PENDIDIKAN MATEMATIKA 2
“MEMBEDAH BILANGAN DAN PENGOLAHAN DATA
KELAS I SEMESTER 1 TEMA 2”
Dosen Pengajar : Delia Indrawati M. Pd
Anggota Kelompok 1
Kelas B-2014
- Nisful Laila (14010644045)
- Rima Anggraini (14010644052)
- Dwi Mangesti P. R (14010644065)
- Deviana Putri A (14010644068)
PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA
2016
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
|
Tema
|
Subtema
|
Pembelajaran
|
Media
|
Cara
Pembelajaran
|
3.4 Menjelaskan dan melakukan penjumlahan dan pengurangan
bilangan yang melibatkan bilangan cacah sampai dengan 99 dalam kehidupan
sehari-hari serta mengaitkan penjumlahan dan pengurangan
|
3.4.5 Melakukan penjumlahan dua bilangan dengan hasil maksimal 10
dengan teknik tanpa menyimpan dengan bantuan benda konkret
|
2. Kegemaranku
|
1. Gemar Berolahraga
|
3
|
Buku Teks dan Gambar Jenis-Jenis Olahraga
|
Guru menjelaskan kalimat matematika yang sesuai dengan gambar,
sebagai contoh : 1+4=...
Kemudian, siswa mengerjakan soal-soal selanjutnya.
|
5
|
Buku Teks dan Gambar Jenis-Jenis Olahraga
|
Guru memberi contoh cara menuliskan kalimat
matematika penjumlahan yang tepat sesuai dengan gambar terlebih dahulu.
Lalu, siswa menghitung dan menuliskan kalimat matematika yang sesuai
dengan gambar.
|
||||
6
|
Buku Teks
|
|
||||
3.4.9 Meng-identifikasi masalah sehari-hari yang melibatkan
pengurangan (bilangan 1-10)
|
2. Kegemaranku
|
2. Gemar Bernyanyi dan Menari
|
3
|
Buku Teks
|
Siswa menjumlahkan pengurangan dengan cara
bermain peran.
Guru membagi siswa untuk bermain peran yaitu
siswa A berpura-pura atau memainkan peran sebagai Kakak dan siswa B menjadi
Adik untuk menyelesaikan kalimat matematika pengurangan.
Misalkan :
Kakak (Siswa A) mengambil 7 pensil warna. Lalu,
Kakak (Siswa A) memberikan 3 pensil warna kepada Adik (Siswa B). Siswa A dan
siswa B menghitung banyak pensil warna Kakak (Siswa A) yang tersisa.
|
|
5
|
Buku Teks
|
Guru menjelaskan tentang cara menyelesaikan soal
cerita matematika. Kemudian, siswa diminta menyelesaikan soal cerita
matematika.
|
||||
6
|
Buku Teks
|
Siswa membaca kalimat dalam tabel untuk
mengidentifikasi kalimat satu persatu dan memberikan tanda (+) pada kalimat
penjumlahan atau tanda (-) pada kalimat pengurangan.
|
||||
3.5 Mengenal pola bilangan yang berkaitan dengan
kumpulan benda/gambar/gerakan atau lainnya
|
3.5.1 Meng-identifikasi pola bilangan yang berkaitan dengan
kumpulan benda/ gambar/
gerakan atau lainnya
|
2. Kegemaranku
|
4. Gemar Membaca
|
3
|
Buku teks
Gambar kumpulan benda-benda
|
|
5
|
Benda-benda di sekitar
|
Secara berkelompok, siswa mengumpulkan dan
menyusun benda-benda disekitar (seperti : buku, pensil, penghapus) dengan
pola tertentu.
Lalu,
Siswa mengerjakan soal di buku siswa sebagai sarana berlatih dan
menguatkan pemahaman akan pola bilangan.
|
||||
6
|
Buku teks
Gambar pola bilangan
|
Guru membimbing siswa untuk mengamati perbedaan
pola bilangan dari gambar yang terdapat di buku siswa
Misalkan :
Benda-benda disusun berdasarkan perbedaan ukuran, mulai dari
kecil, sedang, dan besar. Ada juga yang disusun berdasarkan perbedaan
warnanya. Bahkan ada pula yang disusun berdasarkan perbedaan jenisnya.
Misalnya buku dan pensil.
|
||||
3.6 Mengenal bangun ruang
dan bangun datar dengan menggunakan berbagai benda
|
3.6.1 Meng-identifikasi benda-benda yang berbentuk bola, tabung,
balok, dan kubus
|
2. Kegemaranku
|
3. Gemar Menggambar
|
3
|
Buku teks
Benda-benda konkret berbentuk bola, tabung,
balok, dan kubus yang ada di sekolah
|
Guru menunjukkan dan memberi penjelasan tentang
bangun ruang bola, tabung, balok, dan kubus.
Lalu,
Siswa mengidentifikasikan ciri-ciri bangun ruang dengan cara menentukan
mana gambar yang berbentuk bola, tabung, balok, ataupun kubus.
|
6
|
Buku Teks
Krayon
|
Siswa mengidentifikasi bangun ruang dengan cara
mewarnai gambar bentuk sesuai warna yang sudah ditentukan.
Misalkan : warna merah untuk bangun ruang bola, warna
kuning untuk tabung, warna hijau untuk balok, dan warna biru untuk kubus.
|
||||
3.6.2 Menyebutkan benda-benda yang berbentuk bola, tabung, balok,
atau kubus
|
2. Kegemaranku
|
3. Gemar Menggambar
|
5
|
Buku teks
Benda-benda di sekitar dengan bentuk bangun
ruang
|
Guru menunjukkan benda-benda yang ada di kelas dan siswa
menyebutkan nama bangun ruangnya melalui permainan “Tebak Benda”.
|
|
4.4 Menyelesaikan masalah kehidupan sehari-hari yang berkaitan
dengan dan pengurangan bilangan melibatkan bilangan cacah sampai dengan 99
|
4.4.1 Menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari yang
berkaitan dengan penjumlahan
|
2. Kegemaranku
|
1. Gemar Berolahraga
|
3
|
Buku Teks dan Gambar Jenis-Jenis Olahraga
|
Guru menjelaskan dan memberi contoh tentang
menggambar cerita penjumlahan dalam kehidupan sehari-hari. Misal:
Siti memiliki 2 kelereng, Lani memiliki 4 kelereng. Berapakah jumlah kelereng
Siti dan Lani?
Setelah itu, siswa menceritakan penjumlahannya masing-masing.
|
5
|
Buku Teks dan Gambar Jenis-Jenis Olahraga
|
Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang cara menyelesaikan
soal cerita matematika, kemudian secara mandiri siswa diminta menyelesaikan
soal cerita matematika.
|
||||
6
|
Buku Teks
|
|
||||
4.4.2 Menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari yang
berkaitan dengan pengurangan
|
2. Kegemaranku
|
2. Gemar Bernyanyi dan Menari
|
3
|
Buku Teks
|
Siswa diminta menggambar benda atau buah kesukaan yang
menunjukkan pengurangan.
Guru memberikan contoh terlebih dahulu.
Siswa membuat gambar yang menunjukkan pengurangan di tempat yang
telah disediakan.
Kemudian siswa menuliskan kalimat matematika yang sesuai dengan
gambarnya.
|
|
5
|
Buku Teks
|
Guru menjelaskan tentang cara menyelesaikan soal cerita
matematika. Kemudian, siswa diminta menyelesaikan soal cerita matematika.
|
||||
6
|
Buku Teks
|
Siswa membaca kalimat dalam tabel untuk mengidentifikasi kalimat
satu persatu dan memberikan tanda (+) pada kalimat penjumlahan atau tanda (-)
pada kalimat pengurangan.
|
||||
4.5 Memprediksi dan membuat pola
bilangan yang berkaitan dengan kumpulan benda/ gambar/gerakan
|
4.5.1 Melengkapi barisan bilangan berdarkan pola tertentu
|
2. Kegemaranku
|
4. Gemar Membaca
|
3
|
Buku teks
Gambar kumpulan benda-benda
|
Siswa mengerjakan soal di buku siswa, melengkapi gambar sesuai
pola, setelah mendengarkan penjelasan dari Guru.
|
6
|
Buku teks
Gambar pola bilangan
|
Siswa mengerjakan soal-soal latihan di buku siswa tentang pola
bilangan.
|
||||
4.6
Mengklasifikasikan bangun ruang dan bangun datar dengan menggunakan
berbagai benda konkret
|
4.6.1
Mengelompokkan benda-benda konkret berdasarkan bentuk bangun
ruang
|
2. Kegemaranku
|
3. Gemar Menggambar
|
3
|
Buku teks
Benda-benda konkret berbentuk bola, tabung,
balok, dan kubus yang ada di sekolah
|
Siswa kembali menyebutkan benda-benda di sekitar yang berbentuk
bola, tabung, balok, dan kubus.
Lalu, siswa mengelompokkan benda-benda sesuai dengan bentuk bangunnya.
|
6
|
Buku Teks
Gambar bangun ruang (bola, tabung, balok, dan
kubus)
|
Siswa mengelompokkan bangun ruang berdasarkan jumlah dengan cara menghitung
bentuk-bentuk yang mereka temukan pada gambar.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar