Sabtu, 06 Juni 2015

Belajar Menganalisis Skripsi



Tugas Akhir Bahasa Indonesia
Menganalisis Skripsi



Dosen Pengampu      :
Dra. Sri Hariani M.Pd

Disusun Oleh             :
Nisful Laila (B-2014/14010644045)





UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
2015

Judul Skripsi   : Penggunaan Media Puzzle untuk Meningkatkan Kemampuan Hasil Belajar
IPS Tentang Perjuangan Pahlawan Siswa Kelas V SDN Rangkah VII Tambaksari Surabaya
Oleh                : Soedijono
NIM                : 10010644642

Analisis Bab I Pendahuluan

            Latar Belakang :
Menurut analisa saya, skripsi yang berjudul “Penggunaan Media Puzzle Untuk Meningkatkan Kemampuan Hasil Belajar IPS Tentang Perjuangan Pahlawan Siswa Kelas V SDN Rangkah VII Tambaksari Surabaya” tersebut sudah memiliki latar belakang atau alasan pentingnya pengambilan judul yaitu “Penggunaan Media Puzzle untuk Meningkatkan Kemampuan Hasil Belajar IPS Tentang Perjuangan Pahlawan Siswa Kelas V SDN Rangkah VII Tambaksari Surabaya” karena sesuai dengan permasalahan yang sedang dihadapi oleh siswa kelas V SDN Rangkah VII Tambaksari Surabaya. Hasil observasi pembelajaran IPS kelas V SDN Rangkah VII Tambaksari Surabaya ditemukan bahwa pembelajaran IPS lebih sering disajikan secara verbal (lisan) yaitu menggunakan metode ceramah sehingga sulit dipahami siswa. Dampakya siswa menjadi pasif karena hanya duduk mendengarkan penjelasan guru dan hasil belajarnya rendah yakni ada 60% siswa yang nilainya di bawah KKM.

Selain itu, juga didukung oleh teori yang menunjukkan bahwa pembelajaran IPS itu memiliki peranan penting bagi siswa untuk mengembangkan kehidupannya sebagai pribadi, anggota masyarakat, warga negara dan anggota umat manusia. Oleh karena itu, metode pembelajaran IPS harus dilakukan dengan cara yang menarik sehingga mudah dipahami siswa seperti menggunakan media puzzle yang dibahas dalam skripsi tersebut. Teori sebagai berikut :

Untuk mewujudkan tujuan pendidikan IPS dibutuhkan suatu proses pembelajaran yang berkualitas yang mengarah pada tercapainya tujuan pembelajaran IPS. (Waspodo dan Suhanadji, 2003:1)

Rumusan masalah :
Rumusan masalah pada skripsi yang berjudul “Penggunaan Media Puzzle Untuk Meningkatkan Kemampuan Hasil Belajar IPS Tentang Perjuangan Pahlawan Siswa Kelas V SDN Rangkah VII Tambaksari Surabaya” tersebut sudah sesuai dengan judul dan latar belakang yang sudah ditulis yaitu menunjukkan cara pelaksanaan pembelajaran IPS menggunaan media puzzle, hasil belajar siswa setelah penggunaan media puzzle, dan kendala-kendala serta solusi dari kendala-kendala dalam penggunaan media puzzle untuk pembelajaran IPS siswa kelas V SDN Rangkah Tambaksari Surabaya. Rumusan masalahnya juga ditulis secara urut atau kronologis, yaitu :

1.      Bagaimanakah pelaksanaan pembelajaran selama penggunaan media puzzle untuk meningkatkan kemampuan hasil belajar  IPS tentang perjuangan pahlawan siswa kelas V SDN Rangkah VII Tambaksari Surabaya?
2.      Bagaimanakah hasil belajar siswa setelah penggunaan media puzzle untuk meningkatkan kemampuan hasil belajar  IPS tentang perjuangan pahlawan siswa kelas V SDN Rangkah VII Tambaksari Surabaya?
3.      Kendala-kendala apa yang muncul dan bagaimana pemecahan masalah penggunaan media puzzle untuk meningkatkan kemampuan hasil belajar  IPS tentang perjuangan pahlawan siswa kelas V SDN Rangkah VII Tambaksari Surabaya?

Tujuan Penelitian :
Menurut pendapat saya, tujuan penelitian dalam skripsi yang berjudul “Penggunaan Media Puzzle Untuk Meningkatkan Kemampuan Hasil Belajar IPS Tentang Perjuangan Pahlawan Siswa Kelas V SDN Rangkah VII Tambaksari Surabaya” telah didasarkan pada rumusan masalah. Rumusan masalah yang pertama adalah “Bagaimana pelaksanaan  pembelajaran selama penggunaan media puzzle untuk meningkatkan kemampuan hasil belajar IPS tentang perjuangan pahlawan siswa kelas V SDN Rangkah VII Tambaksari Surabaya?”, lalu tujuan penelitian yang pertama adalah mendeskripsikan penggunaan media puzzle untuk meningkatkan kemampuan hasil belajar IPS tentang perjuangan pahlawan siswa kelas V SDN Rangkah VII Tambaksari Surabaya. Begitu juga dengan tujuan penelitian yang kedua dan ketiga, didasarkan pula pada rumusan masalah yang kedua dan ketiga.

Manfaat Penelitian :
Menurut pendapat saya, manfaat penelitian dalam skripsi yang berjudul “Penggunaan Media Puzzle Untuk Meningkatkan Kemampuan Hasil Belajar IPS Tentang Perjuangan Pahlawan Siswa Kelas V SDN Rangkah VII Tambaksari Surabaya”  telah dihubungkan dengan kegunaan bagi orang-orang yang berkemungkinan membaca hasil penelitian ini untuk memperbaiki pekerjaan atau profesinya, seperti manfaat bagi sekolah, guru, siswa, dan peneliti yang menulis skripsi ini. Manfaat bagi sekolah yaitu meningkatkan kualitas atau mutu sekolah melalui peningkatan prestasi belajar dan kinerja guru. Manfaat bagi guru yaitu hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai masukan bagi guru dalam meningkatkan kualitas pencapaian, perencanaan proses pembelajaran IPS dengan menerapkan model pembelajaran beragam. Manfaat bagi siswa yaitu memberikan variasi belajar kepada siswa dalam memahami pelajaran IPS khususnya pada materi perjuangan para pejuang pada masa penjajahan Belanda. Sedangkan manfaat bagi peneliti yang menulis skripsi ini yaitu hasil penelitian ini dapat dijadikan referensi dalam mengembangkan profesi yang nantinya akan peneliti jalani.

Batasan Masalah :
Menurut pendapat saya, batasan masalah dalam skripsi yang berjudul “Penggunaan Media Puzzle Untuk Meningkatkan Kemampuan Hasil Belajar IPS Tentang Perjuangan Pahlawan Siswa Kelas V SDN Rangkah VII Tambaksari Surabaya”  telah disertai alasan yang rasional yaitu dalam penelitian ini ruang lingkup permasalahan sangat kompleks. Agar tidak menimbulkan kekaburan dan untuk memusatkan perhatian dalam pembahasan maka peneliti melakukan pembatasan masalah dalam skripsi tersebut.






Analisis BAB III Metode Penelitian

Jenis/Desain/Rancangan Penelitian
Dalam skripsi yang berjudul “Penggunaan Media Puzzle Untuk Meningkatkan Kemampuan Hasil Belajar IPS Tentang Perjuangan Pahlawan Siswa Kelas V SDN Rangkah VII Tambaksari Surabaya” jenis/desain/rancangan penelitian sudah ada. Rancangan penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yaitu penelitian tindakan yang dilakukan dengan tujuan memperbaiki mutu praktik pembelajaran di kelas.

Sumber Data
Dalam Skripsi yang berjudul “Penggunaan Media Puzzle Untuk Meningkatkan Kemampuan Hasil Belajar IPS Tentang Perjuangan Pahlawan Siswa Kelas V SDN Rangkah VII Tambaksari Surabaya” telah dsebutkan sumber data atau istilah lain yaitu subjek penelitian. Subjek penelitian dalam skripsi tersebut adalah siswa kelas V SDN Rangkah VII Tambaksari Surabaya dengan jumlah 46 siswa yang terdiri dari 23 siswa laki-laki dan 23 siswa perempuan.

Teknik Pengumpulan Data
Menurut analisa saya, skripsi yang berjudul “Penggunaan Media Puzzle Untuk Meningkatkan Kemampuan Hasil Belajar IPS Tentang Perjuangan Pahlawan Siswa Kelas V SDN Rangkah VII Tambaksari Surabaya” setiap teknik pengumpulan data yang dituliskan telah dihubungkan dengan data (rumusan masalah) yaitu teknik observasi dan teknik tes.
Teknik Observasi adalah suatu teknik yang dilakukan dengan cara mengadakan pengamatan secara teliti serta pencatatan secara sistematis. Dalam penelitian ini, digunakan untuk mengetahui aktifitas guru dan siswa selama pembelajaran berlangsung. Teknik observasi dihubungkan dan disesuaikan dengan rumusan masalah yang pertama yaitu “Bagaimanakah pelaksanaan pembelajaran selama penggunaan media puzzle untuk meningkatkan kemampuan hasil belajar  IPS tentang perjuangan pahlawan siswa kelas V SDN Rangkah VII Tambaksari Surabaya?”.

Lalu, Teknik Tes adalah instrument untuk mengumpulkan data prestasi belajar peserta didik. Dalam penelitian ini, tes digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa setelah menggunakan media puzzle dalam model pembelajaran langsung. Teknik Tes dihubungkan dan disesuaikan dengan rumusan masalah yang kedua yaitu “Bagaimanakah hasil belajar siswa setelah penggunaan media puzzle untuk meningkatkan kemampuan hasil belajar  IPS tentang perjuangan pahlawan siswa kelas V SDN Rangkah VII Tambaksari Surabaya?”

Instrumen Pengumpulan Data
Dalam skripsi yang berjudul “Penggunaan Media Puzzle Untuk Meningkatkan Kemampuan Hasil Belajar IPS Tentang Perjuangan Pahlawan Siswa Kelas V SDN Rangkah VII Tambaksari Surabaya” sudah ada instrumen pengumpulan data untuk setiap teknik pengumpulan data yaitu :
1.      Teknik observasi
2.      Teknik Tes

Berikut instrumen pengumpulan data :

1.      Instrumen observasi
Kegiatan pembelajaran IPS dengan menggunakan puzzle disajikan secara rinci dalam sebuah tabel.

2.      Instrumen Tes
Lembar tes digunakan untuk mengumpulkan data hasil belajar siswa setelah mengikuti pembelajaran IPS dengan penggunaan media puzzle dalam model pembelajaran kooperatif STAAD. Bentuk tes yang digunakan adalah tes subjektif isisan dan uraian.







            Prosedur Penganalisisan Data
Teknik analisis data yang digunakan dalam skripsi yang berjudul “Penggunaan Media Puzzle Untuk Meningkatkan Kemampuan Hasil Belajar IPS Tentang Perjuangan Pahlawan Siswa Kelas V SDN Rangkah VII Tambaksari Surabaya” adalah teknik analisis data kualitatif dan langkah-langkah analisisnya telah dicantumkan. Langkah-langkah untuk melakukan teknik analisis data kualitatif, yaitu :
1.      Melakukan observasi.
2.      Hasil observasi digunakan untuk menemukan langkah-langkah kegiatan pembelajaran berikutnya.
3.      Hasil observasi dijadikan tindak lanjut dalam rangka pencapaian tujuan hasil belajar yang diharapkan.





















Tidak ada komentar:

Posting Komentar

RPPH Kelompok Bermain Tema Diriku Sub Tema Anggota Tubuhku Minggu Ke-4 Hari Ke-4

Tidak ada "RPPH Kelompok Bermain Tema Diriku Sub Tema Anggota Tubuhku Minggu Ke-4 Hari Ke-4" dikarenakan KB tempat saya mengajar l...