Tugas
Akhir Bahasa Indonesia
Menganalisis
Skripsi
Dosen
Pengampu :
Dra.
Sri Hariani M.Pd
Disusun
Oleh :
Nisful
Laila (B-2014/14010644045)
UNIVERSITAS
NEGERI SURABAYA
FAKULTAS
ILMU PENDIDIKAN
PENDIDIKAN
GURU SEKOLAH DASAR
2015
Judul Skripsi : Penggunaan
Media Puzzle untuk Meningkatkan Kemampuan Hasil Belajar
IPS Tentang Perjuangan Pahlawan Siswa Kelas V SDN Rangkah VII
Tambaksari Surabaya
Oleh :
Soedijono
NIM :
10010644642
Analisis Bab I Pendahuluan
Latar Belakang
:
Menurut analisa saya, skripsi yang berjudul “Penggunaan Media
Puzzle Untuk Meningkatkan Kemampuan Hasil Belajar IPS Tentang Perjuangan
Pahlawan Siswa Kelas V SDN Rangkah VII Tambaksari Surabaya” tersebut sudah
memiliki latar belakang atau alasan pentingnya pengambilan judul yaitu
“Penggunaan Media Puzzle untuk Meningkatkan Kemampuan Hasil Belajar IPS Tentang
Perjuangan Pahlawan Siswa Kelas V SDN Rangkah VII Tambaksari Surabaya” karena
sesuai dengan permasalahan yang sedang dihadapi oleh siswa kelas V SDN Rangkah
VII Tambaksari Surabaya. Hasil observasi pembelajaran IPS kelas V SDN Rangkah
VII Tambaksari Surabaya ditemukan bahwa pembelajaran IPS lebih sering disajikan
secara verbal (lisan) yaitu menggunakan metode ceramah sehingga sulit dipahami
siswa. Dampakya siswa menjadi pasif karena hanya duduk mendengarkan penjelasan
guru dan hasil belajarnya rendah yakni ada 60% siswa yang nilainya di bawah
KKM.
Selain itu, juga didukung oleh teori yang menunjukkan bahwa
pembelajaran IPS itu memiliki peranan penting bagi siswa untuk mengembangkan
kehidupannya sebagai pribadi, anggota masyarakat, warga negara dan anggota umat
manusia. Oleh karena itu, metode pembelajaran IPS harus dilakukan dengan cara
yang menarik sehingga mudah dipahami siswa seperti menggunakan media puzzle
yang dibahas dalam skripsi tersebut. Teori sebagai berikut :
Untuk mewujudkan tujuan pendidikan IPS dibutuhkan suatu proses
pembelajaran yang berkualitas yang mengarah pada tercapainya tujuan
pembelajaran IPS. (Waspodo dan Suhanadji, 2003:1)
Rumusan masalah :
Rumusan masalah pada skripsi yang berjudul “Penggunaan Media Puzzle
Untuk Meningkatkan Kemampuan Hasil Belajar IPS Tentang Perjuangan Pahlawan
Siswa Kelas V SDN Rangkah VII Tambaksari Surabaya” tersebut sudah sesuai dengan
judul dan latar belakang yang sudah ditulis yaitu menunjukkan cara pelaksanaan
pembelajaran IPS menggunaan media puzzle, hasil belajar siswa setelah
penggunaan media puzzle, dan kendala-kendala serta solusi dari kendala-kendala
dalam penggunaan media puzzle untuk pembelajaran IPS siswa kelas V SDN Rangkah
Tambaksari Surabaya. Rumusan masalahnya juga ditulis secara urut atau
kronologis, yaitu :
1.
Bagaimanakah
pelaksanaan pembelajaran selama penggunaan media puzzle untuk meningkatkan
kemampuan hasil belajar IPS tentang
perjuangan pahlawan siswa kelas V SDN Rangkah VII Tambaksari Surabaya?
2.
Bagaimanakah
hasil belajar siswa setelah penggunaan media puzzle untuk meningkatkan
kemampuan hasil belajar IPS tentang
perjuangan pahlawan siswa kelas V SDN Rangkah VII Tambaksari Surabaya?
3.
Kendala-kendala
apa yang muncul dan bagaimana pemecahan masalah penggunaan media puzzle untuk
meningkatkan kemampuan hasil belajar IPS
tentang perjuangan pahlawan siswa kelas V SDN Rangkah VII Tambaksari Surabaya?
Tujuan
Penelitian :
Menurut pendapat saya, tujuan penelitian dalam skripsi yang
berjudul “Penggunaan Media Puzzle Untuk Meningkatkan Kemampuan Hasil Belajar
IPS Tentang Perjuangan Pahlawan Siswa Kelas V SDN Rangkah VII Tambaksari
Surabaya” telah didasarkan pada rumusan masalah. Rumusan masalah yang pertama
adalah “Bagaimana pelaksanaan
pembelajaran selama penggunaan media puzzle untuk meningkatkan kemampuan
hasil belajar IPS tentang perjuangan pahlawan siswa kelas V SDN Rangkah VII
Tambaksari Surabaya?”, lalu tujuan penelitian yang pertama adalah
mendeskripsikan penggunaan media puzzle untuk meningkatkan kemampuan hasil
belajar IPS tentang perjuangan pahlawan siswa kelas V SDN Rangkah VII
Tambaksari Surabaya. Begitu juga dengan tujuan penelitian yang kedua dan
ketiga, didasarkan pula pada rumusan masalah yang kedua dan ketiga.
Manfaat
Penelitian :
Menurut pendapat saya, manfaat penelitian dalam skripsi yang
berjudul “Penggunaan Media Puzzle Untuk Meningkatkan Kemampuan Hasil Belajar
IPS Tentang Perjuangan Pahlawan Siswa Kelas V SDN Rangkah VII Tambaksari
Surabaya” telah dihubungkan dengan
kegunaan bagi orang-orang yang berkemungkinan membaca hasil penelitian ini
untuk memperbaiki pekerjaan atau profesinya, seperti manfaat bagi sekolah,
guru, siswa, dan peneliti yang menulis skripsi ini. Manfaat bagi sekolah yaitu
meningkatkan kualitas atau mutu sekolah melalui peningkatan prestasi belajar
dan kinerja guru. Manfaat bagi guru yaitu hasil penelitian ini dapat digunakan
sebagai masukan bagi guru dalam meningkatkan kualitas pencapaian, perencanaan
proses pembelajaran IPS dengan menerapkan model pembelajaran beragam. Manfaat
bagi siswa yaitu memberikan variasi belajar kepada siswa dalam memahami
pelajaran IPS khususnya pada materi perjuangan para pejuang pada masa
penjajahan Belanda. Sedangkan manfaat bagi peneliti yang menulis skripsi ini
yaitu hasil penelitian ini dapat dijadikan referensi dalam mengembangkan
profesi yang nantinya akan peneliti jalani.
Batasan Masalah
:
Menurut pendapat saya, batasan masalah dalam skripsi yang berjudul
“Penggunaan Media Puzzle Untuk Meningkatkan Kemampuan Hasil Belajar IPS Tentang
Perjuangan Pahlawan Siswa Kelas V SDN Rangkah VII Tambaksari Surabaya” telah disertai alasan yang rasional yaitu
dalam penelitian ini ruang lingkup permasalahan sangat kompleks. Agar tidak
menimbulkan kekaburan dan untuk memusatkan perhatian dalam pembahasan maka
peneliti melakukan pembatasan masalah dalam skripsi tersebut.
Analisis BAB III Metode Penelitian
Jenis/Desain/Rancangan
Penelitian
Dalam skripsi yang berjudul “Penggunaan Media Puzzle Untuk
Meningkatkan Kemampuan Hasil Belajar IPS Tentang Perjuangan Pahlawan Siswa
Kelas V SDN Rangkah VII Tambaksari Surabaya” jenis/desain/rancangan penelitian
sudah ada. Rancangan penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas
(PTK), yaitu penelitian tindakan yang dilakukan dengan tujuan memperbaiki mutu
praktik pembelajaran di kelas.
Sumber
Data
Dalam Skripsi yang berjudul “Penggunaan Media Puzzle Untuk
Meningkatkan Kemampuan Hasil Belajar IPS Tentang Perjuangan Pahlawan Siswa
Kelas V SDN Rangkah VII Tambaksari Surabaya” telah dsebutkan sumber data atau
istilah lain yaitu subjek penelitian. Subjek penelitian dalam skripsi tersebut
adalah siswa kelas V SDN Rangkah VII Tambaksari Surabaya dengan jumlah 46 siswa
yang terdiri dari 23 siswa laki-laki dan 23 siswa perempuan.
Teknik Pengumpulan Data
Menurut analisa saya, skripsi yang berjudul “Penggunaan Media
Puzzle Untuk Meningkatkan Kemampuan Hasil Belajar IPS Tentang Perjuangan Pahlawan
Siswa Kelas V SDN Rangkah VII Tambaksari Surabaya” setiap teknik pengumpulan
data yang dituliskan telah dihubungkan dengan data (rumusan masalah) yaitu
teknik observasi dan teknik tes.
Teknik Observasi adalah suatu teknik yang dilakukan dengan cara mengadakan
pengamatan secara teliti serta pencatatan secara sistematis. Dalam penelitian
ini, digunakan untuk mengetahui aktifitas guru dan siswa selama pembelajaran
berlangsung. Teknik observasi dihubungkan dan disesuaikan dengan rumusan
masalah yang pertama yaitu “Bagaimanakah pelaksanaan pembelajaran selama
penggunaan media puzzle untuk meningkatkan kemampuan hasil belajar IPS tentang perjuangan pahlawan siswa kelas V
SDN Rangkah VII Tambaksari Surabaya?”.
Lalu, Teknik Tes adalah instrument untuk mengumpulkan data prestasi
belajar peserta didik. Dalam penelitian ini, tes digunakan untuk mengukur hasil
belajar siswa setelah menggunakan media puzzle dalam model pembelajaran
langsung. Teknik Tes dihubungkan dan disesuaikan dengan rumusan masalah yang
kedua yaitu “Bagaimanakah hasil belajar siswa setelah penggunaan media puzzle
untuk meningkatkan kemampuan hasil belajar
IPS tentang perjuangan pahlawan siswa kelas V SDN Rangkah VII Tambaksari
Surabaya?”
Instrumen
Pengumpulan Data
Dalam skripsi yang berjudul “Penggunaan Media Puzzle Untuk
Meningkatkan Kemampuan Hasil Belajar IPS Tentang Perjuangan Pahlawan Siswa
Kelas V SDN Rangkah VII Tambaksari Surabaya” sudah ada instrumen pengumpulan
data untuk setiap teknik pengumpulan data yaitu :
1.
Teknik
observasi
2.
Teknik
Tes
Berikut
instrumen pengumpulan data :
1.
Instrumen
observasi
Kegiatan
pembelajaran IPS dengan menggunakan puzzle disajikan secara rinci dalam sebuah
tabel.
2.
Instrumen
Tes
Lembar tes
digunakan untuk mengumpulkan data hasil belajar siswa setelah mengikuti
pembelajaran IPS dengan penggunaan media puzzle dalam model pembelajaran
kooperatif STAAD. Bentuk tes yang digunakan adalah tes subjektif isisan dan
uraian.
Prosedur
Penganalisisan Data
Teknik analisis data yang digunakan dalam skripsi yang berjudul “Penggunaan
Media Puzzle Untuk Meningkatkan Kemampuan Hasil Belajar IPS Tentang Perjuangan
Pahlawan Siswa Kelas V SDN Rangkah VII Tambaksari Surabaya” adalah teknik
analisis data kualitatif dan langkah-langkah analisisnya telah dicantumkan. Langkah-langkah
untuk melakukan teknik analisis data kualitatif, yaitu :
1.
Melakukan
observasi.
2.
Hasil
observasi digunakan untuk menemukan langkah-langkah kegiatan pembelajaran
berikutnya.
3.
Hasil
observasi dijadikan tindak lanjut dalam rangka pencapaian tujuan hasil belajar
yang diharapkan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar