Analisis Buku Guru Kurikulum 2013
Mata Pelajaran Matematika
Kelas 1 Semester 2
Tema 6 Lingkungan Bersih, Sehat, dan Asri
Subtema 2 Lingkungan Sekitar Rumahku
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Tema
|
Subtema
|
Pembelajaran
|
Materi
|
Media
|
Cara Pembelajaran
|
3.5 Mengenal bangun datar dan
bangun ruang menggunakan
benda-benda yang ada di
sekitar rumah, sekolah, atau
tempat bermain
4.7 Membentuk dan menggambar
bangun baru dari bangunbangun
datar atau pola bangun
datar yang sudah ada
|
• Mengamati bentuk-bentuk
bangun ruang dengan
mengamati gambar dan benda
di
lingkungan sekitar sekolah
• Mengidentifikasi bentuk bangun
ruang balok, tabung, dan bola
|
6 Lingkungan Bersih, Sehat, dan Asri
|
2 Lingkungan Sekitar Rumahku
|
2
|
Bangun ruang (Balok, Tabung, dan Bola)
|
1. Buku siswa
2.
Benda-benda beraneka bentuk atau model alat
peraga balok, tabung, dan bola
|
Siswa menjawab pertanyaan guru tentang bentuk
kaleng, tempat sampah, bola dunia, boks, dan lain-lain.
Siswa mengamati benda-benda di kelas atau di luar
kelas yang mempunyai bentuk/bangun ruang seperti
yang telah disebutkan tadi.
Siswa mengerjakan latihan di buku siswa.
|
3.5 Mengenal bangun datar dan
bangun ruang menggunakan
benda-benda yang ada di
sekitar rumah, sekolah, atau
tempat bermain
|
• Mengidentifikasi bentuk bangun
ruang suatu benda
• Menggambar benda yang
memiliki bangun ruang balok
dan bola
|
6 Lingkungan Bersih, Sehat, dan Asri
|
2 Lingkungan Sekitar Rumahku
|
5
|
Bangun Ruang
|
1. Buku siswa
2. Benda-benda di sekitar sekolah
|
Siswa diajak ke luar kelas dan melihat lingkungan
sekitar untuk mengamati benda-benda sesungguhnya.
Siswa dibagi dalam beberapa kelompok. Mereka
bekerja sama menggambar benda yang mereka lihat
dan menuliskan nama bentuknya.
Setelah waktu pengamatan selesai, masing-masing
kelompok menyampaikan hasil pengamatannya di
depan kelas
|
3.5 Mengenal bangun datar dan
bangun ruang menggunakan
benda-benda yang ada di
sekitar rumah,
sekolah, atau
tempat bermain
|
1. Mengidentifikasi bentuk bangun
ruang suatu benda
2. Mengelompokkan benda
berdasarkan bangun ruang
|
6 Lingkungan Bersih, Sehat, dan Asri
|
2 Lingkungan Sekitar Rumahku
|
6
|
Bangun Ruang
|
1. Benda-benda di lingkungan sekitar.
2. Buku siswa.
|
Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok.
Setiap kelompok mengumpulkan sampah sebanyak-banyaknya.
Siswa mengelompokkan sampah berdasarkan bentuknya.
Siswa mengerjakan latihan di buku siswa.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar