PENDIDIKAN MATEMATIKA 2
“MEMBEDAH BILANGAN DAN PENGOLAHAN DATA
KELAS I SEMESTER 1 TEMA 1”
Dosen Pengajar : Delia Indrawati M. Pd
Anggota Kelompok 1
Kelas B-2014
- Nisful Laila (14010644045)
- Rima Anggraini (14010644052)
- Dwi Mangesti P. R (14010644065)
- Deviana Putri A (14010644068)
PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA
2016
KD
|
INDIKATOR
|
PEMBELAJARAN
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
MEDIA
DAN ALAT PEMBELAJARAN
|
3.5 Mengenal pola bilangan yang berkaitan
dengan kumpulan benda/gambar/gerakan atau lainnya.
|
3.5.2
Menyebutkan baris bilangan berdasarkan pola tertentu.
|
3
|
·
Siswa membentuk kelompok beranggotakan 4 orang.
·
Pada setiap kelompok, siswa mengumpulkan alat tulis yang
dimiliki, misalnya pensil, pensil warna atau crayon, buku, penghapus atau
penggaris.
·
Meminta siswa mengamati baris bilangan 1, 3, 5, 7.
|
a.
Buku pegangan siswa.
b.
Pensil, pensil warna, crayon, buku, penghapus atau
penggaris
|
5
|
·
Siswa menyimak cerita guru
tentang Ayah Lani sedang duduk di ruang tamu dan merapikan buku serta alat
tulis.
·
Siswa mengamati menuliskan
banyaknya buku dan alat tulis dalam gambar.
·
Siswa difasilitasi menyusun dan
melanjutkan Garis bilangan yang 5 dan 6, yaitu bilangan 8, dan 11
|
a.
Buku pegangan siswa.
b.
Kartu bilangan 10 x 10 cm setiap kartu ditulis 1 bilangan, antara
1 sampai dengan 10, dibuat 2 set (double). Setiap kelompok akan
menerima 2 set.
|
||
6
|
·
Siswa bekerja secara mandiri untuk melengkapi pola gambar
kelereng yang masih kosong dengan menggunakan pensil warna atau crayon sesuai
warna kelereng.
|
a.
Buku pegangan siswa.
b.
Pensil warna atau crayon warna merah, biru, hijau.
|
||
4.5
Memprediksikan dan membuat pola
bilangan yang berkaitan dengan kumpulan benda/ gambar/gerakan atau lainnya.
|
4.5.2
Membuat pola bilangan yang berkaitan dengan kumpulan benda/gambar/gerakan
atau lainnya.
|
3
|
·
Dari kumpulan alat tulis yang mereka miliki, meminta siswa
menyusunnya sesuai dengan pola bilangan tersebut.
·
Mengarahkan siswa menyusun alat tulis berdasarkan pola yang
berbeda. Misalnya, 2, 4, 6, 8 atau 1, 4, 7, 10.
·
Memberikan apresiasi jika ada kelompok yang mampu
menyusunnya.
|
a.
Buku pegangan siswa.
b.
Pensil, pensil warna, crayon, buku, penghapus atau
penggaris
|
5
|
·
Siswa menyimak penjelasan guru
tentang permainan kartu bilangan.
·
Siswa dibagi dalam kelompok
dengan 4-5 anggota. Menekankan pentingnya kerjasama dalam kelompok
·
Setiap kelompok menerima 20 set
kartu bilangan.
·
Memberikan waktu 10 menit.
Mintalah kelompok untuk menyusun pola bilangan berdasarkan pola :
Gambar segiempat : 1, 3, 5, 7
Gambar
segitiga : 2, 4, 6, 8
Gambar
lingkaran : 1, 4, 7, 10
·
Mengarahkan siswa jika mengalami kesulitan.
|
a.
Buku pegangan siswa.
b.
Kartu bilangan 10 x 10 cm setiap kartu ditulis 1 bilangan,
antara 1 sampai dengan 10, dibuat 2 set (double). Setiap kelompok akan
menerima 2 set.
|
||
6
|
·
Memberikan waktu 20 menit untuk melengkapi gambar dan
menuliskan pola bilangan.
Pola gambar kelereng merah = 4, 6, 8, 10
Pola gambar kelereng biru =
2, 5, 8, 11
Pola gambar
kelereng hijau =
3, 5, 7, 9
|
a.
Buku pegangan siswa.
b.
Pensil warna atau crayon warna merah, biru, hijau.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar