PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA DI SD KELAS LANJUT
“PENGEMBANGAN INDIKATOR BAHASA INDONESIA KELAS IV”
Dosen Pengajar : Dra. Asri Rukmi M. Pd
Anggota Kelompok 8
Kelas B-2014
Nisful Laila (14010644045)
Fiana Puspa (14010644050)
Rizki Setyowati (14010644052)
Dwi Mangesti (14010644065)
PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA
2016
Tema : 8 (Tempat Tinggalku)
Subtema : 3 (Aku Bangga Dengan Tempat Tinggalku)
Kelas : IV
KD
3.4 Menggali informasi dari teks cerita petualangan tentang lingkungan dan sumber daya alam dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.4 Menyajikan teks cerita petualangan tentang lingkungan dan sumber daya alam secara mandiri dalam teks bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
Pengembangan Indikator
Pembelajaran 3
Menuliskan unsur instrinsik dari teks legenda
Mengajak siswa untuk membaca teks legenda Gunung Batuhabu
Siswa diminta untuk menuliskan unsur instrinsik dari teks legenda Gunung Batuhabu
Siswa mampu menceritakan kembali cerita legenda yang dibacanya
Mengajak siswa untuk mencermati isi teks legenda Gunung Batuhabu
Siswa diminta untuk menuliskan pokok - pokok penting tentang legenda Gunung Batuhabu
Siswa diminta untuk menceritakan kembali dengan bahasanya sendiri tentang legenda Gunung Batuhabu
Pembelajaran 5
Menceritakan pengalaman melihat perayaan budaya di lingkungan tempat tinggal
Mengajak siswa untuk mengamati gambar kondisi kehidupan di daerah perkotaan.
Siswa diminta untuk menuliskan beberapa pendapat mengenai pengamatan kehidupan di daerah perkotaan.
Siswa diminta untuk menuliskan cara agar dapat hidup berdampingan secara damai.
Mengidentifikasi beberapa perayaan budaya daerah
Siswa diminta untuk menceritakan apa saja perayaan yang di gelar di kota daerah tempat tinggal.
Siswa diminta untuk mengidentifikasi dari setiap perayaan yang dilakukan dalam gambar yang sudah ditentukan.
Pembelajaran 6
Menjelaskan unsur-unsur cerita legenda
Mengajak siswa untuk membaca teks cerita petualangan tentang “Asal-Usul Gangsing”
Siswa diminta untuk menuliskan unsur instrinsik dari teks cerita “Asal-Usul Gangsing” di dalam kolom
Siswa diminta untuk mempraktekkan dengan cara bermain peran mengenai cerita legenda “Asal-Usul Gangsing”
Menceritakan unsur-unsur cerita dari teks legenda
Siswa diminta untuk menuliskan harapan-harapan untuk daerah tempat tinggal mereka masing-masing.
Siswa diminta untuk menuliskan jenis kegiatan yang dilakukan untuk mewujudkan harapan-harapan yang sudah dibuat tentang kondisi tempat tinggal mereka.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar