Rabu, 19 Oktober 2016

K-13 : Pengembangan Indikator Bahasa Indonesia Kelas V

PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA DI SD KELAS LANJUT
“PENGEMBANGAN INDIKATOR BAHASA INDONESIA KELAS V”








Dosen Pengajar : Dra. Asri Rukmi M. Pd
Anggota Kelompok 8
Kelas B-2014
  1. Nisful Laila             (14010644045)   
  2. Fiana Puspa            (14010644050)
  3. Rizki Setyowati        (14010644052)
  4. Dwi Mangesti         (14010644065)


PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA
2016


Tema         : 8 (Ekosistem)
Subtema    : 3 (Memelihara Ekosistem)
Kelas        : V

KD
3.1 Menggali informasi dari teks laporan buku tentang makanan dan rantai makanan, kesehatan manusia, keseimbangan ekosistem, serta alam dan pengaruh kegiatan manusia dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.1  Mengamati, mengolah, dan menyajikan teks laporan buku tentang makanan dan rantai makanan, kesehatan manusia, keseimbangan ekosistem, serta alam dan pengaruh kegiatan manusia secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
Pengembangan Indikator
Pembelajaran 1
      1. Menjawab pertanyaan dari teks laporan buku tentang faktor-faktor yang memengaruhi perubahan ekosistem.
      2. Membaca informasi dari berbagai sumber tentang faktor-faktor yang memengaruhi perubahan ekosistem.

      1. Membuat laporan tertulis tentang faktor-faktor yang memengaruhi perubahan ekosistem.
      2. Mempresentasikan secara singkat hasil laporan tertulis tentang faktor-faktor yang memengaruhi perubahan ekosistem.



Pembelajaran 2
      1. Menuliskan informasi dari teks laporan buku tentang faktor-faktor yang memengaruhi perubahan ekosistem.
      2. Menjawab pertanyaan dari teman sekelas tentang faktor-faktor yang memengaruhi perubahan ekosistem.

      1. Membuat laporan tertulis tentang faktor-faktor yang memengaruhi perubahan ekosistem.
      2. Menjelaskan kembali tentang faktor-faktor yang memengaruhi perubahan ekosistem menggunakan bahasa sendiri.

Pembelajaran 3
      1. Menjawab pertanyaan dari teks laporan buku tentang faktor-faktor yang memengaruhi perubahan ekosistem.
      2. Menuliskan informasi penting dari berbagai sumber tentang faktor-faktor yang memengaruhi perubahan ekosistem.

      1. Membuat laporan tertulis tentang faktor-faktor yang memengaruhi perubahan ekosistem.
      2. Menyebutkan faktor-faktor yang memengaruhi perubahan ekosistem.

Pembelajaran 5
      1. Menuliskan informasi dari teks laporan buku tentang usaha-usaha memelihara ekosistem di lingkungan manusia.
      2. Merangkum informasi dari teks laporan buku tentang usaha-usaha memelihara ekosistem di lingkungan manusia.

      1. Membuat laporan tertulis tentang usaha-usaha memelihara ekosistem di lingkungan manusia.
      2. Mempresentasikan secara singkat hasil laporan tertulis tentang usaha-usaha memelihara ekosistem di lingkungan manusia.

KD
3.4  Menggali informasi dari teks pantun dan syair tentang bencana alam serta kehidupan berbangsa dan bernegara dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.4  Melantunkan dan menyajikan teks pantun dan syair tentang bencana alam serta kehidupan berbangsa dan bernegara secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku

Pengembangan Indikator
Pembelajaran 4
3.4.1 Mendeskripsikan keberagaman budaya bangsa melaluipantun dan syair.
3.4.2 Menemukan pesan keberagaman budaya bangsa melalui pantun nasehat dan syair.
3.4.3 Menjelaskan ciri-ciri dari pantun nasehat dan syair.

4.4.1 Menulis pantun dan syair tentang keberagaman budayaBangsa.
4.4.2 Menghubungkan potongan baitpantun nasehat dan syair dengan bait pesan tentang keberagaman budaya bangsa.
Pembelajaran 6
3.4.4Mendeskripsikan interaksi masyarakatIndonesia yang menjunjung tinggikebhinekaan.
3.4.5Menjelaskan makna pentingnya interaksi masyarakat Indonesia yang menjunjung tinggi kebhinekaan.

4.4.3    Menyunting pantun dan syair yangmenceritakan tentang interaksi masyarakat yang menunjung tinggikebhinekaan.
4.4.4Menyusun dan menuliskan kembali pantun nasehat dan syair tentang interaksi masyarakat yang menunjung tinggi kebhinekaandari sekumpulan bait acak.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

RPPH Kelompok Bermain Tema Diriku Sub Tema Anggota Tubuhku Minggu Ke-4 Hari Ke-4

Tidak ada "RPPH Kelompok Bermain Tema Diriku Sub Tema Anggota Tubuhku Minggu Ke-4 Hari Ke-4" dikarenakan KB tempat saya mengajar l...