PENDIDIKAN MATEMATIKA 2
“MEMBEDAH BILANGAN DAN PENGOLAHAN DATA
KELAS I SEMESTER 1 TEMA 3”
Dosen Pengajar : Delia Indrawati M. Pd
Anggota Kelompok 1
Kelas B-2014
- Nisful Laila (14010644045)
- Rima Anggraini (14010644052)
- Dwi Mangesti P. R (14010644065)
- Deviana Putri A (14010644068)
PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA
2016
KD
|
INDIKATOR
|
TEMA
|
SUB
TEMA
|
PEMBELAJARAN
|
MEDIA
|
CARA
PEMBELAJARAN
|
3.1 Menjelaskan makna bilangan
cacah sampai dengan 99 sebagai banyak anggota suatu kumpulan obyek.
3.2 Menjelaskan lambang
bilangan sampai dua angka dan nilai tempat penyusun lambang bilangan
menggunakan kumpulan benda konkret serta cara membacanya.
4.1 Menyajikan bilangan cacah
sampai dengan 99 yang bersesuaian dengan banyak anggota kumpulan obyek yang
disajikan
4.2
Menuliskan lambang bilangan sampai dua angka yang menyatakan banyak anggota
suatu kumpulan obyek dengan ide nilai tempat
|
3.1.2 Membilang secara urut,
bilangan 11 sampai dengan 20 dengan bantuan benda konkret
3.2.1 Mengenal lambang bilangan
11 sampai dengan 20 dengan tepat
4.1.2 Mengelompokkan benda
sesuai dengan bilangan yang ditentukan (11 sampai dengan 20)
4.2.2
Menuliskan lambang bilangan 11 sampai dengan 20 dengan tepat
|
3
Kegiatanku
|
1
Kegiatan Pagi Hari
|
3
|
- Kartu-kartu bilangan 11 sampai dengan 20
-
Kartu-kartu
gambar benda yang menunjukkan bilangan 11 sampai dengan 20
|
- Kali ini siswa diminta mengamati banyaknya benda-benda yang
ada pada gambar.
- Dengan bantuan gambar tersebut siswa belajar membilang
benda berjumlah 20-11.
-
Untuk
memperkuat pemahaman siswa guru dapat melakukan permainan menghitung benda
menggunakan biji-bijian, manik-manik, batang kayu, kelereng, dan lain-lain.
- Untuk memperkuat konsep guru melakukan permainan membentuk
kelompok.
- Caranya adalah guru menentukan suatu bilangan antara -11
20, lalu siswa berlomba membentuk kelompok dengan jumlah yang ditentukan
guru.
- Kelompok yang berhasil bisa diberikan reward oleh guru.
-
Selanjutnya
siswa berlatih berhitung secara mandiri dengan mengerjakan lembar kerja.
|
3.1 Menjelaskan makna bilangan
cacah sampai dengan 99 sebagai banyak anggota suatu kumpulan obyek.
3.2 Menjelaskan lambang
bilangan sampai dua angka dan nilai tempat penyusun lambang bilangan
menggunakan kumpulan benda konkret serta cara membacanya.
4.1 Menyajikan bilangan cacah
sampai dengan 99 yang bersesuaian dengan banyak anggota kumpulan obyek yang
disajikan
4.2 Menuliskan lambang bilangan sampai
dua angka yang menyatakan banyak anggota suatu kumpulan obyek dengan ide
nilai tempat
|
3.1.2 Membilang secara urut,
bilangan 11 sampai dengan 20 dengan bantuan benda konkret
3.2.1 Mengenal lambang bilangan
11 sampai dengan 20 dengan tepat
4.1.2 Mengelompokkan benda
sesuai dengan bilangan yang ditentukan (11 sampai dengan 20)
4.2.2
Menuliskan lambang bilangan 11 sampai dengan 20 dengan tepat
|
3
Kegiatanku
|
1
Kegiatan Pagi Hari
|
5
|
-
Buku
teks
-
Media
berhitung berupa benda konkret (block dine, lidi, biji2an, dll)
-
Kardus
bekas
-
Kartu-kartu
bilangan 11 sampai dengan 20
|
- Setelah itu guru mengingatkan kembali tentang bilangan 11
sampai dengan 20 lewat permainan mengelompokkan benda-benda.
- Guru menyiapkan 4 buah kardus (kardus kemasan bekas). Di
dalam kardus itu guru sudah memasukkan 21 sendok plastik, 21 garpu plastik,
21 piring kertas, dan 21 gelas plastik. (Jumlah kelompok dan jumlah kardus
dapat disesuaikan dengan kondisi kelas)
- Siswa dibagi menjadi 4 kelompok. Masing-masing kelompok
diberikan 1 kardus. Siswa duduk melingkari kardus masing-masing kelompok.
- Guru menjelaskan prosedur permainannya, yaitu guru akan
menginstruksikan kepada masing-masing kelompok untuk mengambil benda yang ada
di dalam kardus sesuai dengan bilangan yang ditentukan guru.
- Dalam hitungan 3 (atau dengan ditandai bunyi peluit) setiap
kelompok akan memulai menghitung benda-benda sesuai permintaan guru. Kelompok
yang benar akan mendapat 1 poin. Guru juga mencatat kelompok mana yang paling
cepat selesai. Setelah itu guru melanjutkan dengan bilangan berikutnya (jika
memungkinkan waktunya guru dapat memberikan soal dari semua bilangan 11
sampai dengan 20).
- Selesai permainan siswa menyelesaikan lembar kerja tentang
bilangan 11 sampai dengan 20 lambang dan urutannya.
|
3.1 Menjelaskan makna bilangan
cacah sampai dengan 99 sebagai banyak anggota suatu kumpulan obyek.
3.2 Menjelaskan lambang
bilangan sampai dua angka dan nilai tempat penyusun lambang bilangan
menggunakan kumpulan benda konkret serta cara membacanya.
4.1 Menyajikan bilangan cacah
sampai dengan 99 yang bersesuaian dengan banyak anggota kumpulan obyek yang
disajikan
4.2 Menuliskan lambang bilangan sampai
dua angka yang menyatakan banyak anggota suatu kumpulan obyek dengan ide
nilai tempat
|
3.1.2 Membilang secara urut,
bilangan 11 sampai dengan 20 dengan bantuan benda konkret
3.2.1 Mengenal lambang bilangan
11 sampai dengan 20 dengan tepat
4.1.2 Mengelompokkan benda
sesuai dengan bilangan yang ditentukan (11 sampai dengan 20)
4.2.2
Menuliskan lambang bilangan 11 sampai dengan 20 dengan tepat
|
3
Kegiatanku
|
1
Kegiatan Pagi Hari
|
6
|
- Media berhitung
-
Kartu-kartu
bilangan 11 sampai dengan 20
|
- Setelah diskusi siswa diminta berdiri. Guru meminta siswa
membentuk kelompok sejumlah bilangan yang guru sebutkan.
-
Kelompok
yang tidak berhasil membuat kelompok sejumlah yang ditentukan harus
menyebutkan satu contoh perilaku yang sesuai dengan Pancasila.
-
Guru
mengulang dengan bilangan yang berbeda. Kembali yang tidak berhasil membentuk
kelompok sesuai jumlah yang ditentukan harus menyebutkan contoh perilaku yang
sesuai dengan Pancasila.
-
Selanjutnya
guru mengingatkan kembali tentang urutan bilangan dan cara menulis lambang
bilangan 11 sampai dengan 20.
- Beberapa siswa diminta maju ke depan untuk berlatih
menuliskan lambang bilangan yang disebutkan oleh guru.
- Kemudian guru membentuk kelompok.
- Masing-masing kelompok diberikan beberapa kartu bilangan
yang sama.
- Guru mengadakan lomba adu cepat menyusun urutan bilangan
(bisa urutan dari kecil ke besar atau sebaliknya)
- Guru memberi aba-aba hitungan sebagai tanda untuk lomba
dimulai.
- Setiap kelompok menyusun kartu-kartu bilangan sesuai urutan
yang ditentukan guru
-
Setelah
siswa mengerti, guru meminta siswa menyelesaikan soal latihan yang ada di
buku teks.
|
3.2 Menjelaskan lambang
bilangan sampai dua angka dan nilai tempat penyusun lambang bilangan
menggunakan kumpulan benda konkret serta cara membacanya.
4.2 Menuliskan lambang bilangan sampai
dua angka yang menyatakan banyak anggota suatu kumpulan obyek dengan ide
nilai tempat
|
3.2.6 Membaca nama bilangan 11
sampai 20
4.2.6 Menuliskan nama bilangan 11
sampai 20
|
3
Kegiatanku
|
2
Kegiatan Siang Hari
|
3
|
-
Kartu-kartu
lambang bilangan 11 sampai dengan 20
-
Kartu-kartu
nama bilangan 11 sampai dengan 20
|
- Setelah
siswa selesai berdiskusi guru melanjutkan pelajaran dengan menjelaskan
tentang nama bilangan dan lambangnya.
- Memantik
ingatan siswa tentang bilangan 11 sampai dengan 20. Beberapa siswa diminta
mengurutkan bilangan 11 sampai dengan 20, baik urutan dari yang paling kecil
ke yang paling besar dan sebaliknya.
- Setelah
itu secara bergantian siswa diminta maju untuk menuliskan bilangan 11 sampai
dengan 20 yang sudah mereka tahu. Di usahakan berurutan dari yang terkecil.
- Lalu
guru menuliskan nama bilangan dari bilangan-bilangan yang sudah dituliskan
tersebut.
- Guru
meminta siswa melafalkan nama bilangan tersebut dengan suara yang nyaring.
- Lalu
secara acak guru meminta siswa melafalkannya satu persatu.
- Kemudian
guru menghapus nama-nama bilangan yang sudah dituliskan tersebut.
- Lalu
secara bergantian siswa maju ke depan menuliskan kembali nama-nama bilangan
tersebut.
- Setelah
semua bilangan dituliskan namanya, guru kembali meminta seluruh siswa
melafalkannya satu persatu.
- Kemudian
siswa diminta mengerjakan soal di lembar kerja yang ada pada buku teks.
|
3.2 Menjelaskan lambang
bilangan sampai dua angka dan nilai tempat penyusun lambang bilangan
menggunakan kumpulan benda konkret serta cara membacanya.
4.2 Menuliskan lambang bilangansampai
dua angka yang menyatakan banyak anggota suatu kumpulan obyek dengan ide
nilai tempat
|
3.2.9 Menentukan nilai tempat
(satuan dan puluhan) bilangan terdiri dari dua angka (11 sampai dengan 20)
dengan satuan benda konkret
4.2.9 Menuliskan bilangan terdiri dari
dua angka (11 sampai dengan 20) sesuai dengan nilai tempat
|
3
Kegiatanku
|
2
Kegiatan siang hari
|
5
|
-
Media
hitung dari benda-benda konkret (batang lidi, biji-bijian, sedotan, blok
diene, dll)
-
Karet
gelang
-
Kartu
puluhan dan satuan
-
Papan
tabel nilai tempatnya
|
- Guru mengingatkan kembali tentang nama dan lambang bilangan
11 sampai dengan 20.
- Siswa menyimak penjelasan guru tentang nilai tempat
bilangan 11 sampai dengan 20.
- Guru mengambil 11 batang lidi. Lalu guru mengikat 10 batang
lidi dengan karet. Sisa 1 batang lidi. Lalu guru menjelaskan bahwa 11 itu
terdiri dari 1 puluhan dan 1 satuan.
- Guru menggambarkan dan menuliskannya di papan tulis.
Setelah itu guru mengambil 15 batang lidi lainnya. Guru mengikat sepuluh
batang lidi dan membiarkan 5 batang lidi lainnya.
- Guru kembali menjelaskan bahwa 15 itu terdiri dari 1
puluhan dan 5 satuan. Begitu seterusnya sampai guru yakin siswa memahami
tentang nilai tempat.
- Kemudian guru meminta beberapa siswa maju ke depan untuk
melakukan seperti yang guru lakukan, dengan banyak lidi yang guru tentukan.
- Setelah itu guru meminta siswa menyiapkan batang lidi yang
mereka bawa. Guru memberikan karet kepada masing-masing siswa.
- Setelah siswa siap, guru menyebut satu bilangan, lalu siswa
mengambil lidi sejumlah bilangan tersebut. Setelah itu, siswa diminta
mengikat sepuluh batang lidi dengan karet dan membiarkan lainnya. Kemudian
siswa diminta menyebutkan nilai tempat bilangannya. Ini dilakukan guru hingga
5 kali.
- Selanjutnya, untuk memperkuat konsep nilai tempat guru
melakukan permainan adu cepat menentukan nilai tempat di tabel nilai tempat.
Guru menyebutkan suatu bilangan. Siswa memilih kartu bilangan sesuai yang
disebutkan oleh guru dan meletakkan di tempat bilangan
- Setelah itu masing-masing kelompok harus menentukan angka
yang tepat di tempat puluhan dan di tempat satuan.
- Selesai permainan siswa menyelesaikan lembar kerja tentang
bilangan 11-20 lambang dan urutannya.
|
3.2 Menjelaskan lambang
bilangan sampai dua angka dan nilai tempat penyusun lambang bilangan
menggunakan kumpulan benda konkret serta cara membacanya.
4.2 Menuliskan lambang bilangan sampai
dua angka yang menyatakan banyak anggota suatu kumpulan obyek dengan ide
nilai tempat
|
3.2.9 Menentukan nilai tempat
(satuan dan puluhan) bilangan terdiri dari dua angka (11 sampai 20) dengan
batuan benda konkret
4.2.2 Menuliskan bilangan terdiri dari
dua angka (11 sampai 20) sesuai dengan nilai tempat
|
3
Kegiatanku
|
2
Kegiatan siang hari
|
6
|
-
Gambar
grafik batang dengan data tertentu
|
- Setelah
diskusi siswa diminta membentuk kelompok.
- Guru
mengadakan permainan adu cepat menentukan bilangan berdasarkan angka nilai
tempat yang guru sebutkan
- Misalnya
guru menyebutkan nilai tempat bilangan sebagai berikut: 1 puluhan dan 5
satuan. Lalu perwakilan kelompok memilih kartu bilangan yang tepat dan
menyodorkannya ke guru.
- Setelah
siswa mengerti, guru meminta siswa menyelesaikan soal latihan yang ada di
buku teks.
|
3.3Membandingkan dua bilangan
sampai dua angka dengan menggunakan kumpulan benda-benda konkret
4.3 Mengurutkan bilangan-bilangan
sampai dua angka dari bilangan terkecil ke bilangan terbesar atau sebaliknya
dengan menggunakan kumpulan benda-benda konkret
|
3.3.2 Membandingkan banyak dua
kelompok benda dengan istilah lebih banyak, lebih sedikit atau sama banyak
3.3.6 Membandingkan dua
bilangan dengan istilah lebih dari, kurang dari, atau sama dengan (11 sampai 20)
4.3.2 Mengurutkan bilangan
berdasarkan banyak objek.
4.3.6 Menggunakan konsep lebih dari,
kurang dari, dan sama dengan secara tepat untuk membandingkan 2 bilangan (11
sampai 20)
|
3
Kegiatanku
|
3
Kegiatan Sore Hari
|
3
|
-
Media
hitung dari benda-benda konkret
- Kartu-kartu lambang bilangan 11 sampai 20
-
Kartu-kartu
nama bilangan 11 sampai 20
|
- Setelah
siswa selesai berdiskusi guru melanjutkan pelajaran tentang bagaimana
membandingkan banyaknya benda.
- Memantik ingatan siswa tentang bilangan 20-11. Beberapa
siswa diminta mengurutkan bilangan 20-11, baik urutan dari yang paling kecil
ke yang paling besar dan sebaliknya.
- Setelah itu guru meminta 2 orang siswa maju ke depan kelas.
Masing-masing diberikan sekelompok benda dengan jumlah yang berbeda oleh
guru.
- Lalu masing-masing siswa menghitung benda yang diberikan
guru. Siswa diminta menghitung dengan keras agar teman yang lain mendengar.
- Masing-masing siswa diminta menuliskan banyaknya benda
masing-masing dengan lambang bilangan yang sesuai.
- Kemudian guru mengajukan pertanyaan kepada siswa untuk
membandingkan mana yang lebih banyak dan mana yang lebih sedikit.
- Guru mengulang kegiatan ini beberapa kali sampai semua
siswa memahaminya.
- Lalu guru menjelaskan bahwa dengan melihat lambang
bilangannya kita bisa menentukan mana yang lebih besar dan mana yang lebih
kecil.
- Kemudian siswa diminta mengerjakan soal di lembar kerja
yang ada pada buku teks.
|
3.3Membandingkan dua bilangan
sampai dua angka dengan menggunakan kumpulan benda-benda konkret
4.3 Mengurutkan bilangan-bilangan
sampai dua angka dari bilangan terkecil ke bilangan terbesar atau sebaliknya
dengan menggunakan kumpulan benda-benda konkret
|
3.3.2 Membandingkan banyak dua
kelompok benda dengan istilah lebih banyak, lebih sedikit atau sama banyak
3.3.6 Membandingkan dua
bilangan dengan istilah lebih dari, kurang dari, atau sama dengan (11-20)
4.3.2 Mengurutkan bilangan
berdasarkan banyak objek.
4.3.6 Menggunakan konsep lebih dari,
kurang dari, dan sama dengan secara tepat pada bilangan 11-20
|
3
Kegiatanku
|
3
Kegiatan sore hari
|
5
|
- Media hitung berupa benda-benda konkret (biji, kelereng,
lidi, dll)
- Kartu-kartu bergambar kumpulan benda
-
Dan kartu
bergambar lainnya seperti yg dicontohkan pada buku siswa
- Kartu-kartu bilangan 11-20 beberapa set (sesuai kebutuhan)
-
Dan seterusnya
sampai 20
|
- Guru menempelkan 2 buah kartu bergambar di papan tulis.
Kemudian guru meminta dua orang siswa maju ke depan untuk menghitung
banyaknya kumpulan benda dalam masing-masing kartu bergambar. Lalu siswa
diminta mengambil satu kartu bilangan yang sesuai dengan banyak gambar pada
kartu bergambar tersebut.
- Setelah siswa menempelkan kartu bilangan guru meminta
siswa menentukan mana yang lebih banyak dan mana yang lebih sedikit. Hal ini
dilakukan beberapa kali. Termasuk bagaimana menunjukkan kumpulan benda yang
sama banyak.
|
3.3Membandingkan dua bilangan
sampai dua angka dengan menggunakan kumpulan benda-benda konkret
4.3 Mengurutkan bilangan-bilangan
sampai dua angka dari bilangan terkecil ke bilangan terbesar atau sebaliknya
dengan menggunakan kumpulan benda-benda konkret
|
3.3.6 Membandingkan dua
bilangan dengan istilah lebih dari, kurang dari, atau sama dengan (11 sampai
20)
4.3.6 Menggunakan konsep lebih dari,
kurang dari, dan sama dengan secara tepat pada bilangan 11 sampai 20
|
3
Kegiatanku
|
3
Kegiatan sore hari
|
6
|
-
Gambar
grafik batang dengan data tertentu
|
-
Guru mengadakan permainan adu cepat
menentukan bilangan lebih besar, lebih kecil, atau sama dengan.
-
Caranya, guru menunjukkan satu kartu
bilangan (11 sampai 20). Lalu guru menunjuk siswa tertentu untuk menyebutkan
bilangan yang lebih besar, lebih kecil, atau sama dengan bilangan yang
diperlihatkan guru.
-
Guru melakukan hal ini beberapa kali
sampai siswa memahami. Kemudian guru memperkenalkan simbol (<, >, atau
=)
-
Setelah siswa mengerti, guru meminta
siswa menyelesaikan soal latihan yang ada di buku teks.
|
3.3 Menjelaskan dan melakukan
penjumlahan dan pengurangan bilangan yang melibatkan bilangan cacah sampai
dengan 99 dalam kehidupan sehari-hari serta mengaitkan penjumlahan dan
pengurangan
4.4 Menyelesaikan masalah kehidupan
sehari-hari yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan bilangan yang
melibatkan bilangan cacah sampai dengan 99
|
3.4.2 Mengidentifikasi masalah
sehari-hari yang melibatkan penjumlahan (bilangan 11 sampai dengan 20)
3.4.6 Melakukan penjumlahan dua
bilangan dengan hasil maksimal 20 dengan teknik tanpa menyimpan dengan
bantuan benda konkret.
