Sabtu, 18 Februari 2017

Pendidikan Matematika 3 (PGSD FIP UNESA)

Analisis Buku Guru Kurikulum 2013
Mata Pelajaran Matematika
Kelas 1 Semester 2
Tema 6 Lingkungan Bersih, Sehat, dan Asri
Subtema 3 Lingkungan Sekolahku

Kompetensi Dasar
Indikator
Tema
Subtema
Pembelajaran
Materi
Media
Cara Pembelajaran
3.8 Mengenal panjang, luas, waktu,
dan suhu

4.5 Membentuk berbagai bangun
datar dengan menggunakan
papan berpaku atau media
lainnya
• Mengidentifikasi luas suatu area








• Menjelaskan cara mengukur
luas permukaan benda dengan
menggunakan persegi satuan
dan papan berpaku

• Mengukur luas permukaan
benda dengan alat ukur tidak
baku
6 Lingkungan Bersih, Sehat, dan Asri
3 Lingkungan Sekolahku
4
Pengukuran
1. Buku siswa.

2.
Bujur sangkar satuan dari karton berukuran 5 cm x 5 cm.

3. Papan berpaku (jarak satu paku dengan paku yang lain
sama).

4. Karet Gelang.
Siswa membentuk kelompok yang terdiri dari 5—6
orang (atau disesuaikan dengan kondisi kelas).

Setiap kelompok mendapatkan papan berpaku dan bujur sangkar satuan serta karet yang sudah disiapkan guru.



Guru memberikan contoh cara melakukan kegiatan
mengukur luas suatu area dengan menggunakan papan
berpaku dan bujur sangkar satuan. Guru menunjukkan
luas area tertentu dengan meletakkan karet di papan
berpaku seperti yang dicontohkan di buku siswa. Guru juga menunjukkan cara lain untuk menentukan luas
area adalah dengan menggunakan bujur sangkar
satuan yang disusun menutupi area tertentu. Misalnya
permukaan buku ditutupi oleh bujur sangkar satuan.



Siswa mempraktikkan cara menentukan luas
permukaan 4 benda yang ada di kelas (luas satu ubin
kelas, luas permukaan buku tulis, buku bacaan, kertas
berwarna, dll), dengan menggunakan kedua alat yang
sudah disiapkan sesuai dengan petunjuk kegiatan yang
ada di buku siswa.

Setelah selesai masing-masing kelompok  menyampaikan
laporan hasil kerjanya di depan kelas, menunjukkan bagaimana mereka menentukan luas
benda-benda yang telah mereka pilih.


Setelah semua kelompok menyampaikan laporannya
guru mengulas kembali tentang cara mengukur luas
area.

Sebagai penutup, siswa menyelesaikan soal latihan
di buku siswa.
3.1 Mengenal panjang, luas, massa,
kapasitas, waktu, dan suhu


4.3 Mengemukakan kembali
dengan kalimat sendiri dan
memecahkan masalah yang
berkaitan dengan penjumlahan
dan pengurangan terkait dengan
aktivitas sehari-hari serta
memeriksa kebenarannya
• Membandingkan luas area
melalui pengamatan gambar
atau benda-benda dengan tepat

• Mengurutkan gambar/bendabenda
berdasarkan luas
permukaannya dengan tepat

• Menyelesaikan soal cerita yang
berhubungan dengan luas area
6 Lingkungan Bersih, Sehat, dan Asri
3 Lingkungan Sekolahku
5
Pengukuran
1. Buku siswa.

2. Gambar atau benda-benda yang mudah diamati luas
permukaannya (papan tulis, buku, kertas, lantai kelas,
pintu kelas, jendela kelas, dan lain-lain).
Siswa membentuk kelompok terdiri dari 4—5 orang.

Secara berkelompok siswa diminta mengumpulkan 4
benda yang dapat dibandingkan luas permukaannya.
Lalu siswa melakukan pengamatan terhadap benda-benda tersebut dan mencatat hasil kerja kelompoknya
di lembar kerja yang ada di dalam buku siswa.

Setelah selesai masing-masing kelompok menyampaikan hasil kerja kelompoknya.

Sebagai penutup siswa diminta mengerjakan soal
latihan individu di dalam buku siswa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

RPPH Kelompok Bermain Tema Diriku Sub Tema Anggota Tubuhku Minggu Ke-4 Hari Ke-4

Tidak ada "RPPH Kelompok Bermain Tema Diriku Sub Tema Anggota Tubuhku Minggu Ke-4 Hari Ke-4" dikarenakan KB tempat saya mengajar l...