Sabtu, 01 Oktober 2016

Bilangan dan Pengolahan Data (Buku Guru - Kurikulum 2013)

PENDIDIKAN MATEMATIKA 2
“MEMBEDAH BILANGAN DAN PENGOLAHAN DATA
KELAS I SEMESTER 1 TEMA 2”








Dosen Pengajar : Delia Indrawati M. Pd
Anggota Kelompok 1
Kelas B-2014
  1. Nisful Laila (14010644045)
  2. Rima Anggraini (14010644052)
  3. Dwi Mangesti P. R (14010644065)
  4. Deviana Putri A (14010644068)

PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA
2016




Kompetensi Dasar
Indikator
Tema
Subtema
Pembelajaran
Media
Cara Pembelajaran
3.4 Menjelaskan dan melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan yang melibatkan bilangan cacah sampai dengan 99 dalam kehidupan sehari-hari serta mengaitkan penjumlahan dan pengurangan
3.4.5 Melakukan penjumlahan dua bilangan dengan hasil maksimal 10 dengan teknik tanpa menyimpan dengan bantuan benda konkret
2.  Kegemaranku
1. Gemar Berolahraga
3
Buku Teks dan Gambar Jenis-Jenis Olahraga
Guru menjelaskan kalimat matematika yang sesuai dengan gambar, sebagai contoh : 1+4=...


Kemudian, siswa mengerjakan soal-soal selanjutnya.

5
Buku Teks dan Gambar Jenis-Jenis Olahraga
Guru memberi contoh cara menuliskan kalimat matematika penjumlahan yang tepat sesuai dengan gambar terlebih dahulu.

Lalu, siswa menghitung dan menuliskan kalimat matematika yang sesuai dengan gambar.
6
Buku Teks

3.4.9 Meng-identifikasi masalah sehari-hari yang melibatkan pengurangan (bilangan 1-10)
2. Kegemaranku
2. Gemar Bernyanyi dan Menari
3
Buku Teks
Siswa menjumlahkan pengurangan dengan cara bermain peran.

Guru membagi siswa untuk bermain peran yaitu siswa A berpura-pura atau memainkan peran sebagai Kakak dan siswa B menjadi Adik untuk menyelesaikan kalimat matematika pengurangan.

Misalkan :
Kakak (Siswa A) mengambil 7 pensil warna. Lalu, Kakak (Siswa A) memberikan 3 pensil warna kepada Adik (Siswa B). Siswa A dan siswa B menghitung banyak pensil warna Kakak (Siswa A) yang tersisa.
5
Buku Teks
Guru menjelaskan tentang cara menyelesaikan soal cerita matematika. Kemudian, siswa diminta menyelesaikan soal cerita matematika.
6
Buku Teks
Siswa membaca kalimat dalam tabel untuk mengidentifikasi kalimat satu persatu dan memberikan tanda (+) pada kalimat penjumlahan atau tanda (-) pada kalimat pengurangan.
3.5 Mengenal pola bilangan yang berkaitan dengan kumpulan benda/gambar/gerakan atau lainnya
3.5.1 Meng-identifikasi pola bilangan yang berkaitan dengan kumpulan benda/ gambar/
gerakan atau lainnya
2. Kegemaranku
4. Gemar Membaca
3
Buku teks

Gambar kumpulan benda-benda

5
Benda-benda di sekitar
Secara berkelompok, siswa mengumpulkan dan menyusun benda-benda disekitar (seperti : buku, pensil, penghapus) dengan pola tertentu.

Lalu,
Siswa mengerjakan soal di buku siswa sebagai sarana berlatih dan menguatkan pemahaman akan pola bilangan.
6
Buku teks

Gambar pola bilangan

Guru membimbing siswa untuk mengamati perbedaan pola bilangan dari gambar yang terdapat di buku siswa

Misalkan :
Benda-benda disusun berdasarkan perbedaan ukuran, mulai dari kecil, sedang, dan besar. Ada juga yang disusun berdasarkan perbedaan warnanya. Bahkan ada pula yang disusun berdasarkan perbedaan jenisnya. Misalnya buku dan pensil.
3.6  Mengenal bangun ruang dan bangun datar dengan menggunakan berbagai benda
3.6.1 Meng-identifikasi benda-benda yang berbentuk bola, tabung, balok, dan kubus
2. Kegemaranku
3. Gemar Menggambar
3
Buku teks

Benda-benda konkret berbentuk bola, tabung, balok, dan kubus yang ada di sekolah
Guru menunjukkan dan memberi penjelasan tentang bangun ruang bola, tabung, balok, dan kubus.

Lalu,
Siswa mengidentifikasikan ciri-ciri bangun ruang dengan cara menentukan mana gambar yang berbentuk bola, tabung, balok, ataupun kubus.
6
Buku Teks

Krayon
Siswa mengidentifikasi bangun ruang dengan cara mewarnai gambar bentuk sesuai warna yang sudah ditentukan.

Misalkan : warna merah untuk bangun ruang bola, warna kuning untuk tabung, warna hijau untuk balok, dan warna biru untuk kubus.
3.6.2 Menyebutkan benda-benda yang berbentuk bola, tabung, balok, atau kubus
2. Kegemaranku
3. Gemar Menggambar
5
Buku teks

Benda-benda di sekitar dengan bentuk bangun ruang

Guru menunjukkan benda-benda yang ada di kelas dan siswa menyebutkan nama bangun ruangnya melalui permainan “Tebak Benda”.

4.4 Menyelesaikan masalah kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan dan pengurangan bilangan melibatkan bilangan cacah sampai dengan 99
4.4.1 Menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan penjumlahan

2. Kegemaranku
1. Gemar Berolahraga
3
Buku Teks dan Gambar Jenis-Jenis Olahraga

Guru menjelaskan dan memberi contoh tentang
menggambar cerita penjumlahan dalam kehidupan sehari-hari. Misal: Siti memiliki 2 kelereng, Lani memiliki 4 kelereng. Berapakah jumlah kelereng Siti dan Lani?


Setelah itu, siswa menceritakan penjumlahannya masing-masing.
5
Buku Teks dan Gambar Jenis-Jenis Olahraga
Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang cara menyelesaikan soal cerita matematika, kemudian secara mandiri siswa diminta menyelesaikan soal cerita matematika.
6
Buku Teks

4.4.2 Menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan pengurangan
2. Kegemaranku
2. Gemar Bernyanyi dan Menari
3
Buku Teks
Siswa diminta menggambar benda atau buah kesukaan yang menunjukkan pengurangan.

Guru memberikan contoh terlebih dahulu.

Siswa membuat gambar yang menunjukkan pengurangan di tempat yang telah disediakan.
Kemudian siswa menuliskan kalimat matematika yang sesuai dengan gambarnya.
5
Buku Teks
Guru menjelaskan tentang cara menyelesaikan soal cerita matematika. Kemudian, siswa diminta menyelesaikan soal cerita matematika.
6
Buku Teks
Siswa membaca kalimat dalam tabel untuk mengidentifikasi kalimat satu persatu dan memberikan tanda (+) pada kalimat penjumlahan atau tanda (-) pada kalimat pengurangan.
4.5 Memprediksi dan membuat pola bilangan yang berkaitan dengan kumpulan benda/ gambar/gerakan
4.5.1 Melengkapi barisan bilangan berdarkan pola tertentu
2. Kegemaranku
4. Gemar Membaca
3
Buku teks

Gambar kumpulan benda-benda
Siswa mengerjakan soal di buku siswa, melengkapi gambar sesuai pola, setelah mendengarkan penjelasan dari Guru.
6
Buku teks

Gambar pola bilangan
Siswa mengerjakan soal-soal latihan di buku siswa tentang pola bilangan.
4.6
Mengklasifikasikan bangun ruang dan bangun datar dengan menggunakan berbagai benda konkret
4.6.1
Mengelompokkan benda-benda konkret berdasarkan bentuk bangun ruang
2. Kegemaranku
3. Gemar Menggambar
3
Buku teks

Benda-benda konkret berbentuk bola, tabung, balok, dan kubus yang ada di sekolah
Siswa kembali menyebutkan benda-benda di sekitar yang berbentuk bola, tabung, balok, dan kubus.
Lalu, siswa mengelompokkan benda-benda sesuai dengan bentuk bangunnya.
6
Buku Teks

Gambar bangun ruang (bola, tabung, balok, dan kubus)


Siswa mengelompokkan bangun ruang berdasarkan jumlah dengan cara menghitung bentuk-bentuk yang mereka temukan pada gambar.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

RPPH Kelompok Bermain Tema Diriku Sub Tema Anggota Tubuhku Minggu Ke-4 Hari Ke-4

Tidak ada "RPPH Kelompok Bermain Tema Diriku Sub Tema Anggota Tubuhku Minggu Ke-4 Hari Ke-4" dikarenakan KB tempat saya mengajar l...