4.4.1 Menyelesaikan masalah dalam
kehidupan sehari-hari yang melibatkan penjumlahan
|
3
Kegiatanku
|
4
Kegiatan Malam Hari
|
3
|
-
Media
hitung dari benda-benda konkret
-
Kaleng
atau wadah lainnya
|
-
Setelah
siswa selesai berdiskusi guru melanjutkan pelajaran tentang pemecahan masalah
sehar-hari yang melibatkan penjumlahan,
- Guru mengambil beberapa spidol dan menunjukkan berapa
banyaknya kepada siswa dan menuliskan bilangannya di papan tulis. Lalu spidol
itu dimasukkan kedalam sebuah kaleng./wadah lain
- Kemudian guru mengambil lagi beberapa spidol dan menghitung
banyaknya dan menuliskan lambang bilangannya di papan tulis. Lalu spidol
itupun dimasukkan ke dalam kaleng yang sama.
- Setelah itu guru bersama siswa menghitung jumlah spidol
yang ada di dalam kaleng/wadah.
-
Guru melakukan hal ini beberapa kali dengan
media yang berbeda, sampai siswa memahami tentang konsep penjumlahan.
-
Untuk
melihat pemahaman siswa, mereka diminta mengerjakan soal yang telah disiapkan
oleh guru.
|
3.7 Mengenal kosakata yang
berkaitan dengan peristiwa siang dan malam melalui teks pendek (berupa
gambar, slogan sederhana, tulisan, dan atau syair lagu)
4.7 Menjelaskan kosa kata Bahasa
Indonesia dan ejaan yang tepat terkait peristiwa siang dan malam dalam teks
tulis dan gambar
|
3.7.10 Mengidentifikasi kalimat
yang menggunakan kosakata tentang kegiatan malam hari sebagai bagian dari
peristiwa siang dan malam dengan tepat.
4.7.10 Menggunakan kosa kata terkait
kegiatan malam hari dalam menyusun kalimat/cerita
|
3
Kegiatanku
|
4
Kegiatan malam hari
|
5
|
-
Media
hitung berupa benda-benda konkret (biji, kelereng, lidi, dll)
|
- Guru mengambil sebuah kaleng berisi beberapa spidol dan
menunjukkan berapa banyaknya kepada siswa dan menuliskan bilangannya di papan
tulis.
- Kemudian guru mengambil l beberapa spidol dari dalam kaleng
dan menghitung banyaknya dan menuliskan lambang bilangannya di papan tulis.
- Setelah itu guru bersama siswa menghitung jumlah spidol
yang masih ada di dalam kaleng/ wadah. Guru melakukan hal ini beberapa kali
dengan media yang berbeda, sampai siswa memahami tentang konsep pengurangan.
- Guru juga memberi penjelasan tentang pengurangan 2 kumpulan
benda yang sama banyak akan menghasilkan bilangan 0.
- Untuk melihat pemahaman siswa, mereka diminta mengerjakan
soal yang telah disiapkan oleh guru.
|
3.3 Menjelaskan dan melakukan
penjumlahan dan pengurangan bilangan yang melibatkan bilangan cacah sampai
dengan 99 dalam kehidupan sehari-hari serta mengaitkan penjumlahan dan
pengurangan
4.4 Menyelesaikan masalah kehidupan
sehari-hari yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan bilangan yang
melibatkan bilangan cacah sampai dengan 99
|
4.4.1 Menyelesaikan masalah
dalam kehidupan sehari-hari yang melibatkan penjumlahan
4.4.2 Menyelesaikan masalah sehari-hari
yang melibatkan pengurangan
|
3
Kegiatanku
|
4
Kegiatan malam hari
|
6
|
-
Buku
teks
-
Lembar
latihan
|
-
Guru
membentuk siswa menjadi 5 kelompok.
-
Guru
menyiapkan 5 pos soal yang masing-masing terdapat 1 soal cerita terkait
dengan penjumlahan/ pengurangan.
- Masing-masing kelompok akan mendapat nomor urutan pos yang
soalnya akan mereka kerjakan terlebih dahulu.
-
Jika
kelompok itu dapat nomor 3 makan kelompok teresebut mengerjakan soal di pos 3
terlebih dahulu. Setelah selesai di pos 3 kelompok tersebut bergeser ke pos 4
dst. Seterusnya siklusnya seperti itu.
-
Sampai
batas waktu yang diberikan semua kelompok berkeliling dari 1 pos soal ke pos
lainnya. Kelompok yang tercepat dan hasil kerjanya
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar