Analisis Buku Guru Kurikulum 2013
Mata Pelajaran Matematika
Kelas 1 Semester 2
Tema 6 Lingkungan Bersih, Sehat, dan Asri
Subtema 1 Lingkungan Rumahku
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Tema
|
Subtema
|
Pembelajaran
|
Materi
|
Media
|
Cara Pembelajaran
|
3.1 Mengenal lambang bilangan
dan mendeskripsikan
kemunculan bilangan dengan
bahasa yang sederhana
3.2 Mengenal bilangan asli sampai
99 dengan menggunakan
benda-benda yang ada di
sekitar rumah, sekolah, atau
tempat bermain
3.4 Menunjukkan pemahaman
tentang besaran dengan
menghitung maju sampai 100
dan mundur dari 20
4.1 Mengurai sebuah bilangan
asli sampai 99 dengan
menggunakan benda-benda
yang ada di sekitar rumah,
sekolah, atau tempat bermain
|
• Membilang 41-60
• Menulis lambang bilangan 41-60
|
6 Lingkungan Bersih, Sehat, dan Asri
|
1 Lingkungan Rumahku
|
1
|
Bilangan
|
1. Benda-benda kecil sejumlah 60 buah (daun kering dan
kerikil)
2. Buku siswa.
|
Siswa diminta
mengumpulkan 60 lembar daun atau 60 kerikil.
Siswa menghitung
kembali daun-daun dan kerikil yang mereka kumpulkan
bersama guru.
siswa mendengarkan
penjelasan guru bagaimana menulis lambang bilangan
Siswa diingatkan kembali cara menulis lambang
bilangan 40 yang telah mereka pelajari sebelumnya.
Beberapa siswa diajak ke depan untuk menulis
lambang bilangan 40, 41, 42, 43, dan seterusnya sambil
membilang.
Siswa berlatih menulis lambang bilangan dan nama
bilangan 41 - 60 di buku siswa di gambar kelereng
yang disediakan.
Setelah selesai, siswa dapat berlatih membilang 1-60
dengan berbagai benda yang disediakan guru.
|
3.4 Menunjukkan pemahaman
tentang besaran dengan
menghitung maju sampai 100
dan mundur dari 20
4.1 Mengurai sebuah bilangan
asli sampai 99 dengan
menggunakan benda-benda
yang ada di sekitar rumah,
sekolah, atau tempat bermain
|
• Mengidentifikasi operasi
penjumlahan dua angka
• Mengidentifikasi operasi
pengurangan dari 20
• Menyelesaikan soal penjumlahan
dengan hasil maksimal 60
• Menyelesaikan soal pengurangan
1-20
|
6 Lingkungan Bersih, Sehat, dan Asri
|
1 Lingkungan Rumahku
|
2
|
Bilangan (Penjumlahan dan Pengurangan)
|
1. Buku siswa
tulis)
2. Beberapa set kartu bilangan 41 sampai 60
|
Siswa diminta mengingat
kembali tentang membilang angka 41 sampai 60.
Siswa berlomba menulis lambang bilangan dengan
arahan guru.
Siswa mendengarkan penjelasan guru mengenai cara
menentukan pasangan bilangan dengan hasil tertentu.
12
Buku Guru Kelas SD/M
Siswa menentukan pasangan bilangan dengan jumlah
tertentu menggunakan kartu-kartu bilangan.
Siswa mengamati gambar pada buku siswa.
Siswa mengerjakan contoh soal yang disediakan guru
di papan tulis.
Siswa mengerjakan latihan pada buku siswa.
|
3.2 Mengenal bilangan asli sampai
99 dengan menggunakan
benda-benda yang ada di
sekitar rumah, sekolah, atau
tempat bermain
4.1 Mengurai sebuah bilangan
asli sampai 99 dengan
menggunakan benda-benda
yang ada di sekitar rumah,
sekolah, atau tempat bermain
|
• Mengidentifikasi operasi
Pengurangan
• Mengerjakan operasi
pengurangan dengan
menghitung mundur
|
6 Lingkungan Bersih, Sehat, dan Asri
|
1 Lingkungan Rumahku
|
4
|
Bilangan
(Pengurangan)
|
1. Pensil warna
2. Buku siswa
|
Siswa memperhatikan guru yang menghitung
pengurangan dengan bantuan pensil warna.
Guru memberi pertanyaan sambil menunjukkan pensil.
Ada 15 pensil namun 5 pensil patah. Berapa pensil yang
masih bagus?
Siswa memperhatikan guru meletakkan 15 pensil di
meja lalu 5 pensil diambil.
Siswa menjawab pertanyaan guru, berapa pensil yang
tersisa?
Siswa mendengarkan penjelasan guru, cara menghitung
mundur. Ada 15 pensil akan diambil 5 pensil.
Siswa menghitung mundur 5 angka sebelum 15: 14, 13,
12, 11, 10. Jadi, jumlah pensil sekarang adalah 10.
Siswa berlatih pengurangan dengan benda-benda lain
yang disediakan guru.
Siswa mengerjakan latihan di buku siswa.
|
3.4 Menunjukkan pemahaman
tentang besaran dengan
menghitung maju sampai 100
dan mundur dari 20
4.3 Mengemukakan kembali dengan
kalimat sendiri dan memecahkan
masalah yang berkaitan dengan
penjumlahan dan pengurangan
terkait dengan aktivitas
sehari-hari, serta memeriksa
kebenarannya
|
6 Lingkungan Bersih, Sehat, dan Asri
|
1 Lingkungan Rumahku
|
5
|
Penjumlahan dan Pengurangan
|
Buku siswa
|
Guru memberi contoh soal seperti yang ada di buku
siswa.
Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang cara
menyelesaikan soal tersebut.
Kemudian, guru meminta siswa mengerjakan contoh
soal lain di papan tulis.
Setelah itu, siswa mengerjakan latihan di buku siswa.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar