Sabtu, 18 Februari 2017

Pendidikan Matematika 3 (PGSD FIP UNESA)

Analisis Buku Guru Kurikulum 2013
Mata Pelajaran Matematika
Kelas 1 Semester 2
Tema 6 Lingkungan Bersih, Sehat, dan Asri
Subtema 2 Lingkungan Sekitar Rumahku

Kompetensi Dasar
Indikator
Tema
Subtema
Pembelajaran
Materi
Media
Cara Pembelajaran
3.5 Mengenal bangun datar dan
bangun ruang menggunakan
benda-benda yang ada di
sekitar rumah, sekolah, atau
tempat bermain


4.7 Membentuk dan menggambar
bangun baru dari bangunbangun
datar atau pola bangun
datar yang sudah ada
• Mengamati bentuk-bentuk
bangun ruang dengan
mengamati gambar dan benda
di

lingkungan sekitar sekolah

• Mengidentifikasi bentuk bangun
ruang balok, tabung, dan bola
6 Lingkungan Bersih, Sehat, dan Asri
2 Lingkungan Sekitar Rumahku
2
Bangun ruang (Balok, Tabung, dan Bola)
1. Buku siswa

2.
Benda-benda beraneka bentuk atau model alat
peraga balok, tabung, dan bola
Siswa menjawab pertanyaan guru tentang bentuk
kaleng, tempat sampah, bola dunia, boks, dan lain-lain.

Siswa mengamati benda-benda di kelas atau di luar
kelas yang mempunyai bentuk/bangun ruang seperti
yang telah disebutkan tadi.


Siswa mengerjakan latihan di buku siswa.
3.5 Mengenal bangun datar dan
bangun ruang menggunakan
benda-benda yang ada di

sekitar rumah, sekolah, atau
tempat bermain
• Mengidentifikasi bentuk bangun
ruang suatu benda

• Menggambar benda yang
memiliki bangun ruang balok
dan bola
6 Lingkungan Bersih, Sehat, dan Asri
2 Lingkungan Sekitar Rumahku
5
Bangun Ruang
1. Buku siswa

2. Benda-benda di sekitar sekolah
Siswa diajak ke luar kelas dan melihat lingkungan
sekitar untuk mengamati benda-benda sesungguhnya.




Siswa dibagi dalam beberapa kelompok. Mereka
bekerja sama menggambar benda yang mereka lihat
dan menuliskan nama bentuknya.

Setelah waktu pengamatan selesai, masing-masing
kelompok menyampaikan hasil pengamatannya di
depan kelas
3.5 Mengenal bangun datar dan
bangun ruang menggunakan
benda-benda yang ada di
sekitar rumah,

sekolah, atau
tempat bermain
1. Mengidentifikasi bentuk bangun
ruang suatu benda


2. Mengelompokkan benda
berdasarkan bangun ruang
6 Lingkungan Bersih, Sehat, dan Asri
2 Lingkungan Sekitar Rumahku
6
Bangun Ruang
1. Benda-benda di lingkungan sekitar.

2. Buku siswa.
Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok.

Setiap kelompok mengumpulkan sampah sebanyak-banyaknya.

Siswa mengelompokkan sampah berdasarkan bentuknya.

Siswa mengerjakan latihan di buku siswa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

RPPH Kelompok Bermain Tema Diriku Sub Tema Anggota Tubuhku Minggu Ke-4 Hari Ke-4

Tidak ada "RPPH Kelompok Bermain Tema Diriku Sub Tema Anggota Tubuhku Minggu Ke-4 Hari Ke-4" dikarenakan KB tempat saya mengajar l...