Analisis Buku Guru Kurikulum 2013
Mata Pelajaran Matematika
Kelas 1 Semester 2
Tema 6 Lingkungan Bersih, Sehat, dan Asri
Subtema 2 Lingkungan Sekitar Rumahku
| 
Kompetensi Dasar | 
Indikator | 
Tema | 
Subtema | 
Pembelajaran | 
Materi | 
Media | 
Cara Pembelajaran | 
| 
3.5 Mengenal bangun datar dan 
bangun ruang menggunakan 
benda-benda yang ada di 
sekitar rumah, sekolah, atau 
tempat bermain 
4.7 Membentuk dan menggambar 
bangun baru dari bangunbangun 
datar atau pola bangun 
datar yang sudah ada | 
• Mengamati bentuk-bentuk 
bangun ruang dengan 
mengamati gambar dan benda 
di  
lingkungan sekitar sekolah 
• Mengidentifikasi bentuk bangun 
ruang balok, tabung, dan bola | 
6 Lingkungan Bersih, Sehat, dan Asri | 
2 Lingkungan Sekitar Rumahku | 
2 | 
Bangun ruang (Balok, Tabung, dan Bola) | 
1. Buku siswa 
2.  
Benda-benda beraneka bentuk atau model alat 
peraga balok, tabung, dan bola | 
Siswa menjawab pertanyaan guru tentang bentuk 
kaleng, tempat sampah, bola dunia, boks, dan lain-lain. 
Siswa mengamati benda-benda di kelas atau di luar 
kelas yang mempunyai bentuk/bangun ruang seperti 
yang telah disebutkan tadi. 
Siswa mengerjakan latihan di buku siswa. | 
| 
3.5 Mengenal bangun datar dan 
bangun ruang menggunakan 
benda-benda yang ada di 
sekitar rumah, sekolah, atau 
tempat bermain | 
• Mengidentifikasi bentuk bangun 
ruang suatu benda 
• Menggambar benda yang 
memiliki bangun ruang balok 
dan bola | 
6 Lingkungan Bersih, Sehat, dan Asri | 
2 Lingkungan Sekitar Rumahku | 
5 | 
Bangun Ruang | 
1. Buku siswa 
2. Benda-benda di sekitar sekolah | 
Siswa diajak ke luar kelas dan melihat lingkungan 
sekitar untuk mengamati benda-benda sesungguhnya. 
Siswa dibagi dalam beberapa kelompok. Mereka 
bekerja sama menggambar benda yang mereka lihat 
dan menuliskan nama bentuknya. 
Setelah waktu pengamatan selesai, masing-masing 
kelompok menyampaikan hasil pengamatannya di 
depan kelas | 
| 
3.5 Mengenal bangun datar dan 
bangun ruang menggunakan 
benda-benda yang ada di 
sekitar rumah,  
sekolah, atau 
tempat bermain | 
1. Mengidentifikasi bentuk bangun 
ruang suatu benda 
2. Mengelompokkan benda 
berdasarkan bangun ruang | 
6 Lingkungan Bersih, Sehat, dan Asri | 
2 Lingkungan Sekitar Rumahku | 
6 | 
Bangun Ruang | 
1. Benda-benda di lingkungan sekitar. 
2. Buku siswa. | 
Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok. 
Setiap kelompok mengumpulkan sampah sebanyak-banyaknya. 
Siswa mengelompokkan sampah berdasarkan bentuknya. 
Siswa mengerjakan latihan di buku siswa. | 
 
Tidak ada komentar:
Posting Komentar