siswa melafalkan nama bilangan tersebut dengan suara yang nyaring.
-   Lalu secara acak guru meminta siswa melafalkannya satu persatu.
-   Kemudian guru menghapus nama-nama bilangan yang sudah dituliskan tersebut.
-   Lalu secara bergantian siswa maju ke depan menuliskan kembali nama-nama bilangan tersebut.
-   Setelah semua bilangan dituliskan namanya, guru kembali meminta seluruh siswa melafalkannya satu persatu.
-   Kemudian siswa diminta mengerjakan soal di lembar kerja yang ada pada buku teks.

3.2 Menjelaskan lambang bilangan sampai dua angka dan nilai tempat penyusun lambang bilangan menggunakan kumpulan benda konkret serta cara membacanya.


4.2 Menuliskan lambang bilangansampai dua angka yang menyatakan banyak anggota suatu kumpulan obyek dengan ide nilai tempat
3.2.9 Menentukan nilai tempat (satuan dan puluhan) bilangan terdiri dari dua angka (11 sampai dengan 20) dengan satuan benda konkret




4.2.9 Menuliskan bilangan terdiri dari dua angka (11 sampai dengan 20) sesuai dengan nilai tempat
3
Kegiatanku
2
Kegiatan siang hari
5
-   Media hitung dari benda-benda konkret (batang lidi, biji-bijian, sedotan, blok diene, dll)
-   Karet gelang
-   Kartu puluhan dan satuan
-   Papan tabel nilai tempatnya

-   Guru mengingatkan kembali tentang nama dan lambang bilangan 11 sampai dengan 20.
-   Siswa menyimak penjelasan guru tentang nilai tempat bilangan 11 sampai dengan 20.
-   Guru mengambil 11 batang lidi. Lalu guru mengikat 10 batang lidi dengan karet. Sisa 1 batang lidi. Lalu guru menjelaskan bahwa 11 itu terdiri dari 1 puluhan dan 1 satuan.
-   Guru menggambarkan dan menuliskannya di papan tulis. Setelah itu guru mengambil 15 batang lidi lainnya. Guru mengikat sepuluh batang lidi dan membiarkan 5 batang lidi lainnya.
-   Guru kembali menjelaskan bahwa 15 itu terdiri dari 1 puluhan dan 5 satuan. Begitu se­terusnya sampai guru yakin siswa mema­hami tentang nilai tempat.
-   Kemudian guru meminta beberapa siswa maju ke depan untuk melakukan seperti yang guru lakukan, dengan banyak lidi yang guru tentukan.
-   Setelah itu guru meminta siswa meny­iapkan batang lidi yang mereka bawa. Guru memberikan karet kepada masing-masing siswa.
-   Setelah siswa siap, guru menyebut satu bilangan, lalu siswa mengambil lidi se­jumlah bilangan tersebut. Setelah itu, siswa diminta mengikat sepuluh batang lidi dengan karet dan membiarkan lain­nya. Kemudian siswa diminta menyebut­kan nilai tempat bilangannya. Ini dilaku­kan guru hingga 5 kali.
-   Selanjutnya, untuk memperkuat konsep nilai tempat guru melakukan permainan adu cepat menentukan nilai tempat di tabel nilai tempat. Guru menyebutkan suatu bilangan. Siswa memilih kartu bilangan sesuai yang disebutkan oleh guru dan meletakkan di tempat bilangan
-   Setelah itu masing-masing kelompok harus menentukan angka yang tepat di tempat puluhan dan di tempat satuan.
-   Selesai permainan siswa menyelesaikan lembar kerja tentang bilangan 11-20 lam­bang dan urutannya.

3.2 Menjelaskan lambang bilangan sampai dua angka dan nilai tempat penyusun lambang bilangan menggunakan kumpulan benda konkret serta cara membacanya.


4.2 Menuliskan lambang bilangan sampai dua angka yang menyatakan banyak anggota suatu kumpulan obyek dengan ide nilai tempat

3.2.9 Menentukan nilai tempat (satuan dan puluhan) bilangan terdiri dari dua angka (11 sampai 20) dengan batuan benda konkret




4.2.2 Menuliskan bilangan terdiri dari dua angka (11 sampai 20) sesuai dengan nilai tempat

3
Kegiatanku
2
Kegiatan siang hari
6
-       Gambar grafik batang dengan data tertentu

-   Setelah diskusi siswa diminta membentuk kelompok.
-   Guru mengadakan permainan adu cepat menentukan bilangan berdasarkan angka nilai tempat yang guru sebutkan
-   Misalnya guru menyebutkan nilai tempat bilangan sebagai berikut: 1 puluhan dan 5 satuan. Lalu perwakilan kelompok memilih kartu bilangan yang tepat dan menyodorkannya ke guru.
-   Setelah siswa mengerti, guru meminta siswa menyelesaikan soal latihan yang ada di buku teks.
3.3Membandingkan dua bilangan sampai dua angka dengan menggunakan kumpulan benda-benda konkret











4.3 Mengurutkan bilangan-bilangan sampai dua angka dari bilangan terkecil ke bilangan terbesar atau sebaliknya dengan menggunakan kumpulan benda-benda konkret
3.3.2 Membandingkan banyak dua kelompok benda dengan istilah lebih banyak, lebih sedikit atau sama banyak

3.3.6 Membandingkan dua bilangan dengan istilah lebih dari, kurang dari, atau sama dengan (11 sampai 20)

4.3.2 Mengurutkan bilangan berdasarkan banyak objek.
4.3.6 Menggunakan konsep lebih dari, kurang dari, dan sama dengan secara tepat untuk membandingkan 2 bilangan (11 sampai 20)
3
Kegiatanku
3
Kegiatan Sore Hari
3
-   Media hitung dari benda-benda konkret
-   Kartu-kartu lambang bilangan 11 sampai 20
-   Kartu-kartu nama bilangan 11 sampai 20

-   Setelah siswa selesai berdiskusi guru melanjutkan pelajaran tentang bagaimana membandingkan banyaknya benda.
-   Memantik ingatan siswa tentang bilangan 20-11. Beberapa siswa diminta mengurutkan bilangan 20-11, baik urutan dari yang paling kecil ke yang paling besar dan sebaliknya.
-   Setelah itu guru meminta 2 orang siswa maju ke depan kelas. Masing-masing diberikan sekelompok benda dengan jumlah yang berbeda oleh guru.
-   Lalu masing-masing siswa menghitung benda yang diberikan guru. Siswa diminta menghitung dengan keras agar teman yang lain mendengar.
-   Masing-masing siswa diminta menuliskan banyaknya benda masing-masing dengan lambang bilangan yang sesuai.
-   Kemudian guru mengajukan pertanyaan kepada siswa untuk membandingkan mana yang lebih banyak dan mana yang lebih sedikit.
-   Guru mengulang kegiatan ini beberapa kali sampai semua siswa memahaminya.
-   Lalu guru menjelaskan bahwa dengan melihat lambang bilangannya kita bisa menentukan mana yang lebih besar dan mana yang lebih kecil.
-   Kemudian siswa diminta mengerjakan soal di lembar kerja yang ada pada buku teks.

3.3Membandingkan dua bilangan sampai dua angka dengan menggunakan kumpulan benda-benda konkret











4.3 Mengurutkan bilangan-bilangan sampai dua angka dari bilangan terkecil ke bilangan terbesar atau sebaliknya dengan menggunakan kumpulan benda-benda konkret
3.3.2 Membandingkan banyak dua kelompok benda dengan istilah lebih banyak, lebih sedikit atau sama banyak

3.3.6 Membandingkan dua bilangan dengan istilah lebih dari, kurang dari, atau sama dengan (11-20)


4.3.2 Mengurutkan bilangan berdasarkan banyak objek.



4.3.6 Menggunakan konsep lebih dari, kurang dari, dan sama dengan secara tepat pada bilangan 11-20

3
Kegiatanku
3
Kegiatan sore hari
5
-   Media hitung berupa benda-benda konkret (biji, kelereng, lidi, dll)
-   Kartu-kartu bergambar kumpulan benda
-   Dan kartu bergambar lainnya seperti yg dicontohkan pada buku siswa
-   Kartu-kartu bilangan 11-20 beberapa set (sesuai kebutuhan)
-   Dan seterusnya sampai 20
-   Guru menempelkan 2 buah kartu ber­gambar di papan tulis. Kemudian guru meminta dua orang siswa maju ke depan untuk menghitung banyaknya kumpulan benda dalam masing-masing kartu ber­gambar. Lalu siswa diminta mengambil satu kartu bilangan yang sesuai dengan banyak gambar pada kartu bergambar tersebut.
-   Setelah siswa menempelkan kartu bilan­gan guru meminta siswa menentukan mana yang lebih banyak dan mana yang lebih sedikit. Hal ini dilakukan beberapa kali. Termasuk bagaimana menunjukkan kumpulan benda yang sama banyak.
3.3Membandingkan dua bilangan sampai dua angka dengan menggunakan kumpulan benda-benda konkret



4.3 Mengurutkan bilangan-bilangan sampai dua angka dari bilangan terkecil ke bilangan terbesar atau sebaliknya dengan menggunakan kumpulan benda-benda konkret

3.3.6 Membandingkan dua bilangan dengan istilah lebih dari, kurang dari, atau sama dengan (11 sampai 20)



4.3.6 Menggunakan konsep lebih dari, kurang dari, dan sama dengan secara tepat pada bilangan 11 sampai 20

3
Kegiatanku
3
Kegiatan sore hari
6
-   Gambar grafik batang dengan data tertentu

-   Guru mengadakan permainan adu cepat menentukan bilangan lebih besar, lebih kecil, atau sama dengan.
-   Caranya, guru menunjukkan satu kartu bilangan (11 sampai 20). Lalu guru menunjuk siswa tertentu untuk menyebutkan bilangan yang lebih besar, lebih kecil, atau sama dengan bilangan yang diperlihatkan guru.
-   Guru melakukan hal ini beberapa kali sampai siswa memahami. Kemudian guru memperkenalkan simbol (<, >, atau =)
-   Setelah siswa mengerti, guru meminta siswa menyelesaikan soal latihan yang ada di buku teks.
3.3 Menjelaskan dan melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan yang melibatkan bilangan cacah sampai dengan 99 dalam kehidupan sehari-hari serta mengaitkan penjumlahan dan pengurangan






4.4 Menyelesaikan masalah kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan bilangan yang melibatkan bilangan cacah sampai dengan 99

3.4.2 Mengidentifikasi masalah sehari-hari yang melibatkan penjumlahan (bilangan 11 sampai dengan 20)

3.4.6 Melakukan penjumlahan dua bilangan dengan hasil maksimal 20 dengan teknik tanpa menyimpan dengan bantuan benda konkret.


4.4.1 Menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari yang melibatkan penjumlahan
3
Kegiatanku
4
Kegiatan Malam Hari
3
-   Media hitung dari benda-benda konkret
-   Kaleng atau wadah lainnya

-   Setelah siswa selesai berdiskusi guru melanjutkan pelajaran tentang pemecahan masalah sehar-hari yang melibatkan penjumlahan,
-   Guru mengambil beberapa spidol dan menunjukkan berapa banyaknya kepada siswa dan menuliskan bilangannya di papan tulis. Lalu spidol itu dimasukkan kedalam sebuah kaleng./wadah lain
-   Kemudian guru mengambil lagi beberapa spidol dan menghitung banyaknya dan menuliskan lambang bilangannya di papan tulis. Lalu spidol itupun dimasukkan ke dalam kaleng yang sama.
-   Setelah itu guru bersama siswa menghitung jumlah spidol yang ada di dalam kaleng/wadah.
-    Guru melakukan hal ini beberapa kali dengan media yang berbeda, sampai siswa memahami tentang konsep penjumlahan.
-   Untuk melihat pemahaman siswa, mereka diminta mengerjakan soal yang telah disiapkan oleh guru.

3.7 Mengenal kosakata yang berkaitan dengan peristiwa siang dan malam melalui teks pendek (berupa gambar, slogan sederhana, tulisan, dan atau syair lagu)


4.7 Menjelaskan kosa kata Bahasa Indonesia dan ejaan yang tepat terkait peristiwa siang dan malam dalam teks tulis dan gambar


3.7.10 Mengidentifikasi kalimat yang menggunakan kosakata tentang kegiatan malam hari sebagai bagian dari peristiwa siang dan malam dengan tepat.




4.7.10 Menggunakan kosa kata terkait kegiatan malam hari dalam menyusun kalimat/cerita

3
Kegiatanku

4
Kegiatan malam hari

5

-   Media hitung berupa benda-benda konkret (biji, kelereng, lidi, dll)


-   Guru mengambil sebuah kaleng berisi beberapa spidol dan menunjukkan berapa banyaknya kepada siswa dan menuliskan bilangannya di papan tulis.
-   Kemudian guru mengambil l beberapa spidol dari dalam kaleng dan menghitung banyaknya dan menuliskan lambang bilangannya di papan tulis.
-   Setelah itu guru bersama siswa menghitung jumlah spidol yang masih ada di dalam kaleng/ wadah. Guru melakukan hal ini beberapa kali dengan media yang berbeda, sampai siswa memahami tentang konsep pengurangan.
-   Guru juga memberi penjelasan tentang pengurangan 2 kumpulan benda yang sama banyak akan menghasilkan bilangan 0.
-   Untuk melihat pemahaman siswa, mereka diminta mengerjakan soal yang telah disiapkan oleh guru.

3.3 Menjelaskan dan melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan yang melibatkan bilangan cacah sampai dengan 99 dalam kehidupan sehari-hari serta mengaitkan penjumlahan dan pengurangan

4.4 Menyelesaikan masalah kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan bilangan yang melibatkan bilangan cacah sampai dengan 99












4.4.1 Menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari yang melibatkan penjumlahan

4.4.2 Menyelesaikan masalah sehari-hari yang melibatkan pengurangan
3
Kegiatanku
4
Kegiatan malam hari
6
-   Buku teks
-   Lembar latihan

-   Guru membentuk siswa menjadi 5 kelompok.
-   Guru menyiapkan 5 pos soal yang masing-masing terdapat 1 soal cerita terkait dengan penjumlahan/ pengurangan.
-   Masing-masing kelompok akan mendapat nomor urutan pos yang soalnya akan mereka kerjakan terlebih dahulu.
-   Jika kelompok itu dapat nomor 3 makan kelompok teresebut mengerjakan soal di pos 3 terlebih dahulu. Setelah selesai di pos 3 kelompok tersebut bergeser ke pos 4 dst. Seterusnya siklusnya seperti itu.
-   Sampai batas waktu yang diberikan semua kelompok berkeliling dari 1 pos soal ke pos lainnya. Kelompok yang tercepat dan hasil kerjanya


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

RPPH Kelompok Bermain Tema Diriku Sub Tema Anggota Tubuhku Minggu Ke-4 Hari Ke-4

Tidak ada "RPPH Kelompok Bermain Tema Diriku Sub Tema Anggota Tubuhku Minggu Ke-4 Hari Ke-4" dikarenakan KB tempat saya mengajar l...