Sabtu, 01 Oktober 2016

Bilangan dan Pengolahan Data (Buku Guru - Kurikulum 2013)

PENDIDIKAN MATEMATIKA 2
“MEMBEDAH BILANGAN DAN PENGOLAHAN DATA
KELAS I SEMESTER 1 TEMA 1”








Dosen Pengajar : Delia Indrawati M. Pd
Anggota Kelompok 1
Kelas B-2014
  1. Nisful Laila (14010644045)
  2. Rima Anggraini (14010644052)
  3. Dwi Mangesti P. R (14010644065)
  4. Deviana Putri A (14010644068)

PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA
2016




KD
INDIKATOR
PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
MEDIA DAN ALAT PEMBELAJARAN
3.5  Mengenal pola bilangan yang berkaitan dengan kumpulan benda/gambar/gerakan atau lainnya.
3.5.2 Menyebutkan baris bilangan berdasarkan pola tertentu.
3
·         Siswa membentuk kelompok beranggotakan 4 orang.
·         Pada setiap kelompok, siswa mengumpulkan alat tulis yang dimiliki, misalnya pensil, pensil warna atau crayon, buku, penghapus atau penggaris.
·         Meminta siswa mengamati baris bilangan 1, 3, 5, 7.

a.    Buku pegangan siswa.
b.    Pensil, pensil warna, crayon, buku, penghapus atau penggaris

5
·         Siswa menyimak cerita guru tentang Ayah Lani sedang duduk di ruang tamu dan merapikan buku serta alat tulis.
·         Siswa mengamati menuliskan banyaknya buku dan alat tulis dalam gambar.
·         Siswa difasilitasi menyusun dan melanjutkan Garis bilangan yang 5 dan 6, yaitu bilangan 8, dan 11
a.    Buku pegangan siswa.
b.    Kartu bilangan 10 x 10 cm setiap kartu ditulis 1 bilangan, antara 1 sampai dengan 10, dibuat 2 set (double). Setiap kelompok akan menerima 2 set.

6
·         Siswa bekerja secara mandiri untuk melengkapi pola gambar kelereng yang masih kosong dengan menggunakan pensil warna atau crayon sesuai warna kelereng.

a.    Buku pegangan siswa.
b.    Pensil warna atau crayon warna merah, biru, hijau.

4.5  Memprediksikan dan membuat pola bilangan yang berkaitan dengan kumpulan benda/ gambar/gerakan atau lainnya.
4.5.2 Membuat pola bilangan yang berkaitan dengan kumpulan benda/gambar/gerakan atau lainnya.
3
·         Dari kumpulan alat tulis yang mereka miliki, meminta siswa menyusunnya sesuai dengan pola bilangan tersebut.
·         Mengarahkan siswa menyusun alat tulis berdasarkan pola yang berbeda. Misalnya, 2, 4, 6, 8 atau 1, 4, 7, 10.
·         Memberikan apresiasi jika ada kelompok yang mampu menyusunnya.

a.    Buku pegangan siswa.
b.    Pensil, pensil warna, crayon, buku, penghapus atau penggaris

5
·         Siswa menyimak penjelasan guru tentang permainan kartu bilangan.
·         Siswa dibagi dalam kelompok dengan 4-5 anggota. Menekankan pentingnya kerjasama dalam kelompok
·         Setiap kelompok menerima 20 set kartu bilangan.
·         Memberikan waktu 10 menit. Mintalah kelompok untuk menyusun pola bilangan berdasarkan pola :
Gambar segiempat : 1, 3, 5, 7
 Gambar segitiga   : 2, 4, 6, 8
 Gambar lingkaran : 1, 4, 7, 10
·         Mengarahkan siswa jika mengalami kesulitan.

a.    Buku pegangan siswa.
b.    Kartu bilangan 10 x 10 cm setiap kartu ditulis 1 bilangan, antara 1 sampai dengan 10, dibuat 2 set (double). Setiap kelompok akan menerima 2 set.

6
·         Memberikan waktu 20 menit untuk melengkapi gambar dan menuliskan pola bilangan.
Pola gambar kelereng merah = 4, 6, 8, 10
Pola gambar kelereng biru =
2, 5, 8, 11
Pola gambar kelereng hijau =
3, 5, 7, 9

a.    Buku pegangan siswa.
b.    Pensil warna atau crayon warna merah, biru, hijau.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

RPPH Kelompok Bermain Tema Diriku Sub Tema Anggota Tubuhku Minggu Ke-4 Hari Ke-4

Tidak ada "RPPH Kelompok Bermain Tema Diriku Sub Tema Anggota Tubuhku Minggu Ke-4 Hari Ke-4" dikarenakan KB tempat saya mengajar l...